Qupas Travel

Melihat 'Gardens by the Bay' ala Klaten di Bukit Sidoguro, Seperti Liburan ke Singapura!

18 January 2020, at 04:00
Melihat 'Gardens by the Bay' ala Klaten di Bukit Sidoguro, Seperti Liburan ke Singapura!

Klaten bukan cuma terkenal dengan deretan candi megahnya. Salah satu kota di Jawa Tengah ini pun punya wisata kekinian yang lagi digandrungi traveler berbagai usia.

Bukit Sidoguro namanya. Tempat wisata di Klaten ini memang sudah ada sejak dulu. Tapi setelah diperbarui, tampilannya semakin keren dan instagramable.

Bahkan di sini kamu bakal melihat miniatur "Gardens by the Bay" yang ada di Singapura, lho. Simak ulasan di bawah ini deh biar nggak makin penasaran!

1. Wisata Klaten yang kian naik daun

bukit sidoguro
instagram.com/aguzprasetiya

Bukit Sidoguro mungkin bisa dibilang bukan merupakan wisata yang benar-benar baru di klaten. Hal ini karena keberadaannya yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu.

Hanya saja sekarang wisata bukit kapur di Jawa Tengah ini punya wajah baru, pasca pemerintah kabupaten setempat melakukan pembenahan dari 7 Februari 2019 sampai 7 Desember 2019.

Kemudian pada tanggal 29 Desember 2019 baru diresmikan. Kini, Bukit di desa Krakitan ini pun menjadi salah satu destinasi yang lagi digandrungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

2. Destinasi yang cocok buat para 'pejuang'

rawa jombor dari bukit sidoguro
instagram.com/triyandra_espe

Tempat wisata di Klaten ini cocok buat mereka yang suka tantangan. Soalnya, agar bisa sampai di puncaknya, kamu masih perlu menaiki puluhan anak tangga yang menanjak.

Nggak perlu khawatir saat lelah datang selama perjalanan, karena di kanan maupun kiri sudah disediakan area berisistirahat berupa taman hingga tempat duduk.

3. Wisata instagenik di Klaten

bukit sidoguro klaten
instagram.com/agustinusarif

Begitu sampai di puncak Bukit Sidoguro, tatanan taman yang apik dan instagramable siap memanjakan matamu. Ditambah lagi dengan miniatur yang mirip instalasi di Gardens by the Bay-nya Singapura.

Spot inilah yang lagi hype di kalangan traveler. Kamu bisa memanfaatkan area ini untuk hunting foto. Selain itu, di beberapa sudut Puncak Sidoguro disediakan taman kecil sebagai rest area buat pengunjung yang hanya sekadar ingin menikmati udara segar ala pegunungan.

Baca juga: Selain Umbul Ponggok, Ini 4 Wisata Air di Klaten yang Bikin Nggak Sabar Buat Nyebur

4. Tempat untuk 'menerawang' Klaten dari ketinggian

bukit sidoguro jawa tengah
instagram.com/humannizing_human_being

Pecinta ketinggian juga pantang melewatkan wisata Klaten satu ini. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati lanskap Rawa Jombor di bawahnya. Pemandangan deretan warung apung, keramba ikan, serta perahu milik nelayan juga bakal memanjakan matamu.

Masih ingin menerawang lebih jauh lagi? Kamu bisa memanfaatkan gardu pandang yang gratis, tapi maksimal hanya bisa menampung 10 orang.

Dari gardu pandang tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan Perbukitan Seribu yang membentang dari Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, hingga tenggara Klaten. Puncak Bukit Jabalakat, Gunung Pegat, hingga perbukitan lainnya pun tampak di depan matamu.

5. Lokasi dan tiket masuk wisata Bukit Sidoguro

bukit turis klaten
instagram.com/adules_

Lokasi Bukit Sidoguro berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Letaknya persis di sisi utara wisata Rawa jombor, sehingga bukit kapur tersebut mudah dijangkau. Dari pusat Kota Klaten, jarak wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Turis ini cuma sekitar 15 kilometer ke arah selatan.

Nah, soal tiket masuk, kamu cuma perlu menyediakan retribusi senilai Rp5 ribu saja. Murah kan?

Bukit Sidoguro memang bukan wisata baru di Klaten. Tapi setelah diperbarui oleh pemerintah daerah, kini destinasi tersebut menjadi magnet bagi para traveler. Gimana, kamu kapan nih mau main ke wisata bukit tersebut?