Manfaat Mengejutkan Pohon Pisang yang Sering Diabaikan, Bisa Obati Diabetes!

06 April 2019, at 00:00
0
0
Manfaat Mengejutkan Pohon Pisang yang Sering Diabaikan, Bisa Obati Diabetes!

Semua orang pasti sudah tahu dong kalau buah pisang memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan?

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata nggak hanya buahnya saja yang kaya manfaat. Pohon pisang pun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak yang tahu bahwa pohon yang sering diabaikan ini bisa dimakan. Nggak seperti di beberapa negara seperti India, Thailand, dan Malaysia yang memanfaatkannya sebagai bahan masakan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Begini Manfaat Pisang Berdasarkan Warna Kulitnya

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kandungan gizi dan manfaat pohon pisang bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Kandungan Gizi

kandungan gizi pohon pisang
plantopedia.com

Dilansir dari India.cureJoy, ahli gizi mengungkapkan bahwa pohon pisang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Batang pohon pisang mengandung serat tinggi dan berbagai nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat tepung, kalium, saponin, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Oleh sebab itu, batang pohon pisang memiliki beberapa manfaat ajaib seperti mengobati masalah-masalah kesehatan berikut ini.

2. Menyehatkan Pencernaan

menyehatkan pencernaan
shutterstock.com

Kandungan serat yang tinggi dalam batang pohon pisang dapat memperlancar buang air besar serta menyehatkan sistem pencernaan.

Mengonsumsi pohon pisang dapat membantu terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang atau terhubung dengan sistem pencernaan dalam tubuh.

3. Mengontrol Keasaman

mengontrol keasaman
hellosehat.com

Siapa sangka, pohon pisang yang diolah menjadi makanan dapat membantu mengontrol tingkat keasaman tubuh seseorang.

Minum jus batang pisang mampu menurunkan tingkat keasaman lambung dan ampuh untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding organ tersebut.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Maag Kronis Bisa Menyebabkan Kematian

4. Menyembuhkan Anemia

menyembuhkan anemia
journal.20fit.co.id

Kandungan vitamin B6 dalam batang pisang bermanfaat bagi penderita anemia karena mampu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Oleh sebab itu, mengonsumsi batang pisang dipercaya bisa menjadi ramuan herbal untuk mengobati masalah kesehatan tersebut.

5. Mencegah Batu Ginjal

mencegah batu ginjal
petunjuksehat.com

Ginjal merupakan organ yang berukuran kecil namun memiliki fungsi yang besar bagi tubuh. Berfungsi sebagai penyaring darah membuat terdapat endapan kalsium di dalamnya yang bisa saja memicu batu ginjal.

Masalah kesehatan tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi pohon pisang karena memiliki sifat diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil serta membersihkan saluran ginjal.

6. Mengobati Diabetes

mengobati diabetes
hospitalsanfernando.com

Tahukah kamu bahwa jus batang pisang dapat mengatur insulin dalam tubuh? Itulah mengapa bahan yang satu ini dianggap bisa menjadi obat diabetes atau kencing manis.

Mengonsumsi jus batang pisang dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya mampu mencegah naiknya kadar gula dan menetralisir tekanan darah.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Waspadai Gejala Awalnya

Mengejutkan, kan? Ternyata sesuatu yang setiap hari diabaikan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Tapi, meskipun diungkapkan oleh ahli gizi kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal ini dilakukan agar nggak terjadi reaksi alergi dan lain sebagainya karena kondisi tubuh masing-masing orang berbeda.

0 Comment