Masjid As Safinatun Najah, Wisata Religi di Semarang Berbentuk Kapal Nabi Nuh

09 April 2019, at 09:00
0
1
Masjid As Safinatun Najah, Wisata Religi di Semarang Berbentuk Kapal Nabi Nuh

Masjid As Safinatun Najah bisa dibilang merupakan salah satu wisata di Semarang yang unik. Bentuknya nggak seperti masjid pada umumnya.

Yap! wisata di kawasan Ngaliyan ini bentuknya menyerupai kapal raksasa yang terbuat dari kayu. Bahkan mungkin akan mengingatkanmu pada bahtera Nabi Nuh.

Baca juga: Nggak Perlu Jauh-Jauh ke Korea, Semarang juga Punya Wisata ala Negeri Ginseng

Mau tahu info lebih lengkap dari Masjid As Safinatun ini? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut!

1. Arti Nama Masjid As Safinatun Najah

masjid as safinatun najah
instagram.com/iwan_fee

Nama Safinatun Najah yang tersemat pada masjid sekaligus wisata Semarang ini punya arti, yaitu kapal penyelamat.

Menariknya lagi, Safinatun Najah ternyata merupakan nama dari yayasan milik masjid ini, yaitu Masjid Safinatun Najah dari Pekalongan.

masjid ala kapal nabi nuh semarang
instagram.com/mazayagalva

Katanya sih bangunan ini dibuat karena terinspirasi dari kisah Nabi Nuh. Cocok dengan arti namanya, yaitu 'kapal penyelamat'.

Nggak heran kalau masjid yang luasnya mencapai 2.500 meter persegi ini disebut-sebut mirip bahtera Nabi Nuh. Gimana menurutmu?

2. Masjid As Safinatun Najah dengan Fitur Lengkap

masjid as safinatun najah semarang
instagram.com/alvin.effendy

Masjid As Safinatun Najah ini punya eksterior menarik dengan bentuk kapal yang tampak nyata. Di sekelilingnya pun ada kolam sehingga bangunan ini terkesan mengapung.

Bukan cuma desain luarnya aja yang terlihat nyata. Bahkan wisata religi di Semarang ini juga punya fitur lengkap seperti kapal sungguhan.

wisata religi semarang
instagram.com/ismaa_arr

Bangunan yang berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 7.200 meter persegi ini pun punya buritan dan haluan seperti kapal laut. 

Masjid ini juga punya kubah berwarna hijau tua. Selain itu, ada cukup banyak jendela yang berjumlah sekitar 74 buah di bagian bodi kapal. Benar-benar seperti bahtera yang megah.

Baca juga: Wow! Desain Bangunan Wisata di Semarang Ini Diangkat dari Legenda Rawa Pening

3. Fasilitas Masjid As Safinatun Najah

masjid semarang
instagram.com/fauzy_august

Bangunan dari masjid di Semarang ini terdiri dari 3 lantai. Lantai dasar kamu akan menemukan tempat wudhu, toilet, dan aula serba guna. Bagian kedua ada tempat salat. Sedangkan di lantai tiga ada perpustakaan.

Tepat di bangunan teratas, yakni rooftop, kamu akan menemukan kubah berwarna hijau. Dari sini, kamu pun bisa melihat pemandangan sawah dan hutan.

Seperti kebanyakan masjid besar di Indonesia, fungsi bangunan ini juga untuk berbagai macam kegiatan. Selain untuk ibadah, pengelola Masjid As Safinatun Najah juga membuka klinik kesehatan serta asrama bagi para santri.

masjid safinatun najah semarang
instagram.com/laeli.n21

Bahkan tempat ini juga cukup instagenik dan kamu bisa menemukan spot foto menarik, seperti:

  • Pertama di pintu latar kayu dengan tulisan arab
  • Kedua di depan masjid karena akan menampilkan keseluruhan bentuk bangunan menyerupai kapal Nabi Nuh
  • Ketiga di rooftop yang nggak kalah jadi incaran banyak pemburu foto

Untuk bisa menikmati segala fasilitas Masjid As Safinatun Najah, kamu perlu menyediakan budget senilai Rp3.000,00. Ingat ya, info harga bisa berubah sewaktu-waktu.

4. Akses ke Masjid As Safinatun Najah

masjid unik semarang
instagram.com/amalia.indah9464

Lokasi Masjid As Safinatun Najah ada di Jalan Kyai Padak, Desa Padaan, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan. Dari pusat Kota Semarang, estimasi waktu tempuhnya sekira 45 sampai 60 menitan.

Jalan panjang memang akan kamu lalui. Tapi aksesnya cukup mudah untuk dilewati. Dari Bandara Internasional Ahmad Yani, arahkan kendaraanmu melewati Pantura menuju barat.

masjid safinatun najah
instagram.com/fika.mardotillah

Sampai di Pasar Jrakah, beloklah menuju Ngaliyan. Lanjutkan dengan belok ke kanan tepat sebelum Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 A smearang Kedungpane.

Sekitar 10 kilometer, kamu akan menemukan pertigaan. Lalu beloklah ke kiri menuju Jalan Kyai Padak.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Masjid As Safinatun? Mumpung tiket masuknya murah dan liburanmu juga makin bermakna saat berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini.

1 Comment
Vania Prima
10/04 - 02:57
wiihh keren banget subhanallah