Masalah yang Bisa Terjadi Saat Kamu Ingin Menikah dengan Sepupu, Sudah Tahu?

15 June 2019, at 02:00
0
0
Masalah yang Bisa Terjadi Saat Kamu Ingin Menikah dengan Sepupu, Sudah Tahu?

Google trends menunjukkan fakta unik yang terjadi selepas lebaran kemarin. Yaitu banyaknya orang yang melakukan pencarian pada laman google tentang bagaimana hukum menikahi sepupu sendiri. Kamu salah satunya nggak?

Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut terkesan menyedihkan. Dari sekian banyak orang di dunia ini, mengapa harus menikah dengan saudara sepupu, apakah saat ini sudah terlalu sulit untuk menemukan pasangan hidup?

Akan tetapi, cinta tetaplah cinta. Sesuatu yang hadirnya nggak disangka-sangka dan bisa jatuh pada siapa saja.

Baca Juga: Jatuh Cinta Sama Mantannya Teman, Boleh Nggak Ya?

Momen lebaran yang membuat keluarga besar berkumpul mungkin membuatmu dan sepupu yang jarang bertemu bisa menghabiskan waktu bersama dan menumbuhkan benih-benih cinta.

Akan tetapi, beberapa hal di bawah ini perlu kamu ketahui sebelum memiliki niat untuk menjalin hubungan dengan saudara sepupu.

1. Hukum Menikah dengan Sepupu

menikahi sepupu
pexels.com/id-id/@dmitry-zvolskiy-708150

Ada banyak orang yang langsung mencari tahu perihal hukum menikah dengan sepupu setelah momen silaturahmi Idul Fitri kemarin.

Dalam agama Islam sendiri, menikahi sepupu diperbolehkan karena nggak termasuk mahram atau saudara sedarah.

menikah dengan sepupu
pexels.com/id-id/@wendelmoretti

Begitu pula dengan peraturan pemerintah yang menyebutkan bahwa menikah dengan sepupu diperbolehkan karena bukan merupakan hubungan inses.

Sedangkan yang dimaksud dengan inses sendiri adalah pernikahan antara garis keturunan lurus secara vertikal dan horisontal yang meliputi ayah/ibu, kakek/nenek, om/tante, bibi/paman, adik/kakak, anak, keponakan, dan saudara sepersusuan.

2. Risiko Menikah dengan Sepupu Menurut Medis

risiko medis
pexels.com/id-id/@rawpixel

Meskipun diperbolehkan, akan tetapi pernikahan antar sepupu nggak selamanya aman menurut medis lho.

Teguh Haryo Sasongko, yang merupakan ahli genetika molekuler mengungkapkan bahwa pernikahan antar sepupu aman ambila DNA yang dibawa nggak rusak.

Akan tetapi, lahir dari keturunan yang sama yaitu kakek dan nenek, maka risiko terjadinya kerusakan DNA turunan juga sangat besar. Sehingga, kemungkinan untuk melahirkan keturunan yang cacat juga sangat tinggi.

3. Masalah Restu Orang Tua

restu
pexels.com/id-id/@rawpixel

Terlepas dari masalah hukum dan medis, apabila kamu menjalin hubungan dengan sepupu maka kamu juga akan mendapatkan banyak masalah layaknya pasangan lain.

Salah satu yang sudah jelas akan terjadi yaitu masalah restu orang tua. Yakinkah kamu bahwa orang tuamu dan sepupu nggak akan menentang hubungan yang kalian jalani?

Pasalanya, pernikahan antar saudara sepupu masih menjadi hal yang nggak lazim, khususnya di Indonesia.

Baca Juga: 8 Fakta di Balik Orang Tua Nggak Merestui Hubunganmu Dengan Kekasih

4. Menjadi Bahan Gosip

bergosip
pexels.com/id-id/@elevate

Saat memutuskan untuk menjalin hubungan dengan sepupu, kamu harus siap apabila menjadi bahan pergunjingan tetangga maupun saudara-saudara yang lain.

Nggak hanya kamu dan sepupu, orang tua kalian juga akan dibicarakan lho. Sudah siap kah dengan konsekuensi tersebut?

5. Hubungan Orang Tuamu dan Sepupu Akan Menjadi Canggung

orang tua
pexels.com/id-id/@pixabay

Apabila orang tua kalian memiliki karakteristik santai dan pemikiran yang terbuka, mungkin memiliki hubungan spesial dengan sepupu bukanlah hal yang aneh.

Akan tetapi apabila mereka merupakan orang-orang dengan tradisi kuat dan sangat dekat menghargai kekeluargaan, maka hubunganmu dengan sepupu bisa menjadi bencana.

Hal tersebut bisa membuat orang tuamu dan sepupu memiliki hubungan yang canggung dan menjadi nggak nyaman satu sama lain lho.

6. Perpecahan Keluarga

bercerai
pexels.com/id-id/@pixabay

Risiko terakhir yang sebaiknya dihindari adalah terjadinya perpecahan keluarga. Kalau yang satu ini pasti nggak ada yang mau kan?

Katakanlah kamu dan sepupu sudah mendapatkan restu dan menjalin hubungan atau bahkan pernikahan. Kemudian di tengah perjalanan kasih kalian, terjadi banyak masalah atau kenggakcocokan yang menjadikan perpisahan sebagai solusinya.

canggung
pexels.com/id-id/@freestocks

Hal tersebut akan membuat kamu dan sepupu menjadi orang lain, begitu pula dengan keluarga. Meskipun hubungan kalian diselesaikan dengan cara yang baik, akan tetapi kekeluargaan kalian nggak akan bisa sama seperti dahulu lagi.

Yang lebih menakutkan, hal tersebut nggak hanya akan terjadi pada kamu dan sepupu. Melainkan orang tua kalian dan bisa juga anggota keluarga yang lain.

Nah, itu dia Sobat Qupas masalah yang bisa terjadi apabila kamu ingin memiliki hubungan spesial degan sepupu. Setelah mengetahui risiko, kamu masih berminat nggak?

0 Comment