Membahayakan Janin, Inilah Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

08 January 2019, pada 02:00
0
0
Membahayakan Janin, Inilah Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Selain mematuhi berbagai pantangan, selama masa kehamilan calon ibu harus merawat kulit dengan hati-hati. Sebab, ada beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang wajib dihindari.

Meski tak dikonsumsi, kandungan dalam produk kecantikan bisa diserap oleh kulit dan membahayakan kondisi janin. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bahan apa saja yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Nah, supaya tak salah pilih, Qupas telah merangkum 8 kandungan dalam skincare dan makeup yang harus dihindari oleh ibu hamil. Seperti berikut ini.

1. Paraben

paraben dalam kosmetik
thriftymommaramblings.com

Paraben berfungsi sebagai bahan pengawet yang sering ditemukan dalam produk makeup maupun skincare. Senyawa ini bisa mengendap dalam tubuh dan menyebabkan gangguan fungsi hormon yang bisa memicu kerusakan sel payudara.

Lebih dari itu, paparan paraben selama kehamilan disinyalir bisa mengganggu perkembangan bayi nantinya. Misalnya saja seperti perilaku menyerupai autis, terganggunya perilaku sosial, dan gangguan dalam belajar.

2. Retinoid

retinoid dalam akincare anti aging
manface.co.uk

Retinoid biasanya ditemukan dalam produk anti aging, skincare jerawat, dan masalah pigmentasi. Senyawa ini adalah salah satu bentuk vitamin A yang berfungsi mempercepat pembelahan sel.

Meski baik untuk kulit, namun dosisnya yang berlebihan selama masa kehamilan bisa berbahaya meningkatkan risiko cacat pada janin. Retinoic acid, retinyl palmitate, retinyl linoleate, adapalene, tretinoin, tazarotene dan targretin gel adalah bentuk retinoid lainnya yang perlu dihindari.

3. Asam Hidroksi

bha dalam skincare
theskincareedit.com

Asam hidroksi seperti Beta Hydroxy Acid (BHA) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA) biasanya jadi bahan produk anti jerawat, eksfoliator, pembersih, dan toner. Kandungan ini bisa berisiko menghambat pertumbuhan janin.

Sedangkan beberapa bentuk asam hidroksi lainnya yang juga patut dihindari adalah Azelaic Acid, Benzoyl Peroxide, Betaine Salicylate, Citric Acid, Glycolic Acid, Hydroacetic Acid, Lactic Acid, Salicylic Acid, Trethocanic Acid, dan Tropic Acid.

4. Timbal

timbal dalam lipstik
medium.com

Timbal umunya ditemukan pada lipstik, lip gloss, eyeshadow, blush on, body lotion, dan shampo. Bila digunakan dalam jangka waktu lama, senyawa ini bisa berubah jadi racun.

Masalah kardiovaskular, ginjal, sistem kekebalan tubuh, gangguan saraf, hingga masalah reproduksi bisa muncul akibat paparan timbal yang berlebih. Sedangkan pada ibu hamil, senyawa ini ditakutkan akan menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan bayi lahir prematur.

Baca juga: Selain Merkuri, Inilah Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Kamu Hindari

5. Phthalates

memakai parfum
hearstapps.com

Phthalates yang biasanya terkandung dalam parfum dan cat kuku juga sebisa mungkin dihindari. Itulah mengapa, ibu hamil tak boleh sembarangan menghias kuku.

Sebab, phthalates bisa memberikan dampak jangka panjang pada bayi. Misalnya saja seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau biasa dikenal dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak.

6. Kandungan dalam Sunscreen

sunscreen
theskincareedit.com

Sunscreen memang wajib digunakan untuk melindungi kulit, apalagi bagi ibu hamil yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Namun hindari kandungan Avobenzone, Benzophenone, Dioxybenzone, Octyl Methoxycinnamate (OMC), Oxybenzone, Para-Aminobenzoic Acid (PABA).

Beberapa bahan tersebut masuk kategori cukup membahayakan karena bisa mengganggu keseimbangan hormon. Sebaiknya pilihlah produk sunscreen dengan Titanium Dioxide atau Zinc Oxide yang lebih ringan.

7. Triclosan

triclosan dalam pasta gigi
staticflickr.com

Triclosan memiliki sifat antibakteri dan biasanya digunakan sebagai bahan pasta gigi, obat kumur, dan sabun antibakteri. Menurut sebuah penelitian, senyawa ini berbahaya bagi ibu hamil karena membuat bayi yang dikandungnya berisiko mengalami kecacatan.

Penelitian terbaru bahkan membuktikan triclosan dalam pasta gigi bisa mengganggu mengganggu aliran darah ke rahim yang menyebabkan kelaparan otak janin.

8. Tetracycline

antibiotik wanita hamil
todaysparent.com

Tetracycline adalah sejenis antibiotik yang umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan ini juga bisa dikenali dengan nama lain seperti Doxycycline dan Minocycline.

Perlu diketahui, Tetracycline akan berdampak buruk pada organ hati ibu hamil dan berpengaruh pada warna gigi bayi nantinya. Jadi, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Nah, itulah beberapa kandungan dalam produk kecantikan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Supaya tak membahayakan janin, jangan lupa untuk selalu meneliti komposisi dari skincare dan makeup yang akan dibeli.

0 Komentar