Qupas Healthy

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

07 January 2020, at 08:00
Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Banyak dikonsumsi saat bulan puasa, kurma menjadi salah satu makanan yang pasti sudah nggak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah asal Asab Saudi ini dikenal dengan rasanya yang sangat manis dan teksturnya yang lembut.

Selain kurma matang berwarna cokelat yang sering ditemui, saat ini juga banyak orang yang mengonsumsi kurma muda karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu klaimnya adalah untuk membantu mempercepat kehamilan. Namun, benarkah demikian?

Benarkah kurma muda bikin cepat hamil?

manfaat kurma muda
medicalnewstoday.com

Meskipun sudah banyak klaim yang mengatakan bahwa mengonsumsi kurma muda dapat meningkatkan kesuburan dan bikin cepat hamil, namun belum ada satu pun penelitian yang membuktikannya.

Di sisi lain, sebuah penelitian oleh Jordan University of Science and Technology yang dimuat dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology, menyebutkan bahwa perempuan yang rajin mengonsumsi kurma selama kehamilan cenderung lebih mudah dan lancar saat melakukan persalinan normal.

Terlepas dari hal tersebut, berikut ini beberapa manfaat kurma muda untuk kesehatan lainnya. Apa saja ya?

1. Menstabilkan Gula Darah

kadar gula darah
chcw.org

Mengonsumsi kurma muda dianggap dapat menstabilkan gula darah. Pasalnya, kurma jenis ini mengandung lebih sedikit gula dibandingkan dengan kurma tua.

Selain itu, kurma muda juga mengandung serat yang melimpat sehingga dapat membuat merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut mencegahmu makan berlebihan yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah.

2. Kaya Zat Besi

manfaat kurma
okadoc.id

Kurma muda memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat 0,9 mg zat besi atau sekitar 11 persen dari kebutuhan harian tubuh.

Zat besi sendiri berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi menjaga kesehatan otot dan otak.

Baca juga: Benarkah Makan Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan? Begini Penjelasannya

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

kurma muda
shutterstock.com

Kurma muda juga mengandung banyak antioksidan dan antimutagenetik yang baik untuk tubuh. Mengonsumsinya dinilai efektif untuk menangkal radikal bebas sekaligus dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Masyarakat Timur Tengah terbiasa mengonsumsi kurma muda di pagi hari saat perut masih kosong sebagai upaya detoksifikasi tubuh secara alami.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

serangan jantung
chestandallergyclinic.com

Manfaat kurma muda lainnya adalah dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan mineral kalium di dalamnya yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar tetap stabil.

Kandungan antioksidan yang tinggi juga menjadikan kurma muda sebagai salah satu buah yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat kurma muda yang perlu kamu ketahui. Sudah pernah mencobanya belum?