Qupas Family

Manfaat Membedong Bayi Baru Lahir dan Cara yang Tepat Melakukannya

20 December 2019, at 12:00
Manfaat Membedong Bayi Baru Lahir dan Cara yang Tepat Melakukannya

Membedong bayi baru lahir seolah sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun-temurun oleh orang Indonesia. Hal tersebut pun dilakukan karena berbagai alasan, mulai dari menghangatkan tubuh si kecil sampai untuk meluruskan kakinya.

Meskipun demikian, ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa membedong bayi nggak memiliki manfaat dan justru berbahaya.

Dilansir dari laman hellosehat.com, membedong bayi baru lahir memiliki beberapa manfaat asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Lantas, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara yang tepat melakukannya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mengurangi Risiko SIDS

membedong bayi baru lahir
shutterstock.com

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), membedong bayi bisa mengurangi risiko SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome apabila si kecil diposisikan telentang menghadap ke atas.

Pasalnya, membedong bayi dan memposisikan sedemikian rupa akan membuat si kecil sulit bergerak kemana-mana saat tidur. Secara nggak langsung, hal tersebut juga melindungi bayi dari hal-hal berbahaya yang bisa menyebabkan SIDS.

2. Bayi Tidur Lebih Nyenyak dan Lama

bedong bayi
smoothparenting.blog

Bayi biasanya akan mudah terbangun karena suara-suara kecil yang mengganggu dan mengagetkan. Membedong si kecil akan mengurangi hal tersebut lho!

Bayi di bendong biasanya akan tidur lebih nyenyak dan lama sehingga kebutuhan waktu tidurnya terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Nggak Boleh Sembarangan, Ini Panduan Tidur untuk Bayi Baru Lahir yang Aman

3. Membuat Bayi Tenang

membedong bayi baru lahir
mooimom.id

Membedong bayi juga akan membuatnya lebih tenang dan nyaman. Kondisi tersebut akan memberikan sensasi hangat yang mengingatkan si kecil pada lingkungan saat ia masih berada di dalam rahim.

Inilah yang menyebabkan bayi yang dibedong dengan cara yang benar lebih jarang rewel dan menangis.

4. Mengembangkan Keterampilan Motorik

bayi dibedong
blog.babycubby.com

Saat dibedong, pergerakan tangan dan kaki bayi akan terbatas. Meskipun demikian, hal ini justru membantunya untuk mengembangkan keterampilan motorik kedepannya lho.

Manfaat membedong bayi yang satu ini sangat membantu, terutama untuk buah hati yang lahir prematur.

Untuk mendapatkan manfaat membedong bayi, orang tua sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

cara membedong bayi
123rf.com
  • Jangan mengikat terlalu kencang. Sebaiknya jangan menarik atau meluruskan secara paksa tangan dan kaki buah hati ya! Pastikan si kecil masih bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa.
  • Pilih kain yang lembut. Pastikan memilih kain yang lembut dan nyaman untuk bayi. Hindari bahan yang kasar agar si kecil terhindar dari iritasi.
  • Nggak perlu membedong seharian. Cukup lakukan hal tersebut seperlunya saja, misalnya saat udara dingin atau bayi sedang tidur.

Baca Juga: Tips Memandikan Bayi yang Perlu Diketahui oleh Orang Tua Baru, Coba Yuk!

Nah, itu dia Sobat Qupas manfaat membedong bayi dan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukannya. Sudah coba belum?