Manfaat Tersembunyi di Balik Tubuh Mungil Ikan Teri untuk Kesehatan

07 April 2019, at 00:00
0
0
Manfaat Tersembunyi di Balik Tubuh Mungil Ikan Teri untuk Kesehatan

Siapa yang nggak tahu ikan teri? Kecil-kecil cabe rawit mungkin merupakan ungkapan yang tepat untuk ikan satu ini.

Di balik tubuhnya yang mungil, ternyata tersimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Organic Facts, ikan teri mengandung asam lemak omega 3, 74 kilokalori energi, 10,3 gram protein, 4,1 gram karbohidrat, 1,4 gram lemak, 972 miligram kalsium, 253 miligram fosfor, 3,9 miligram zat besi, 42 IU vitamin A dan 0,24 miligram vitamin B12.

Baca Juga: Penggemar Ikan Asin? Ketahui Efek Sampingnya Pada Kesehatan

Nggak cuma enak dan murah, kandungan gizi di atas juga membuat ikan teri bermanfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

1. Memperbaiki Sel

manfaat ikan teri
thesoulofseoul.net

Kandungan protein yang cukup besar pada ikan teri dapat bermanfaat untuk metabolisme dan perbaikan sel atau jaringan ikat.

Sudah sejak lama, ikan teri terkenal dengan khasiatnya yaitu mendorong kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.

2. Menyehatkan Jantung

menyehatkan jantung
hellosehat.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalan Nutrition Journal pada 2013 lalu mengungkapkan bahwa mengonsumsi ikan teri dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya yang dapat mengurangi kolestol jahat pada tubuh.

3. Menyehatkan Tulang

menyehatkan tulang
egrafis.com

Mengonsumsi ikan teri juga bisa membantu menyehatkan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan mineral yang ditemukan di dalamnya.

Nggak cuma itu, vitamin A dan kalsium dalam ikan teri juga bisa membantu pertumbuhan tukang, memerangi degradasi, dan mencegah osteoporosis.

4. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata
mieye.com

Ikan kecil ini kaya akan vitamin A yang tentu saja memiliki manfaat bagi kesehatan mata.

Pada sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Opthalmologi and Eye Science, disebutkan bahwa saus ikan teri memiliki efek sebagai pelindung mata terhadap perkembangan glukoma.

Hal ini kemudian dikaitkan pula dengan degenerasi makula dan katarak yang dapat dicegah dengan mengonsumsinya.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? 5 Cara Diet Ini Patut Kamu Coba

5. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
picbon.com

Tahu nggak sih, ikan teri ini cocok untuk kamu yang sedang menjalani proses diet karena bisa membantu menurunkan berat badan.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa teri mengandung kalori yang rendah dan protein yang tinggi sehingga efektif membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama. Ikan teri juga bisa menekan produksi ghrelin atau hormon lapar, lho.

6. Membantu Perkembangan Janin

membantu perkembangan janin
shutterstock.com

Kandungan asam lemak omega 3 yang melimpah pada ikan teri dapat menghilangkan kolesterol tidak sehat pada tubuh ibu hamil.

Nggak cuma itu, kandungan tersebut juga bisa membantu mempertajam kualitas penglihatan dan meningkatkan kecerdasan intelektual (1Q) janin.

Kamu pasti nggak tahu kalau kandungan omega 3 teri lebih banyak daripada tuna, kan?

7. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

menjaga fungsi sistem saraf
pexels.com/@olly

Kamu tahu nggak sih kalau kandungan vitamin B12 dan niacin yang tinggi dalam ikan teri dapat menjaga fungsi sistem saraf tetap sehat?

Selain itu, hal ini juga bisa mencegah depresi, kelelahan, kerusakan saraf, kebingungan, dan lain sebagainya lho.

8. Perawatan Kulit

perwatan kulit
pexels.com/@pixabay

Nggak cuma mengatasi masalah kesehatan, ikan teri ternyata juga bisa menjadi menu makanan yang tepat untuk merawat kulit.

Mengonsumsi ikan teri dapat mempertahankan warna kulit, dan kandungan di dalamnya dapat secara ampuh mencegah jerawat dan penuaan dini.

Baca Juga: Letak Jerawat Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Cek Yuk!

Itu dia manfaat ikan teri yang selama ini nggak diketahui oleh Sobat Qupas. Sekarang sudah paham kan kalau ikan mungil yang satu ini sangat berguna bagi kesehatan?

Tapi jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Apapun yang dimakan dalam jumlah banyak nggak akan baik untuk tubuh.

0 Comment