Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Cegah Kanker Sampai Tingkatkan Produksi ASI

29 May 2019, at 00:00
0
0
Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Cegah Kanker Sampai Tingkatkan Produksi ASI

Semua bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan, nggak terkecuali daun, pohon, bahkan bunga buahnya atau lebih sering disebut sebagai jantung pisang.

Bahan yang sering dimanfaatkan sebagai olahan sayur ini ternyata nggak cuma enak, tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu 8 manfaat jantung pisang yang luar biasa supaya nggak ragu lagi untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Manfaat Mengejutkan Pohon Pisang yang Sering Diabaikan, Bisa Obati Diabetes!

1. Mencegah dan Mengobati Diabetes

mencegah dan mengatasi diabetes
dailypost.ng

Manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah dan mengobati diabetes. Hal ini karena makanan tersebut memiliki indeks glikemiks yang rendah.

Dalam kata lain, proses pengubahan kandungan karbohidrat yang ada dalam jantung pisang menjadi glukosa relatif lama. Oleh sebab itu, makanan tersebut efektif menurunkan gula darah.

2. Mengatasi Anemia

mengatasi anemia
perkbox.com

Anemia merupakan suatu kondisi masalah kesehatan di mana jumlah sel darah merah menjadi lebih sedikit daripada jumlah normal.

Mengonsumsi jantung pisang dinilai ampuh untuk mengatasi penyakit tersebut. Hal ini karena kandungan zat besi di dalamnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

3. Mencegah Kanker

mencegah kanker
blog5.nunung.de

Mengonsumsi jantung pisang secara rutin ternyata juga bisa mencegah kanker, lho.

Kandungan flavonoid dan zat methanol di dalamnya dapat mencegah dan mengurangi efek radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan dan perusakan sel serta munculnya sel kanker.

4. Meningkatkan Produksi ASI

meningkatkan produksi asi
centredailytimes.org

Nggak hanya itu, jantung pisang juga aman dan bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui. Kandungan gizi yang terdapat didalamnya ternyata mampu mengaktifkan sel-sel yang bertugas untuk menghasilkan ASI.

Baca Juga: Hati-Hati, Beberapa Kebiasaan Buruk Ini Bisa Kurangi Produksi ASI-mu

5. Menyembuhkan Infeksi

membunuh infeksi
honestdocs.id

Kamu juga bisa memanfaatkan atau mengonsumsi jantung pisang untuk menyembuhkan infeksi, baik luka luar maupun dalam lho.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena di dalam jantung pisang terdapat kandungan etanol yang berfungsi untuk menghalangi perkembangan bakteri.

6. Kaya Serat

kaya serat
thelemursarehungry.com

Jantung pisang juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi karena terdapat karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lain sebagainya di dalamnya.

Oleh sebab itu, makanan tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaanmu.

7. Anti Penuaan

anti penuaan
pexels.com/@fariphotography

Jantung pisang nggak hanya bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu saja, namun juga bisa menjadi pencegah penuaan, lho.

Kandungan flavonoid di dalamnya yang juga berfungsi sebagai anti radikal bebas mampu membuat kulitmu terlihat muda dan jauh dari keriput.

8. Memperbaiki Suasana Hati

memperbaiki suasana hati
pexels.com/@mentatdgt-330508

Bukan hanya fisik, mengonsumsi jantung pisang ternyata juga berpengaruh pada suasana hati atau kondisi psikis seseorang.

Manfaat jantung pisang lainnya adalah mampu meningkatkan mood. Kandungan magnesium di dalamnya juga dapat mengurangi kecemasan.

Setelah mengetahui manfaat jantung pisang yang luar biasanya, pastinya kamu semakin nggak ragu untuk mengolah dan mengonsumsi makanan tersebut kan, Sobat Qupas?

0 Comment