Mantan Menikah dengan Sahabat Sendiri, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Harga Diri

01 March 2019, at 01:00
0
0
Mantan Menikah dengan Sahabat Sendiri, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Harga Diri

Meskipun telah berlangsung beberapa hari yang lalu, pernikahan Syahrini dan Reino Barack masih menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Banyak orang yang menyampaikan simpatinya kepada Luna Maya sebagai mantan kekasih Reino lima tahun belakangan.

Belum lama putus, mantan kekasihnya tersebut sudah mantap menikahi Syahrini yang merupakan sahabat Luna Maya sendiri. Bagaimana pun, menghadapi kondisi seperti itu bukanlah hal yang mudah.

Bahkan, ada beberapa kasus tentang pernikahan yang berantakan karena mantan salah satu mempelai datang dan membuat kekacauan.

Baca Juga: Jatuh Cinta Pada Mantannya Teman, Boleh Tidak Ya?

Menurut kunsultan kencan dan hubungan asmara bersertifikat asal New York, Marina Margulis, seseorang harus tetap bermartabat dalam menghadapi kondisi seperti ini.

Berikut ini cara menjaga martabat dan harga diri ketika mantan pacar menikah dengan sahabat sendiri, sedangkan kamu belum move on.

1. Jangan Mengeluh atau Curhat, Terutama di Media Sosial

pexels.com/@rawpixel

Apapun yang terjadi, jangan pernah mengeluh atau curhat tentang sahabat yang merebut kekasih darimu. Entah itu secara terang-terangan atau tersirat, terutama di media sosial.

Orang-orang akan memiliki banyak spekulasi tentang apapun yang kamu unggah di media sosial yang berbau kegalauan atau curhatan tersirat.

gettyimages.com

Lebih baik, curahkan isi hati hanya kepada sahabat-sahabat dekat yang memang bisa memahami perasaanmu. Mereka akan lebih bisa menerima dan mengerti apa yang kamu rasakan saat itu.

Meskipun demikian, sebaiknya kamu hanya berbicara tentang mantan pacar yang telah meninggalkanmu. Walau sulit, cobalah untuk tidak mengeluh tentang sahabat yang kini telah atau akan menikah dengannya.

2. Jangan Mengajak Sahabat untuk Memusuhi Ia yang Menikah dengan Mantanmu

pexels.com/@nastyasensei-sens-66707

Mengetahui bahwa mantan kekasih memutuskan menikah dengan orang lain sudah cukup menyakitkan. Apalagi, ditambah dengan kenyaataan pahit yang menyebutkan bahwa sahabatmu lah calon istrinya.

Meskipun demikian, kamu sebaiknya tidak perlu meminta sahabat yang lain untuk memusuhinya. Mintalah mereka untuk tetap objektif dan tidak memutuskan tali persahabatan dengannya.

pexels.com/@hannah-nelson-390257

Tetap lakukan hal ini bahkan ketika mereka sudah menyatakan dukungannya kepadamu. Bagaimana pun, kamu harus tetap menjadi sosok yang bijaksana.

Sesakit apapun, sahabat-sahabatmu yang lain bukanlah orang yang terlibat langsung dalam permasalahan tersebut. Sehingga membuat mereka berurusan dengannya bukanlah pilihan yang tepat.

3. Tidak Perlu Sengaja Bertemu dengan Mereka

pexels.com/@rawpixel

Kamu tidak perlu membuat skenario seolah-olah tidak sengaja bertemu dengan mantan pacar dan sahabatmu yang kini telah bersama. Apapun niatmu, lebih baik tidak usah melakukan hal tersebut karena hanya akan menyakiti diri sendiri.

pexels.com/@hannah-nelson-390257

Jika kamu berniat mempermalukan mantan dan pasangan, coba pikirkan kembali. Apabila mereka tidak malu menatap wajahmu setelah memutuskan untuk menikah, maka tidak ada artinya melakukan hal tersebut.

Bahkan jika kamu hanya ingin memastikan bagaimana reaksi mereka setelah bertemu denganmu, sebaiknya jangan lakukan itu.

Baca Juga: Belajar dari Luna Maya, Begini Caranya Menghadapi Situasi "Teman Makan Teman"

4. Jangan Stalking Media Sosial Mantan dan Sahabat

pexels.com/@fotios-photos

Mau berapa lama pun kamu berpacaran dengannya dahulu, bagimanapun kamu adalah mantan. Saat ini, sahabatmu lah orang yang ada di hati dan sisinya.

Kamu tidak perlu stalking dan penasaran tentang apa saja yang mereka unggah bersama karena itu hanya akan menyakitimu.

pexels.com/@rawpixel

Sebagai orang yang pernah dekat, baik dengan mantan kekasih atau sahabatmu yang kini bersamanya, kamu juga tidak perlu membanding-bandingkan dirimu dengannya.

Jika memang terasa sangat berat dan melelahkan, tidak masalah untuk berhenti mengikuti mereka media sosial mereka berdua. Buat hatimu nyaman dengan tidak melihat apapun tentang keduanya untuk sementara waktu.

5. Jangan Menghubunginya

pexels.com/@neo8iam

Kamu bisa menghubungi mantan kekasih dan sahabat yang kini mendampinginya, apabila hanya ingin mengucapkan selamat. Jika tidak, lupakan untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi jika kamu melakukannya karena marah atau menunjukkan kepada mantan pacar bahwa dulu kamu pernah menjalin hubungan cinta bersamanya dalam waktu yang lama.

pexels.com/@lastly

Mengingatkan mantan pacar tentang betapa bahagianya kalian ketika menjadi pasangan atau betapa dekat dan percaya kamu pada sahabat tidak akan mengubah apapun.

Entah itu melalui personal massage maupun komentar di media sosial, semuanya lebih baik tidak dilakukan.

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu lakukan ketika mantan menikah dengan sahabatmu sendiri. Mengikhlaskan memang merupakan hal yang sangat berat, akan tetapi mau bagaimana lagi.

Baca Juga: Setelah Berpisah, Apakah Masih Harus Berhubungan dengan Keluarga Mantan?

Secinta apapun kamu, jika memang belum jodoh tidak ada yang bisa dilakukan. Manusia hanya dapat berencana, takdir tetap ada di tangan Tuhan.

Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit, sembuhkan hatimu. Jadilah kuat dan temukan orang lain yang memang diciptakan untukmu.

0 Comment