Memahami Prosedur serta Risiko Pemasangan Ring Jantung yang Sempat Dilakukan Cecep Reza

20 November 2019, at 10:00
0
0
Memahami Prosedur serta Risiko Pemasangan Ring Jantung yang Sempat Dilakukan Cecep Reza

Kabar duka menyelimuti dunia selebritis Indonesia. Mantan pemain sinetron, Mochamad Syariful Zanna alias Cecep Reza meninggal dunia pada Selasa, 19 November 2019 pukul 14.50 WIB.

Berita tersebut lantas membuat rekan-rekannya di dunia hiburan merasa kaget karena mantan pemeran Bom Bom dalam sinetron “Bidadari” tersebut masih terlihat sehat sebelumnya.

cecep reza
instagram.com/cecepreza_

Meninggal di usia yang cukup muda yaitu 31 tahun, Cecep Reza ternyata memiliki masalah terhadap kesehatan jantungnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Ade Firman Hakim yang merupakan kerabatnya.

Ade juga mengatakan bahwa Cecep Reza sempat melakukan pemasangan ring jantung sebelum meninggal. Lantas, apa sih sebenarnya ring jantung itu?

Apa Itu Ring Jantung?

ring jantung
medtechvp.com

Ring jantung atau stent adalah sebuah tabung kecil yang dipasang di pembuluh darah untuk mengatasi penyumbatan atau membuat aliran darah di jantung tetap lancar.

Pemasangan ring jantung biasanya dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner atau orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak oleh kolesterol dan lain sebagainya.

Prosedur Pemasangan Ring Jantung

pemasangan ring jantung
healthcaresalariesguide.com

Dilansir dari alodokter.com, dalam pemasangan ring jantung dokter pertama-tama akan memasang kateter pada jantung. Kateter akan dimasukkan dalam pembuluh darah dari pangkal paha atau lengan.

Setelah kateter masuk, sebuah kabel kemudian dimasukkan untuk menuntun balon dan ring menuju daerah yang bermasalah. Balon dalam keadaan kempis diletakkan di bagian luar kabel sedangkan ring ditempatkan pada lapisan terluas.

Baca Juga: Kerutan Dahi Bisa Prediksi Penyakit Jantung Sejak Dini, Benar nggak sih?

Kemudian balon dikembangkan sehingga ring ikut mengembang. Hal ini membuat rongga arteri yang sebelumnya tersumbat menjadi lebih lebar. Setelah ring terpasang, balon dikempeskan kembali dan dikeluarkan.

Prosedur pemasangan ring jantung ini biasanya dilakukan selama 1 sampai 3 jam. Akan tetapi, pasien membutuhkan proses pemulihan selama beberapa hari.

Perawatan Setelah Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung
gettyimages.com

Setelah melakukan pemasangan ring jantung, pasien disarankan untuk banyak minum air putih. Selain itu, dokter juga akan memberikan beberapa obat seperti pereda nyeri dan antikoagulan untuk mencegah penggumapakan atau pembekuan darah.

Selama masa pemulihan, pasien sebaiknya membatasi semua aktivitas fisik seperti menyetir kendaraan bermotor.

Risiko Pemasangan Ring Jantung

pemasangan ring pada jantung
atusaludenlinea.com

Sama seperti tindakan pembedahan lainnya, pemasangan ring jantung juga memiliki sejumlah risiko seperti berikut.

  • Penggumpalan darah
  • Penyempitan kembali pembuluh darah
  • Serangan jantung
  • Infeksi pembuluh darah
  • Alergi obat selama proses pemulihan
  • Komplikasi seperti kejang dan stroke

serangan jantung
independent.co.uk
​​​​​​​

Meskipun demikian, pada umumnya pilihan untuk nggak melakukan prosedur pemasangan ring jantung memiliki risiko yang lebih fatal.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pemasangan ring jantung yang sempat dilakukan oleh Cecep Reza sebelum meninggal. Yuk doakan bersama-sama!

0 Comment