Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Masalah Kesehatan Ini Mengintaimu!

10 September 2019, at 10:04
0
0
Membiarkan Karang Gigi Menumpuk, Masalah Kesehatan Ini Mengintaimu!

Karang gigi merupakan penumpukan plak mengandung bakteri yang biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang nggak dibersihkan dengan benar sehingga lama-kelamaan mengeras karena mineralisasi.

Meskipun terlihat sepele, ternyata membiarkan karang gigi menumpuk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan berikut ini lho.

1. Menyebabkan Bau Mulut

bau mulut
headtopics.com

Salah satu masalah yang dapat muncul saat kamu membiarkan karang gigi menumpuk adalah bau mulut yang nggak sedap.

Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya endapat sisa makanan yang nggak bersih saat menyikat gigi sehingga terjadi pembusukan dalam mulut.

2. Menjadi Rumah bagi Bakteri

sarang bakteri
salusdent.it

Selain membuat mulut jadi bau nggak sedap, karang gigi juga memiliki dampak yang serius pada kesehatan mulut lho.

Pasalnya, plak yang menumpuk tersebut merupakan rumah bagi bakteri sehingga apabila dibiarkan menumpuk bisa membuat gusi mengalami peradangan dan iritasi.

3. Gigi Mudah Goyah

gigi goyah
medicalnewstoday.com

Bahaya lain dari membiarkan karang gigi menumpuk adalah dapat memicu peradangan pada gusi sehingga gusi menjadi lebih mudah berdarah.

Kondisi ini apabila nggak segera ditangani akan menjadi lebih parah dan menyebar sampai ke tulang penyangga gigi dan akhirnya menyebabkan gigi goyah.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang

4. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

penyakit jantung
shutterstock.com

Tahukah kamu, membiarkan karang gigi menumpuk ternyata nggak hanya berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut saja lho. Hal tersebut ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kenyataannya, mikroorganisme dan bakteri penyabab peradangan dalam karang gigi bisa masuk ke daliran darah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan penyumbatan aliran darah.

5. Memperparah Diabetes

diabetes
misskyra.com

Selain penyakit jantung, ternyata membiarkan plak gigi menumpuk juga diklaim bisa membuat masalah kesehatan diabetes semakin parah.

Pasalnya, peradangan pada gusi memang lebih mudah menyerang penderita diabetes. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu rajin membersihkan dan merawat gigi ya!

Setelah mengetahui bahaya karang gigi di atas, Sobat Qupas masih mau bermalas-malasan menyikat gigi dan membiarkan sisi makanan menjadi sarang bakteri?

0 Comment