Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

02 September 2019, at 23:00
0
0
Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Tape singkong merupakan salah satu kudapan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Oleh sebab itu, nggak jarang makanan yang satu ini diolah atau ditambahkan pada berbagai makanan dan minuman.

Selain memiliki rasa yang enak, manis, dan unik, ternyata kudapan hasil fermentasi tersebut juga memiliki banyak kandungan nutrisi lho.

Berikut ini beberapa manfaat tape singkong yang harus kamu ketahui. Dijamin bikin kamu makin doyan deh!

1. Sumber Karbohidrat yang Baik

tape singkong
blogunik.com

Salah satu manfaat tape singkong adalah sebagai sumber kerbohidrat. Apabila dibandingkan dengan nasi, singong memiliki kadar glikemik lebih rendah sehingga dianggap lebih baik dan lebih ramah bagi penderita diabetes.

Selain itu, olahan tape singkong juga biasanya membutuhkan waktu yang lebih untuk dicerna oleh sistem pencernaan sehingga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Hal tersebut membuat makanan khas Indonesia ini cocok buat kamu yang sedang diet.

2. Baik untuk Pencernaan

baik untuk pencernaan
hellosehat.com

Sebagai makanan fermentasi, tape singkong merupakan sumber probiotik yang memiliki pengaruh penting pada kelancaran sistem pencernaan.

Kandungan bakteri baik dari berbagai mikroorganisme dalam ragi tape yang dimanfaatkan untuk proses fermentasu ternyata dapat menjaga fungsi usus hingga melindunginya dari masalah kesehatan serius seperti kanker.

3. Mencegah Anemia

anemia
hellosehat.com

Mengonsumsi tape singkong ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah anemia lho. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan kalsium di dalamnya dan mikroorganisme dari ragi yang bisa membantu produksi vitamin B12.

Kalium dan vitamin B12v dipercaya memiliki peran yang penting dalam produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Baca Juga: Hobi Ngemil Es Batu? Hati-hati dengan Masalah Kesehatan Ini!

4. Mengontrol Tekanan Darah

mengontrol tekanan darah
hellosehat.com

Tape singkong juga mengandung kalsium yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Pasalnya, kandungan tersebut bisa melebarkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyempitan atau sumbatan.

Hal tersebut membuat seseorang yang sering mengonsumsi tape singkong memiliki risiko yang lebih ringan terhadap masalah kesehatan jantung dan stroke.

5. Baik untuk Otot dan Saraf

baik untuk otot dan saraf
beritagar.id

Selain mengontrol tekanan darah, mengonsumsi tape singkong secara rutin juga baik untuk kesehatan otot dan saraf lho.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin B1 atau tiamin yang ada di dalamnya. Nggak hanya itu, vitamin B1 juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah stes, dan memelihara fungsi kognitif otak.

6. Menyehatkan Tulang dan Sendi

baik untuk tulang dan sendi
beritagar.id

Manfaat tape singkong lainnya adalah dapat menutrisi tulang dan sendi. Pasalnya, di dalam makanan fermentasi tersebut terdapat kalsium dan fosfor yang merupakan mineral penting bagi tubuh.

Mengonsumsi tape singkong secara rutin diklaim dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi sehingga terhindari dari berbagai masalah kesehatan termasuk osteoporosis.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat tape singkong yang harus kamu ketahui. Meskipun demikian, mengonsumsinya secara berlebihan juga nggak disarankan.

0 Comment