Qupas Food

Masa Penyimpanan Daging di Kulkas yang Benar, Ada yang Nggak Boleh Lebih dari Seminggu!

19 November 2020, at 04:00
Masa Penyimpanan Daging di Kulkas yang Benar, Ada yang Nggak Boleh Lebih dari Seminggu!

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, menyimpan stok makanan adalah hal yang dianjurkan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Sebab, kita bisa mengurangi intensitas berbelanja di pasar.

Namun, sobat Qupas tetap nggak boleh sembarangan dalam menyimpan stok makanan terutama daging di dalam kulkas. Apalagi dalam kurun waktu yang cukup lama.

Biar daging di kulkasmu tetap dalam keadaan fresh dan baik untuk dikonsumsi, berikut panduan masa penyimpanan berbagai macam daging yang benar.

1. Masa Simpan Daging Merah

Lama Waktu Menyimpan Daging Merah (Foto: thedailymeal.com)
thedailymeal.com

Sebelum menyimpan daging merah di kulkas, ada baiknya untuk menuliskan catatan tanggal setiap kali membeli daging. Tulis tanggal pada sebuah wadah atau pembungkus daging.

Daging merah segar yang disimpan dalam kulkas dengan suhu 0-5 derajat celcius, hanya memiliki masa simpan ideal selama 3-7 hari. Sedangkan daging yang disimpan dalam freezer memiliki masa simpan yang lebih lama yaitu hingga 3-6 bulan.

2. Masa Simpan Daging Ayam

Masa Simpan Daging Ayam (Foto: tasteofhome.com)
tasteofhome.com

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), daging ayam segar yang disimpan dalam rak kulkas dengan suhu 4 derajat celsius akan tetap segar selama 2 hari ke depan.

Sedangkan daging ayam yang sudah diolah bisa bertahan selama 3-4 hari di suhu yang sama.

Baca juga: 8 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Dalam Kulkas, Agar Tetap Awet dan Menyehatkan

3. Masa Simpan Daging Giling

Masa Simpan Daging Giling (Foto: meredithcorp.io)
meredithcorp.io

Daging giling yang diolah dari daging kalkun, sapi, babi, hingga domba bisa disimpan selama 1-2 hari dalam kulkas.

Sedangkan untuk penyimpanan di dalam freezer, daging giling bisa awet hingga maksimal 3-4 bulan lamanya.

4. Masa Simpan Daging Ikan

Masa Simpan Daging Ikan (Foto: salbini.com)
salbini.com

Saat menyimpan bahan makanan hasil laut, terutama ikan, di dalam kulkas, pastikan kamu menyimpannya dalam jangka waktu yang tepat.

Misalnya saja, ikan tanpa lemak seperti ikan cod dan kerapu bisa disimpan di dalam kulkas hingga maksimal 2 bulan. Sedangkan jenis ikan seperti makarel, salmon, dan tuna baiknya disimpan maksimal selama 1 bulan.

Itulah panduan lama menyimpan bahan masakan di kulkas atau freezer. Ada baiknya kamu memindahkan daging ke dalam wadah kedap udara terlebih dahulu sebelum menyimpannya di dalam kulkas.