Masih Sering Tidak Sarapan? Hati-Hati, Penyakit Mematikan dan Mengerikan Ini akan Muncul

26 January 2019, at 09:00
0
0
Masih Sering Tidak Sarapan? Hati-Hati, Penyakit Mematikan dan Mengerikan Ini akan Muncul

Apa itu sarapan? Sarapan atau makan pagi merupakan kegiatan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Hal ini sangat penting dilakukan demi memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Namun, sebagian orang merasa bahwa sarapan merupakan kegiatan yang bisa dilewatkan. Padahal, pilihan tersebut bukan hal yang baik dan benar. Sarapan tidak bisa disepelekan.

Jika kamu sering meninggalkan makan pagi, sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut karena tidak sarapan berbahaya bagi kesehatan.

1. Bau Mulut

bau mulut bahaya jarang sarapan
triangledentistry.com

Ketika bangun tidur, kamu akan merasakan bau mulut. Kondisi ini umum terjadi pada setiap orang.

Tapi tahukah kamu jika salah satu manfaat makan pagi adalah untuk menghilangkan bau mulut tersebut? Kegiatan pagi hari ini  ternyata mampu menstimulan produksi saliva dan membantu membersihkan lidah dari bakteri.

2. Berat Badan Mudah Meningkat

bahaya jarang sarapan berat badan mudah meningkat
medicalnewstoday.com

Orang yang sedang menjalani program diet biasanya sengaja melewatkan makan pagi agar berat badannya lebih mudah turun. Ini justru merupakan sebuah kesalahan karena yang akan terjadi adalah sebaliknya.

Salah satu dampak tidak sarapan adalah membuat seseorang tidak dapat mengontrol makanan ketika makan siang. Rasa lapar yang tinggi akan membuatnya makan lebih banyak.

3. Maag

maag bahaya jarang sarapan
hellosehat.com

Penyakit maag sering muncul pada orang yang memiliki pola makan tidak teratur. Tidak sarapan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Kondisi ini terjadi karena lambung terus-menerus bekerja dan mengeluarkan asam lambung meskipun tidak akan makanan di dalamnya.

Seseorang yang menderita penyakit ini akan merasakan perutnya seperti diremas-remas. Maag akut akan membuat seseorang tidak bisa makan makanan asam atau pedas.

4. Otak Bekerja Lambat

bahaya jarang sarapan otak bekerja lambat
hellosehat.com

Menurunnya kemampuan otak atau fungsi kognitif diakibatkan oleh kurangnya nutrisi. Oleh sebab itu, konsentrasi dan proses penyerapan informasi akan terganggu.

Sebauh penelitian di A Centers for DIsease Control menyatakan bahwa anak-anak sekolah yang tidak sarapan memiliki kemampuan akademik yang lebih rendah.

Baca Juga: Tahukah Kamu Kalau Anak yang Jarang Sarapan Menjadi Mudah Sakit?

5. Mudah Stres

bahaya jarang sarapan mudah stres
gogirl.id

Tidak sarapan ternyata membuat perempuan mudah stres. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 oleh University of California menyatakan hal tersebut.

Hal ini karena tidak makan pagi meningkatkan hormon kartisol yang merupakan hormon stres.

6. Penyakit Jantung

jarang sarapan bahaya sebabkan penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan Harvard University menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan salah satu akibat tidak sarapan pagi. Dibandingkan dengan orang sarapan, terdapat lonjakan risiko sebanyak 27 persen lebih tinggi pada orang yang tidak sarapan.

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh tubuh dan jantung yang bekerja lebih keras karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang memenuhi.

7. Batu Empedu

jarang sarapan bahaya sebabkan batu empedu
shutterstock.com

Beberapa kasus menyebutkan bahwa banyak penderita batu empedu yang sering tidak sarapan. Kondisi ini dikaitkan dengan adanya cairan empedu yang membantu proses pencernaan.

Apabila cairan tersebut jarang digunakan, maka akan menumpuk dan hasilnya membentuk batu-batu kecil dalam empedu.

8. Diabetes

bahaya jarang sarapan sebabkan diabetes
dailypost.ng

Diabetes juga menjadi bahaya tidak sarapan pagi yang mengancam. Uniknya, kondisi ini lebih berpengaruh untuk perempuan.

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyatakan bahwa perempuan yang tidak sarapan dengan rutin memiliki risiko lebih tinggi sebanyak 20 persen terhadap diabetes.

Meskipun terlihat sepele, ternyata akibat tidak sarapan berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, lebih baik hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sempatkan lah waktu untuk makan pagi, bahkan jika itu hanya untuk sekedar roti.

Ingin info kesehatan lebih banyak? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Comment