Manfaat Matoa Bagi Kesehatan, Buah Khas Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

08 November 2019, at 10:00
0
0
Manfaat Matoa Bagi Kesehatan, Buah Khas Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

Matoa merupakan buah asal Papua yang memiliki tekstur kenyal dan berwarna bening seperti leci, kelengkeng, atau rambutan. Rasanya pun nggak kalah enak dan menyegarkan.

Meski demikian, buah yang satu ini masih jarang dikenal. Padahal manfaatnya banyak lho! Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Extraction of Fruit of Pometia Pinnata and Its Antioxidant and Antimicrobalactivities, kandungan antioksidan dan nutrisinya cukup tinggi.

Lalu, apa saja ya manfaat buah matoa bagi kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini Qupas ulas beberapa khasiat buah khas Papua tersebut.

1. Mencegah Kanker

buah matoa
picnano.com

Manfaat buah matoa yang pertama adalah mencegah kanker. Hal ini karena di dalamnya terkandung zat tanin yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas.

Dilansir dari laman Medical News Today, radikal bebas merupakan sebuah atom ringan yang dapat merusak sel-sel sehat sehingga berisiko menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
doktersehat.com

Selain mencegah kanker, mengonsumsi buah matoa ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Hal tersebut karena adanya vitamin C dan E yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga dapat melancarkan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Meningatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sistem kekebalan tubuh
istockphoto.com

Buah matoa juga diklaim efektif dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah tersebut bisa menurunkan risiko penyakit akibat terkena kuman, bakteri, dan virus.

Pasalnya, kandungan gula alami dalam buah matoa berperan dalam pembakaran energi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan tanin juga dapat menekan pertumbuhan bakteri lho!

Baca Juga: Dianggap Jorok, Beberapa Kebiasaan Ini Justru Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4. Meningkatkan Kesuburan

manfaat buah matoa
shutterstock.com

Buat kamu yang sedang melakukan program hamil, nggak ada salahnya untuk memasukkan buah khas Papua ini dalam menu sehatmu.

Vitamin E dan antioksdian di dalamnya mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur dan meningkatkan kesuburan sebanyak 20 hingga 30 persen. Wah, coba deh!

5. Mengatasi Stres

stres
flexjobs.com

Selain itu, mengonsumsi buah matoa secara rutin juga bisa mengatasi stres yang sedang kamu rasakan lho!

Kondisi ini terjadi karena dalam buah tersebut terkandung senyawa yang sering digunakan sebagai obat penenang alami.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

kulit sehat
thebodyshop.co.id

Kandungan vitamin E buah matoa nggak hanya bisa melindungi sel telur, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan sinar UV, buah matoa juga dapat meningkatkan regenerasi sel kulit dan menghambat penuaan.

Nah, itu dia Sobat Qupas, manfaat buah matoa bagi kesehatan yang sayang untuk kamu lewatkan. Meski belum banyak dikenal, ternyata khasiatnya luar biasa ya!

0 Comment