Masih Pakai Obat Nyamuk Bakar? Ketahui dulu Bahayanya untuk Kesehatan

20 January 2019, pada 00:00
0
0
Masih Pakai Obat Nyamuk Bakar? Ketahui dulu Bahayanya untuk Kesehatan

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang kerap kali menjadi pengganggu kehidupan manusia. Bukan hanya itu, serangga kecil ini pun juga bisa menjadi sumber penyakit.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mencegah kehadiran atau gigitannya. Cara pencegahannya pun bermacam-macam.

Ada banyak obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang oles, semprot, atau bakar.

Sebagian orang memilih semprot dan oles karena praktis, tetapi sebagian lainnya menggunakan obat nyamuk bakar karena murah dan tahan lama.

Padahal, sebenarnya obat nyamuk bakar berbahaya bagi kesehatan, lho. Begini penjelasannya.

1. Setara 50 dan 75 Batang Rokok

setara dengan 50 dan 75 batang rokok
fortune.com

Penelitian menyebutkan bahwa membakar satu buah obat nyamuk bakar akan setara dengan 50 atau 75 batang rokok. Perbedaan jumlah ini disebabkan oleh kandungan yang diukur di dalamnya.

Obat nyamuk bakar memiliki kandungan zat formaldehida (formalin) yang setara dengan 50 batang rokok. Di sisi lain, membakar satu buah obat nyamuk bakar dapat menghasilkan particulate matter (PM) 2,5 dan setara dengan 75 batang rokok.

obat nyamuk bakar setara dengan 50 dan 75 batang rokok
i.huffpost.com

Zat formaldehida yang melebihi 0,1 ppm di udara sudah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Padahal, obat nyamuk bakar dinilai dapat menghasilkan sebanyak sekitar 0,8 ppm setiap jamnya.

2. Batuk Pertanda Buruk

batuk pertanda buruk
hellosehat.com

Batuk merupakan salah satu respon tubuh yang paling umum pada hal-hal buruk yang masuk ke dalamnya. Asap menyengat obat nyamuk bakar yang mengandung banyak kandungan berbahaya juga bisa membuat seseorang menjadi batuk-batuk.

batuk pertanda obat nyamuk buruk bagi kesehatan
family.fimela.com

Gejala ini muncul khususnya pada anak-anak. Mereka memiliki organ tubuh yang belum kuat dan masih rentan.

Daya tahan tubuh anak-anak yang jauh lebih lemah dari pada orang dewasa membuat mereka lebih rentan terhadap bahaya obat nyamuk bakar.

Sebaiknya, jauhkan barang tersebut dari anak-anak. Apalagi jika tanda batuk sudah mulai terjadi. Jika perlu, periksakan kesehatan anak untuk mencegah sesuatu yang buruk.

3. Pencetus Asma

pencetus asma
shutterstock.com

Asap dari obat nyamuk bakar juga bisa menjadi pencetus asma yang kuat. Bahan aktif dari obat nyamuk akan masuk ke dalam tubuh, khususnya melalui pernapasan. Setelah itu zat tersebut akan menyebar pada sel-sel tubuh.

obat nyamuk bakat pencetus asma
rumahgreenworld.net

Karena obat nyamuk bakar masuk ke tubuh karena hirupan, maka yang paling berdampak adalah masalah pernapasan.

Maka dari itu asap dari obat nyamuk sangat berbahaya bagi semua orang. Terlebih lagi jika orang tersebut memiliki bakat asma.

Baca Juga: 6 Dampak Serius Ketika Kamu Sering Terkena Polusi Udara

4. Kulit Meradang

kulit meradang
hellosehat.com

Selain menjadi penyebab asma, zat berbahaya dari obat nyamuk bakar juga dapat menyebabkan alergi kulit atau kulit meradang. Hal ini karena selain pernapasan, kulit juga terpapar dengan asap secara langsung.

obat nyamuk bakar penyebab iritasi
konsultasikulit.com

Selain itu, zat yang sudah masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan juga akan menyebar ke sel-sel tubuh. Orang atau anak dengan daya tahan tubuh lemah atau kulit sensitif memiliki kecenderungan yang tinggi untuk mengalami hal tersebut.

5. Kanker Paru-Paru

kanker paru-paru
youtube.com

Sama halnya dengan efek rokok, obat nyamuk bakar juga menyebabkan peningkatan risiko kanker paru-paru. Apalagi, obat nyamuk bakar sudah di klaim memiliki bahaya yang berkali-kali lipat dari pada rokok.

Bagaimana pun, tingkat pembakaran tersebut pasti berpengaruh pada kesehatan.

obat nyamuk bakar sebabkan kanker paru paru
thinkstockphotos.com

Meskipun belum ada bukti atau penelitian lebih lanjut tentang efek kanker paru-paru, namun tidak ada salahnya untuk mencegah hal tersebut. Mengingat bagaimana efek atau zat berbahaya yang dimunculkan oleh obat nyamuk, masalah kesehatan tersebut bisa saja terjadi.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan gunakan obat nyamuk bakar dalam waktu yang lama. Usahakan juga untuk memberi celah pada ruang agar asap bisa berganti dengan udara bersih.

Jauhkan obat nyamuk dari anak-anak karena masih terlalu rentan dan daya imunnya tidak sekuat orang dewasa.

Untuk mempermudahmu update artikel kesehatan lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas secara gratis dari Google Play Store atau Apple Play store.

0 Komentar