Megahnya Coban Sriti, Air Terjun di Lumajang yang Siap Pacu Adrenalinmu

24 March 2019, at 17:00
0
0
Megahnya Coban Sriti, Air Terjun di Lumajang yang Siap Pacu Adrenalinmu

Wisata Lumajang memang menarik. Seperti halnya Tumpak Sewu yang menyuguhkan kemegahan. Bukan hanya itu, ada lagi air terjun di Kota Pisang ini yang sayang untuk kamu lewatkan.

Coban Sriti namanya. Pesona air terjun di Lumajang ini nggak kalah dengan Tumpak Sewu atau wisata terkenal lainnya. Nah, sebelum memutuskan untuk liburan ke sini, kenalan dulu yuk dengan Coban Sriti!

Baca juga: Selain Air Terjun Tumpak Sewu, Ini nih Wisata Lumajang yang Penuh Ketenangan

1. Coban Sriti juga punya nama lain

coban sriti lumajang
instagram.com/fabiooliveira

Air terjun bernama Coban Sriti ini memiliki aliran yang bersumber dari Sungai Glidik dan Besukbang yang kadang juga disebut dengan nama Sungai Lengkong.

Lalu kenapa namanya Coban Sriti? Hal ini karena keberadaannya berada di kaki Gunung Kukusan Sriti.

coban sriti
instagram.com/roes_lim

Selain Coban Sriti, wisata Lumajang ini juga punya nama salin. Sebut saja Coban Wolu. Ternyata juga ada alasan lain kenapa tempat ini juga disebut demikian.

Dinamakan Coban Wolu karena pengunjung perlu menyeberangi sungai sebanyak delapan kali untuk mencapai titik lokasi air terjun. Diketahui, wolu yang merupakan Bahasa Jawa artinya delapan.

2. Surga tersembunyi di Kabupaten Lumajang

wisata air terjun coban sriti
instagram.com/ahmad_anjarwicaksono

Bukan hal mengherankan kalau Coban Sriti disebut sebagai surga tersembunyi. Lihat saja pemandangan air terjun yang dipadukan dengan panorama alamnya!

Air terjun yang diperkirakan memiliki ketinggian 120 meter ini tampak megah. Ditambah lagi dengan tebing bak benteng melingkar dan menjulang setinggi 150 meter kian menambah kecantikannya.

wisata coban sriti lumajang
instagram.com/didin_emelu

Perpaduan dengan bebatuan basah serta tumbuhan hijau di sekitarnya juga turut mewarnai air terjun yang berada di ketinggian 600 mdpl ini.

Tapi untuk menyaksikan kecantikannya, kamu perlu berjuang keras dengan menyusuri sungai yang memiliki arus besar. Jadi, nggak salah kan kalau disebut surga tersembunyi?

Baca juga: Air Terjun Tercantik di Indonesia Ini juga Ada di Lumajang, Lho!

3. Lokasi dan tiket masuk Coban Sriti

wisata coban sriti
instagram.com/nabiladeva_

Lokasi Coban Sriti ada di Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Lumajang, kamu bisa melalui Jalan Nasional Lumajang - Malang sampai di Pronojiwo. Selanjutnya ikuti petunjuk arah ke Air Terjun Kapas Biru.

wisata air terjun coban sriti lumajang
instagram.com/nvn_ali

Perlu kamu ketahui, akses masuk satu-satunya ke Coban Sriti adalah melalui Air Terjun Kapas Biru. Dari sini, siap-siap saja turun dan melawan arus Kali Sriti selama kurang lebih 1 sampai 1,5 jam perjalanan.

Untuk bisa bertualang ke Coban Sriti, kamu nggak perlu lagi membayar tiket masuk alias gratis. Tapi untuk yang membawa sepeda motor, maka parkirkan kendaraanmu di Air Terjun Kapas Biru dengan biaya Rp5.000,00. Itupun kalau tarif parkir belum berubah.

4. Tips Liburan ke Coban Sriti Lumajang

air terjun coban sriti
instagram.com/cakralaksana_

Bukan hanya arusnya saja yang cukup deras. Kedalaman sungai yang akan kamu seberangi pun mencapai paha orang dewasa.

Oleh karena itu, tetaplah hati-hati dan lakukan berbagai cara untuk bertahan saat menyeberangi sungai sebanyak 8 kali.

Perlu kamu ingat juga, tempat wisata di Lumajang ini juga belum dikelola secara profesional sebagai destinasi komersial. Alasannya karena akses yang sulit dan risiko banjir lahar dari Gunung Semeru.

air terjun coban sriti lumajang
instagram.com/andybanditoz

Oleh karenanya, jangan terlalu berharap akan ada beragam fasilitas seperti warung makan, gazebo dan lain sebagainya ya!

Satu lagi, begitu sampai di Coban Sriti, jangan coba-coba mendekati guyuran airnya karena itu bukan ide yang baik. Apalagi debit airnya sangat deras. Cukup dengan menikmati keindahannya saja, ya!

Gimana, sudah cukup tertantang untuk liburan ke Coban Sriti? Tapi iangat, siapkan fisik terlebih dahulu sebelum liburan ke air terjun di Lumajang tersebut ya!

0 Comment