Masuk Kerja Setelah Libur Panjang? Lakukan Ini untuk Kembalikan Semangatmu!

02 January 2019, at 10:03
1
0
Masuk Kerja Setelah Libur Panjang? Lakukan Ini untuk Kembalikan Semangatmu!

Liburan telah usai. Sekarang waktunya untuk kembali menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk di depan mata.

Akan tetapi, banyak orang yang kesulitan untuk mengembalikan ritme kerja setelah menjalankan liburan yang cukup lama dan terbebas dari beban-beban kantor.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena euforia liburan yang masih melekat di pikiran. Kondisi ini dikenal sebagai post holiday syndrome.

Hari pertama kerja setelah liburan merupakan hari paling berat. Jangankan untuk bekerja, untuk bangun pagi saja mungkin tidak bisa. Kamu akan merasa sulit fokus, mudah mengantuk dan malas untuk berkegiatan.

Nah, untuk mengembalikan semangat aktif dan produktif dalam bekerja, kamu perlu melakukan beberapa hal seperti berikut ini!

1. Pulihkan Stamina

pulihkan stamina
pexels.com

Istirahat yang cukup sebelum memulai hari pertama bekerja setelah liburan merupakan cara yang tepat untuk memulihkan stamina. Hal ini perlu dilakukan agar ketika memulai aktivitas kamu tidak terlalu lelah dan bisa fokus kembali.

Bila perlu, usahakan jangan pulang terlalu mepet atau satu hari sebelum masuk kerja agar istirahat bisa maksimal. Ketika kondisi badan sudah prima, maka stres akan mereda dan semangat beraktivitas bisa muncul kembali.

2. Kembalikan Pola Hidup Sehat

kembalikan pola hidup sehat
pexels.com

Liburan biasanya bisa menghancurkan pola hidup sehat seseorang. Ketika sedang berlibur, biasanya pola makan dan tidur akan menjadi berantakan. Hal ini akan membuatmu kewalahan saat hari pertama kerja.

Bahkan berat badan pun bisa naik setelah liburan!

Kamu perlu mengembalikan pola hidup sehat seperti pola makan dan pola tidur yang teratur. Usahakan untuk selalu sarapan karena akan memberikan energi untuk kerja dan tidur tidak larut malam agar bisa bangun pagi dengan segar.

3. Rapikan Meja Kerja

rapikan meja kerja
pexels.com

Hari pertama kerja setelah liburan, tidak ada salahnya jika kamu membersihkan dan merapikan meja kerja. Meskipun mejamu sudah rapi dan bersih, kamu bisa menatanya kembali dengan tampilan yang baru. Kamu juga bisa menghiasi meja dengan foto-foto sisa liburanmu.

Meja yang bersih dan rapi, apalagi dengan penataan yang baru dan fresh akan membuatmu lebih bersemangat dan fokus dalam bekerja.

4. Buat Daftar Pekerjaan

buat daftar pekerjaan
pexels.com

Setelah liburan panjang tanpa memikirkan pekerjaan, terkadang seseorang akan bingung mana yang harus dikerjakan. Hal tersebut akan semakin membuat malas untuk bekerja.

Lebih baik buatlah daftar pekerjaan di hari pertama kerja untuk mengetahui mana yang lebih diprioritaskan dan harus dikerjakan terlebih dahulu.

Selain menjadi bersemangat, cara ini juga akan memudahkanmu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Ada 20 Tanggal Merah di 2019, Siap Ambil Cuti Liburan?

5. Berdiskusi dengan Teman Kerja

berdiskusi dengan teman kerja
pexels.com

Hari pertama kamu bisa dibuat pusing dengan pekerjaan. Apalagi dengan bayangan liburan yang masih melayang-layang. Untuk itu kamu bisa berdiskusi dengan teman sekantor tentang pekerjaan tersebut.

Seringkali, hanya dengan berdiskusi beberapa hal pada teman kerja kamu bisa merasa lebih baik dan bebanmu menjadi berkurang.

6. Temukan Hal Menyenangkan

temukan hal menyenangkan
pexels.com

Bekerja tidak selalu menjadi hal yang menjenuhkan serta membebani fisik dan pikiran. Terkadang ada juga hal-hal yang menyenangkan dari pekerjaan atau tempat kerja. Hal-hal menyenangkan tersebut pasti membuat kamu rindu ketika tidak sedang bekerja.

Misalnya bercengkrama dengan teman-teman kantor sambil makan dan menggosipkan atasan? Hehe. Atau bertukar cerita dan foto liburan kalian juga bisa. Temukan kembali hal-hal tersebut dan kamu akan menjadi semangat bekerja.

7. Demi Tabungan

demi tabungan
pexels.com

Cara lain untuk memotivasi diri sendiri agar semangat bekerja yaitu dengan melihat isi dompet atau tabungan yang terkuras pasca liburan.

Kondisi krisis ini secara tidak langsung akan membuatmu menjadi bersemangat untuk bekerja demi mengisi tabungan kembali.

Melakukan pekerjaan dengan giat dan bersemangat akan membuat tabunganmu cepat terisi!

8. Jadwalkan Liburan Berikutnya

jadwalkan liburan berikutnya
pexels.com

Selain demi tabungan dan isi dompet, kamu harus semangat bekerja untuk bisa berlibur kembali. Tanpa bekerja kamu tidak akan bisa mendapatkan penyokong terbesar liburan, yaitu uang.

Jadwalkan liburanmu selanjutnya. Kamu bisa merencanakan tempat dan anggaran keuangan yang diperlukan untuk liburan tersebut. Dengan begitu kamu akan terpacu untuk bekerja dan memenuhinya.

Nah, itu dia 8 hal yang bisa kamu lakukan untuk memompa semangat bekerja setelah lama asyik berlibur versi Qupas. Bagaimana, apakah euforia liburan masih memenuhi pikiranmu?

Bekerja dan berlibur merupakan dua kegiatan yang saling mendukung satu sama lain, jadi kamu harus semangat di keduanya, ya! Tanpa bekerja kamu tidak bisa berlibur. Tanpa berlibur kamu akan menjadi terlalu stres untuk bekerja dengan maksimal.

0 Comment