Memandikan Bayi, Cara Sederhana Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Buah Hati

18 September 2019, at 17:00
0
0
Memandikan Bayi, Cara Sederhana Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Buah Hati

Memiliki kedekatan hubungan dengan buah hati merupakan impian semua orang tua, terutama ibu. Selain menenangkan hati, ikatan kuat yang lebih sering disebut dengan bonding tersebut memang memiliki banyak manfaat.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa anak yang dekat dengan orang tuanya, terutama di tahun-tahun pertama hidupnya akan memiliki kualitas hubungan sosial yang baik dengan orang lain.

Selain itu, anak juga bisa terhindar dari masalah-masalah mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih cerdas.

bayi mandi
parents.fr

Walau ikatan yang erat bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan anak di masa depan, akan tetapi hal tersebut sangat mendukung lho. Itulah mengapa menghabiskan waktu bersama buah hati sangat disarankan.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

Namun, memiliki waktu luang yang berkualitas bersama si kecil terkadang bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau kamu adalah seorang Ibu pekerja, pasti sangat kesulitan ya?

menciptakan bonding
123rf.com

Kabar baiknya, kamu bisa menciptakan bonding tersebut melalui kegiatan-kegiatan sederhana yang rutin dilakukan setiap hari lho, salah satunya adalah saat memandikan bayi.

Lalu, mengapa memandikan bayi bisa menciptakan bonding antara Ibu dan anak? Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasannya.

  • Momen Berdua Ibu dan Bayi

memandikan bayi
womensweb.in

Memandikan si kecil bisa menjadi momen berkualitas, dimana kamu hanya berduaan dengan buah hati.  Ibu bisa mengajak anak bicara, bercanda, atau bernyanyi.

Meskipun sederhana, namun hal-hal seperti ini bisa membuatmu dan si kecil selalu menantikan momen tersebut lho.

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

  • Tenang Tanpa Gawai

mandi dengan bayi
gettyimages.com

Kegiatan seperti menyusui atau bermain bersama memang bisa menjadi momen berdua dengan buah hati. Akan tetapi, Ibu biasanya masih disibukkan dengan ponsel atau urusan lain sehingga menghambat kedekatan.

Sedangkan saat memandikan bayi, kamu nggak akan terganggu dengan gawai sehingga bisa memusatkan perhatian pada si kecil.

  • Kesempatan untuk Memberikan Stimulasi pada Bayi

bonding ibu dan anak
123rf.com

Tahukah kamu, saat memandikan bayi secara nggak langsung Ibu memberikan berbagai stimulasi verbal dan taktil atau sentuhan lho. Sehingga selain meningkatkan bonding, mandi juga menjadi momen belajar bagi buah hati.

Nah, itu dia yang harus Sobat Qupas ketahui mengenai beberapa manfaat memandikan bayi terutama untuk menciptakan bonding antara Ibu dan buah hati.

0 Comment