Qupas Weekend

Mau Nonton Film Star Wars dari Awal? Ini Urutannya Sebelum The Rise of Skywalker

18 December 2019, at 08:00
Mau Nonton Film Star Wars dari Awal? Ini Urutannya Sebelum The Rise of Skywalker

Sebelum digeser oleh MCU, seri "Star Wars" sempat memegang rekor sebagai franchise film terlaris sepanjang masa dengan pendapatan mencapai 9,37 milyar USD. Angka tersebut didapatkan dari 11 judul film (termasuk spin-off) yang telah dirilis dalam kurun waktu 41 tahun.

Dan hari ini, "Star Wars Episode IX" yang bertajuk "The Rise of Skywalker" akhirnya mulai tayang di bioskop Indonesia. Penggemarnya pasti seneng banget nih.

Nah, kalau kamu baru berniat untuk menyaksikan semua film "Star Wars" dari awal tapi nggak tahu mau mulai dari mana, tenang, Qupas sudah siapkan urutannya khusus buat kamu.

Sebelum berangkat ke bioskop buat nonton "Star Wars: The Rise of Skywalker”, ini lho urutan film "Star Wars" berdasarkan alur ceritanya.

1. Star Wars – Episode I: The Phantom Menace (1999)

Star Wars – Episode I: The Phantom Menace (1999)
imdb.com

"Star Wars: The Phantom Menace" menceritakan tentang dua Jedi, Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi yang terdampar di planet Tatooine karena berusaha menyelamatkan Ratu Amidala dari serbuan yang ditujukan terhadap bangsa Naboo.

Tapi, justru di planet itulah kedua Jedi ini menemukan Anakin Skywalker, bocah ajaib yang sangat kuat dan diprediksi bisa membawa perdamaian bagi bangsa Naboo. 

2. Star Wars – Episode II: Attack of the Clones (2002)

Star Wars – Episode II: Attack of the Clones (2002)
imdb.com

Film "Star Wars" yang satu ini menceritakan 10 tahun setelah peperangan di planet Naboo. Konflik kembali muncul saat diketahui ada upaya pembunuhan terhadap Padme Amidala (Natalie Portman).

Obi Wan dan Anakin kemudian ditugaskan untuk melindungi Ratu Amidala. Dari sini pula diketahui ternyata ada rencana besar yang dipersiapkan untuk menghancurkan Republik.

3. Star Wars – Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Star Wars – Episode III: Revenge of the Sith (2005)
lisimg.com

"Star Wars: Revenge of the Sith" menampilkan detik-detik jelang pergantian sistem pemerintahan dari Galactic Republic jadi Galactic Empire. Selain itu, masih ada dua momen penting yang membuat ceritanya semakin menarik.

Di film "Star Wars" terbaik ini kamu akan menyaksikan proses perubahan identitas Anakin yang baik jadi villain yang dikenal dengan nama Darth Vader. Kemudian kematian Ratu Amidala setelah melahirkan Luke dan Leia.

Baca juga: 5 Franchise Film Terlaris Sepanjang Masa, Star Wars Nomor Berapa ya?

4. Star Wars – Episode IV: A New Hope (1977)

Star Wars – Episode IV: A New Hope (1977)
disney-plus.net

Ini adalah film "Star Wars" yang pertama kali dirilis. Selain dianggap sebagai pembuka saga yang sangat epik, "A New Hope" juga diakui sebagai salah satu film sci-fi terbaik yang membawa banyak pengaruh terhadap industri perfilman Hollywood.

Untuk ceritanya sendiri, "Star Wars: A New Hope" mengisahkan tentang Princess Leia yang ditawan oleh Darth Vader. Luke dan Han Solo pun berusaha menyelamatkannnya sekaligus mencari cara untuk menghancurkan senjata super kuat yang dibuat oleh Galactic Empire.

5. Star Wars – Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Star Wars – Episode V: The Empire Strikes Back (1980)
imdb.com

Selang tiga tahun setelah hancurnya pesawat Death Star, Galactic Empire memaksa Rebel Alliance untuk pindah ke Hoth. Luke akhirnya menemukan sang Jedi Master yang dikenal dengan nama Yoda.

Di kalangan para fans, "Star Wars: The Empire Strikes Back" dikenal sebagai film dengan twist paling mengejutkan. Mau tahu alasannya? Buruan nonton sendiri deh!

6. Star Wars – Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Star Wars – Episode VI: Return of the Jedi (1983)
imdb.com

Jadi penutup trilogi pertamanya, "Star Wars: Return of the Jedi" menyajikan cerita yang cukup memuaskan dan sukses membuat para penggemarnya emosional.

Mulai dari momen pasukan Rebel Alliance menekuk mundur kekaisaran, aksi penyelamatan Solo yang disekap Chewbacca, hingga pertemuan pertama Luke dengan sang ayah, semuanya diceritakan dengan sangat sempurna.

Baca juga: 5 Franchise Film Terlaris yang Berakhir di Tahun 2019, Favoritmu Ada?

7. Star Wars – Episode VII: The Force Awakens (2015)

Star Wars – Episode VII: The Force Awakens (2015)
imdb.com

Jadi pembuka dari trilogi baru "Star Wars" setelah 32 tahun, hasil kerjasama Lucas Films dan Disney ini sukses masuk dalam jajaran film hollywood terlaris sepanjang masa.

Cerita baru yang diusung "Star Wars: The Force Awakens" memang keren. Selain itu, film ini juga menyuguhkan penampilan brilian dari Daisy Ridley (Rey), John Boyega (Finn), Oscar Isaac (Po Dameron), Adam Driver (Kylo Ren), dan juga twist yang mengejutkan.

8. Star Wars – Episode VIII: The Last Jedi (2017)

Star Wars – Episode VIII: The Last Jedi (2017)
imdb.com

"Star Wars: The Last Jedi" menampilkan kisah training Rey jadi Jedi. Selain itu, kamu juga berkesempatan menyaksikan Princess Leia (Carrie Fisher) yang akhirnya menampilkan kekuatan force yang mumpuninya.

Menariknya lagi, bakal ada kejutan yang dilakukan oleh Kylo Ren untuk membantu Rey lho. Apa ya kira-kira?

Nah, itulah urutan film "Star Wars" sebelum "The Rise of Skywalker" yang bisa langsung kamu tonton. Oh ya, deretan judul tersebut nggak termasuk spin-off dari beberapa karakter yang ada ya.