Bagi masyarakat Indonesia, daun kelor tentu tidak asing lagi. Tumbuhan dari suku Moringacae ini memang seringkali dikaitkan dengan hal klenik di Indonesia. Tetapi sesungguhnya manfaat daun ini sangat banyak, khususnya bagi kesehatan tubuh.

 

Daun kelor punya bentuk daun yang bulat dan bersusun. Daun kelor sendiri pun mudah ditanam dan mudah berkembang. Selain itu, daun kelor mempunyai nilai gizi tinggi. Bayangkan saja dari daun yang kecil ini, mengandung vitamin C tujuh kali lebih tinggi daripada jeruk dan empat kali lipat kalsium dari segelas susu. Hebat ya!

 

flickr.com/Hari Prasad Nadig

 

Nah, apa saja sih manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh? Ini dia keistimewaannya:

 

Mencegah diabetes

 

Secara medis, daun kelor terbukti mampu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes maupun mereka yang ingin diet rendah gula. Ini dikarenakan daun kelor mengandung insulin alami.

 

Menyehatkan kulit

 

Sebuah brand kecantikan menggunakan daun yang juga disebut Moringa ini sebagai bahan utamanya. Memang, daun kelor tinggi akan vitamin C dan anti oksidan , yang menjadi salah faktor penting dalam menjaga kesehatan kulit manusia. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai makanan atau pun dihaluskan untuk dibuat masker wajah.

 

Menyembuhkan rematik

 

Untuk penderita rematik, daun kelor dapat menjadi alternatif di samping konsumsi obat-obatan dokter. Daun kelor mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah, sehingga rasa sakit pada sendi bisa teratasi.

 

Mencegah kanker

 

Hingga kini, kanker memang masih belum ditemukan obat alaminya. Tetapi setidaknya kita bisa mencegah potensi kanker dengan rutin mengkonsumsi daun kelor yang tinggi anti oksidan.

 

Nah, itu dia segudang manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan. Pada dasarnya, untuk mencegah berkembangnya penyakit tidak hanya ditentukan oleh satu jenis konsumsi daun saja, melainkan juga pola makan, olahraga dan pola istirahat yang baik. Semoga informasi ini berguna ya untukmu!

Topics:

0 Comment