Manfaat Durian untuk Ibu Menyusui yang Nggak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

27 January 2019, pada 09:00
0
0
Manfaat Durian untuk Ibu Menyusui yang Nggak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

Durian memang jadi buah favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebaliknya ada pula yang tidak suka mengonsumsinya. Bahkan untuk menghirup aromanya sekalipun.

Di sisi lain, pertanyaan "adakah manfaat durian untuk ibu menyusui" atau "bolehkah ibu menyusui makan durian" mulai muncul. Terutama untuk para penggemar buah bertekstur lembut dan beraroma tajam ini.

Untuk menuntaskan rasa penasaranmu, ada baiknya simak penjelasan Qupas di bawah ini. Let's check it out!

1. Kandungan Gizi Durian

buah durian
tripsavvy.com

Buah durian memang cukup digemari di Indonesia. Tapi ada juga yang tidak suka karena aromanya sangat tajam.

Namun sebenarnya ada banyak kandungan gizi durian yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut:

  • Antidioksidan: Ternyata durian mengandung zat yang dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, salah satu penyebab munculnya kanker dan masalah kesehatan lain.
  • Serat: Kandungan durian ini mampu membantu proses pencernaan manusia. Selain itu, dapat pula menjaga kadar kolesterol serta kesehatan jantung.
  • Kalium: Zat pada buah bertekstur lembut ini dapat membantu proses metabolisme yang menjaga kepadatan otot serta tulang. Selain itu, dapat pula menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Vitamin: Seperti buah lain, durian juga mengandung vitamin dan protein yang penting untuk ibu menyusui pasca melahirkan. Bahkan dapat juga mencegah terjadinya anemia setelah persalinan.
  • Fosfor: Kandungan gizi pada buah durian yang lainnya adalah fosfor yang mampu menjaga stamina tubuh,. Secara umum, zat ini bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.

durian
nypost.com

Setelah mengetahui kandungan gizi pada durian, mungkin akan muncul kembali pertanyaan "apa sebenarnya manfaat buah tersebut untuk ASI?".

Bukan sekedar omong kosong, kemungkinan buah durian sangat bermanfaat untuk ASI memang ada. Seperti penjelasan di bawah ini.

2. Manfaat Durian untuk ASI

ilustrasi ibu menyusui makan durian
pond5.com

Manfaat durian untuk ibu menyusui yang pertama adalah terkait dengan produksi ASI. Siapa sangka, ternyata buah ini memiliki peran sebagai booster air susu ibu.

Apa itu booster? Adalah kondisi dimana ASI menjadi melimpah ketika ibu menyusui makan durian.

Tapi ingat! Lebih baik ibu menyusui tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan karena akan berpengaruh buruk pada sistem pencernaan.

manfaat durian
home.bt.com

Selain itu, ada manfaat lain dari buah durian, yakni membantu mengatasi bengkak. Kondisi ini biasanya dirasakan pada beberapa tubuh ibu pasca melahirkan.

Khususnya bagi mereka yang melakukan persalinan secara caesar. Tapi hal tersebut dilakukan dengan cara mengoleskan langsung durian pada bagian kulit yang membengkak, bukan memakannya.

Baca juga: Waduh! Ternyata Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Ini bisa Memperburuk Produksi ASI

3. Dampak Buruk Konsumsi Buah Durian bagi Ibu Menyusui

ilustrasi dampak buruk buah durian
videoblocks.com

Ada manfaat, terdapat pula dampak buruknya. Terutama ketika durian dikonsumsi secara berlebihan.

Seperti diketahui, buah durian mengandung banyak gas sehingga membuat sistem pencernaan tubuh kurang nyaman. Tidak terkecuali ketika dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Seperti kata konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, ketika sistem pencernaan seorang ibu menjadi kurang nyaman, maka hal tersebut berpengaruh ketika ia mengurus bayinya.

makan buah durian bikin gemuk
beyondbasichealth.com

Selain itu, durian yang mengandung karbohidrat serta gula cukup tinggi bukan tidak mungkin akan menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis.

Terlebih lagi pada ibu menyusui yang juga harus memprioritaskan untuk mengonsumsi makanan lain dengan kandungan gizi optimal guna menjaga produksi ASI tetap baik.

4. Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

bolehkah ibu menyusui makan durian
newkidscenter.com

Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, muncul kembali pertanyaan "bolehkah ibu menyusui makan durian?".

Tentu saja boleh, asalkan tidak berlebihan. Lalu berapa batas optimal untuk mengonsumsi buah durian untuk ibu menyusui?

ibu menyusui
parenting.blog.austin360.com

Menurut dr Hikmah, sebenarnya hal ini tergantung dari kondisi dari si ibu sendiri. Misalnya saja makan satu biji durian, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

Pada dasarnya, ada cukup banyak manfaat durian untuk ibu menyusui. Kendati demikian, sebaiknya tidak berlebihan ketika mengonsumsinya karena terdapat efek buruknya juga.

Gimana, masih ingin tambahan informasi tentang ibu dan anak yang lain? Supaya lebih mudah, kamu bisa juga download aplikasi Qupas melalui Play Store dan App Store. Gratis, lho!

0 Komentar