Mau Wajah Lebih Mulus? Kebiasaan ini Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang

28 December 2018, pada 11:00
0
0
Mau Wajah Lebih Mulus? Kebiasaan ini Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang

Wajah yang mulus tak hanya didapatkan dengan penggunaan skincare atau perawatan kecantikan saja. Tapi, kebiasaan sehari-hari yang terkesan sepele juga berpengaruh pada kesehatan kulit lho.

Nah, supaya semua ritual perawatan yang kamu lakukan bekerja dengan maksimal dan bisa membuat wajah jadi lebih mulus, kebiasaan yang bisa merusak kulit ini harus kamu hindari dari sekarang.

1. Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

mengonsumsi soda
vineveracosmetics.com

Berdasarkan survey dari National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika, membuktikan bahwa kandungan gula di dalam minuman bersoda ternyata mampu merusak kulit.

Elastin dan kolagen dalam sel-sel kulit bisa hancur dan menyebabkan kulit terlihat kendur, keriput, kusam, berminyak, dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu, kalau kamu hobi mengonsumsi minuman bersoda, berusahalah menguranginya dari sekarang ya.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Garam

menambahkan garam
newscientist.com

Kamu termasuk orang yang suka dengan makanan asin? Bila iya, sebaiknya kurangi dari sekarang.

Sebab, sodium yang terkandung di dalam garam bisa mengangkat kelembaban pada kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi sangat kering.

3. Malas Minum Air Putih

malas minum air putih
owenssoftwater.com

Asupan air putih punya peran yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Akan tetapi, masih ada yang tak suka air putih dan memilih minuman yang lain.

Padahal berbagai jenis minuman yang lain tetap tak bisa menggantikan khasiat air putih lho. Meski rasa dahaga bisa hilang, namun kebutuhan cairan tubuh masih belum terpenuhi.

Tanpa minum air putih, tubuh bisa mengalami dehidrasi, sehingga kulit menjadi kering dan tampak bersisik karena kehilangan kelembabannya.

4. Kesalahan Saat Eksfoliasi Wajah

eksfoliasi wajah
cloudinary.com

Ritual eksfoliasi wajah dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan memakai produk scrub atau peeling. Sayangnya, para wanita masih terjebak dalam dua kesalahan ketika melakukan hal ini.

Pertama, banyak yang masih menggunakan scrub dari bahan yang kasar. Padahal butiran yang kasar justru bisa merusak kulit wajah.

Selain itu, ada juga yang melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan, misalnya saja setiap hari. Kebiasaan ini hanya akan membuat kulitmu menipis, muncul bruntusan, bahkan rentan terhadap jerawat.

Baiknya, cukup lakukan eksfoliasi wajah sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Baca juga: Jangan Diabaikan, ini Urutan Memakai Produk Perawatan Wajah yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

5. Mengabaikan Petunjuk Pemakaian Skincare

memakai masker wajah
shopify.com

Produk skincare ataupun makeup pasti disertai dengan petunjuk pemakaiannya. Seperti contohnya pada penggunaan masker wajah.

Umumnya, produk yang satu ini dianjurkan untuk diaplikasikan selama 15 hingga 20 menit di wajah. Tapi banyak wanita yang membiarkan maskernya lebih lama karena berpikir akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Ternyata pemikiran ini sangat salah. Mengabaikan petunjuk pemakaian bisa berpotensi merusak kulit wajah, karena beberapa bahan pada masker justru akan memunculkan masalah baru.

Misalnya saja, kulit menjadi semakin kering, berminyak, atau timbul jerawat, apabila masker didiamkan terlalu lama di wajah.

6. Posisi Tidur yang Salah

tidur dengan posisi menyamping
minq.com

Posisi tidur tengkurap ataupun menyamping membuat wajah terhimpit dengan bantal dan bisa menyebabkan timbulnya kerutan. Karena pengaruh gravitasi bumi, cairan tubuh juga akan menumpuk di bagian bawah mata yang membuatnya berkantung atau terlihat bengkak.

Selain itu, kontak wajah dengan sarung bantal yang jarang diganti bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya, pastikan untuk mengganti sprei dan sarung bantal setidaknya dua minggu sekali.

7. Terlalu Lama Menatap Gadget

bermain gadget
picdn.net

Menatap gadget saja tentu tak akan berpengaruh pada kecantikan wajahmu. Tapi bila kamu terus melihat smartphone dengan posisi menunduk selama berjam-jam, inilah yang bisa menyebabkan timbulnya kerutan, khususnya di area mata.

Selain itu, kerutan juga bisa muncul di bagian depan lehermu atau dikenal dengan 'tech neck'. Hal ini disebabkan oleh kulit di area mata dan leher cenderung lebih tipis dan memiliki kandungan kolagen yang lebih sedikit sehingga mudah mengalami kerutan.

8. Sering Begadang

hobi begadang
kvilfm.radio.com

Entah karena pekerjaan atau sekedar bermain gadget, banyak wanita yang jadi hobi begadang. Padahal, malam hari adalah waktu yang sangat penting untuk menjaga kecantikan wajah.

Ketika tidur di malam hari, tubuh memiliki kesempatan utuk menutrisi dan meregenerasi sel kulit agar terasa lebih segar di pagi harinya. Bila kamu sering begadang, wajahmu sudah dipastikan akan terlihat lelah dan muncul berbagai macam masalah.

Misalnya saja jerawat, mata panda, kulit menjadi kering, kusam, bahkan kasar saat disentuh.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang harus dihindari bila kamu menginginkan wajah yang lebih cerah dan mulus. Terdengar sangat sepele tapi sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulitmu lho.

0 Komentar