Qupas Family

Melahirkan Saat Pandemi Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan!

21 May 2020, at 05:13
1
Melahirkan Saat Pandemi Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan!

Sampai detik ini, penyebaran virus corona masih terus berlanjut. Nggak ada orang yang bisa memastikan sampai kapan masalah kesehatan global ini akan menghantui masyarakat.

Karena sudah berlangsung cukup lama, pandemi virus corona memberikan dampak yang besar bagi kehidupan sehari-hari termasuk untuk ibu hamil yang akan melahirkan.

Jika kamu merupakan ibu hamil yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hati di tengah pandemi, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Proteksi Diri Sejak Dini

Ibu Hamil Saat Pandemi (Foto: usmagazine.com)
usmagazine.com

Kehamilan membuat daya tahan tubuh otomatis menurun. Itulah mengapa, ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi, termasuk virus corona. Mengingat hal tersebut, ada baiknya apabila ibu hamil memproteksi dirinya sejak dini. Lakukan tindakan pencegahan seperti berikut:

  • Rajin mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%
  • Hindari keluar rumah, kecuali apabila ada keperluan yang mendesak
  • Menggunakan masker apabila keluar rumah dan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain
  • Hindari kontak dengan orang sakit
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut apabila belum mencuci tangan
  • Konsumsi makanan sehat, olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup

Selain itu, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin, baik secara virtual maupun langsung untuk mengetahui perkembangan kehamilan.

2. Pilihan Tempat Melahirkan

Melahirkan di Tengah Pandemi (Foto: gettyimages.com)
gettyimages.com

Pada keadaan seperti ini, pilihan tempat melahirkan menjadi sesuatu yang sangat krusial. Baik di rumah, klinik, maupun rumah sakit, ibu hamil harus memikirkannya secara matang dengan mempertimbangkan segala risiko.

Apabila ingin melahirkan di rumah sakit, maka usahakan bahwa institusi yang ibu hamil pilih bukanlah tempat rujukan Covid-19. Hal tersebut akan mengurangi risiko sehingga merasa lebih tenang.

Melahiran Saat Pandemi (Foto: freepik.com)
freepik.com

Jika ingin melahirkan di klinik atau rumah, pastikan ada ambulans atau kendaraan yang bisa menjangkau tempat ibu hamil untuk mengantisipasi apabila keadaan memburuk dan harus dirujuk ke rumah sakit.

Selama persalinan, ibu hamil boleh didampingi oleh satu orang yang sudah dipastikan kesehatannya.

Baca juga: Ibu Menyusui, Lakukan Tips Ini untuk Menyimpan ASI Supaya Nggak Cepat Basi

3. Metode Melahirkan yang Terbaik

​​​​​​​Prosedur Melahirkan di Tengah Pandemi (Foto: nytimes.com)
nytimes.com

Ibu hamil memang bebas memilih metode melahirkan yang diinginkan. Meskipun demikian, hal tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi kehamilan.

Setiap orang mengalami kondisi yang berbeda sehingga ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin sehingga dokter bisa memberikan saran terkait metode persalinan yang terbaik.

4. Prosedur Melahirkan untuk Ibu Hamil dengan Covid-19

Metode Melahirkan (Foto: bestcelnews.com)
bestcelnews.com

Apabila ibu hamil mengalami gejela-gejala virus corona, sebaiknya segera lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline Covid-19 untuk mendapatkan arahan dan penanganan lebih lanjut.

Ibu hamil tetap bisa memilih metode persalinan yang diinginkan, namun harus dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan penanganan khusus, baik sebelum, saat, dan sesudah proses melahirkan.

Membayangkan melahirkan di tengah pandemi memang terkesan menakutkan dan membuat stres. Meskipun demikian, jangan khawatir ya! Ibu hamil tetap akan mendapatkan pelayanan terbaik kok!