Memandang Keindahan Dunia dari Sisi Gelap di Goa Jomblang Jogja

09 October 2019, at 11:00
0
0
Memandang Keindahan Dunia dari Sisi Gelap di Goa Jomblang Jogja

Jogja memang punya banyak objek wisata menarik. Mulai dari alamnya yang menawan, budaya yang kental, bahkan makanan tradisional yang layak untuk dicoba.

Salah satu daerah yang perlu kamu kunjungi saat pergi ke sana adalah Gunungkidul. Nggak cuma punya banyak pantai indah, namun daerah tersebut juga punya goa menawan bernama Goa Jomblang.

Penasaran apa yang membuat Goa Jomblang istimewa? Jangan skip ulasan Qupas berikut ini ya!

1. Memandang Keindahan Dunai dari Sisi Gelap

goa jomblang
instagram.com/jinyu0615

Goa Jomblang merupakan satu dari 13 geosite yang ada di Gunungsewu, Gunungkidul, Jogja. Keindahan dan keunikannya membuat objek wisata ini sempat menjadi tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahun 2011 lho.

Saat masuk ke dalamnya, kamu akan disuguhkan dengan berbagai hal menawan seperti sungai bawah tanah, hutan purba, dan "Sinar Surga" alias lubang Luweng Grubug yang ikonik dan memberikan sensasi seolah kamu sedang memandang keindahan dunia dari sisi gelap goa.

2. Objek Wisata Ekslusif

wisata goa jomblang
instagram.com/wahyu.jogjatour

Goa Jomblang dapat disebut sebagai salah satu wisata ekslusif di Jogja. Pasalnya, pihak pengelola memberikan kuota terbatas setiap harinya untuk memasuki objek wisata tersebut. Tiket masuknya pun terbilang cukup mahal, yaitu Rp500 ribu.

Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar kamu nggak kecewa sudah jauh-jauh ke sana namun ternyata kuotanya sudah penuh dan harus kembali lagi di hari berikutnya.

3. Hutan Purba di Dasar Goa

hutan purba goa jomblang
instagram.com/andreaaalimjy

Setelah sampai di dasar goa, kamu akan disambut dengan hutan purba yang usia pohonnya mencapai jutaan tahun. Beberapa tanaman di sana bahwa nggak dapat ditemukan di permukaan lho!

Oleh sebab itu, selain objek wisata Goa Jomblang juga dimanfaatkan sebagai konservasi tumbuhan karena beberapa jenis yang ditemukan sudah menjadi endemik.

Baca Juga: Kalinampu Natural Park, Wisata Dadakan di Bantul yang Bikin Kamu Serasa Liburan ke Jepang

4. Cocok Bagi Si Petualang

goa jomblang jogja
instagram.com/chelseakauai

Objek wisata Jogja yang satu ini sangat cocok bagi kamu Si Petualang! Bagaimana nggak, dibutuhkan nyali yang cukup tinggi untuk bisa turun ke dalam gelapnya goa.

Saat menuruni goa vertikal sedalam 60 meter selama 3 menit tersebut kamu akan disuguhkan dengan rasa was-was dan dimanjakan dengan keindahan bebatuan serta pepohonan di sepanjang perjalanan.

5. Sejarah Goa Jomblang yang Kelam

sejarah goa jomblang
instagram.com/satyawinnie

Menjadi salah satu destinasi objek wisata populer, Goa Jomblang ternyata memiliki sejarah yang cukup kelam. Sekitar tahun 1970-1980-an, tempat tersebut merupakan lokasi pembubuhan ratusan anggota PKI.

Kisah tersebut menyisakan nuansa mencekam yang kental pada Goa Jomblang dan dianggap menjadi dalang dari beberapa kejadian seperti hilangnya penjelajah goa dan lain sebagainya. Pada tahun 1990-an, dilakukan doa bersama di sekitar objek wisata tersebut. Sejak saat itu, peristiwa aneh pun nggak terjadi lagi.

6. Lokasi Goa Jomblang

lokasi goa jomblang
instagram.com/chelseakauai

Lokasi Goa Jomblang tepatnya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk pergi ke sana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 50 kilometer dari pusat Kota Jogja, kemudian berjalan dengan medan berbaru sejauh 500 meter. Meski cukup melelahkan, keindahan Goa Jomblang pasti membuat rasa letih hilang.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang Goa Jombang yang merupakan salah satu objek wisata Jogja wajib dikunjungi. Sudah pernah ke sana belum?

0 Comment