Manfaat Luar Biasa Daun Mangga yang Sering Dibuang Sia-sia

23 April 2019, at 05:00
0
0
Manfaat Luar Biasa Daun Mangga yang Sering Dibuang Sia-sia

Siapa yang belum pernah makan buah mangga? Buah ini merupakan salah satu favorit masyarakat karena memiliki rasa yang enak yaitu manis dan terkadang sedikit masam.

Beda dengan buahnya yang sering diburu, daun mangga justru lebih sering dibuang sia-sia karena dianggap nggak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Padahal, daun pohon yang bisa dengan mudah tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan lho.

Baca Juga: Bagian Makanan yang Sering di Buang Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat daun mangga yang harus kamu ketahui agar nggak terbuang sia-sia lagi.

1. Mengobati Diabetes

mengobati diabetes
straitstimes.com

Siapa sangka, daun mangga ternyata dapat membantu mengobati diabetes. Hal ini karena di dalamnya terkandung zat bernama tanin dan antosianin.

Kamu bisa memanfaatkan daun mangga dengan mengolahnya menjadi teh. Cukup rebus beberapa helai daun dengan air dan biarkan menguap sampai tersisa setenganya.

Teh tersebut dapat membantu menormalkan kadar insulin. Nggak cuma itu, teh ini juga berkhasiat sebagai antidiabetes, antihiperlipidemia, dan mencegah hipoglikemia.

2. Mengobati Hipertensi

mengobati hipertensi
halosehat.com

Ternyata, daun mangga juga bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal ini karena daun mangga memiliki sifat hipotensi yang dapat menstabilkan tekanan darah, menguatkan pembuluh darah, dan mengurangi masalah varises.

3. Sumber Antioksidan

sumber antioksidan
etsy.com

Kamu pasti sudah tahu kalau mangga merupakan sumber antioksidan, kan? Ternyata nggak cuma buahnya, daunnya pun memiliki manfaat ajaib tersebut.

Daun mangga mengandung vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: Khasiat Ampuh Buah Naga yang Kaya Akan Antioksidan

4. Mengatasi Kecemasan

mengatasi kecemasan
meramuda.com

Daun mangga juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan, lho. Tambahkan 2 sampai 3 gelas teh daun mangga ke dalam bak mandi sebagai aroma terapi.

Metode ini sudah lama diterapkan oleh masyarakat India, bahkan mereka hanya menggantungkan beberapa daun mangga di depan pintu rumah untuk mengusir stres dan rasa cemas.

5. Pengobatan Masalah Pernapasan

masalah pernapasan
medicalnewstoday.com

Kamu juga bisa membuat teh daun mangga yang ditambahkan dengan madu sebagai pemanisnya. Hal ini cukup efektif untuk mengobati berbagai masalah pernapasan.

Penyakit-penyakit seperti flu, bronkitis, bahkan asma dapat menjadi lebih ringan dengan meminum ramuan herbal tersebut secara rutin.

6. Meluruhkan Batu Empedu

meluruhkan batu empedu
1000ecofarms.com

Selain merebusnya secara langsung, kamu juga bisa membuat teh dauh manggu dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas.

Lakukan hal tersebutdan diamkan semalaman sebelum mengonsumsinya. Hal ini berfungsi untuk meluruhkan batu empedu melalui urin sehingga nggak menimbulkan rasa sakit.

Nah, itu dia Sobat Qupas khasiat menarik daun mangga untuk kesehatan tubuh. Mumpung banyak tersedia dan mudah di dapatkan, kenapa nggak mencoba untuk dimanfaatkan?

0 Comment