Memiliki Keindahan Penuh Pesona, 7 Destinasi Wisata Dunia Ini Justru Terancam Punah

14 August 2019, at 11:00
0
0
Memiliki Keindahan Penuh Pesona, 7 Destinasi Wisata Dunia Ini Justru Terancam Punah

Pemanasan global, perubahan iklim, dan gaya hidup manusia bisa menjadi ancaman yang serius bagi kondisi alam sekitar.

Meskipun mungkin nggak berdampak secara langsung, akan tetapi apabila dibiarkan bertahun-tahun akan menimbulkan dampak yang cukup siginifikan lho. Hal tersebut bahkan mengancam eksistensi objek wisata alam dunia yang memesona.

Berikut ini beberapa objek wisata dunia yang terancam punah dan harus kamu kunjungi sebelum terlambat. Jangan sampai pesonanya yang luar biasanya hanya bisa kamu nikmati saat sudah tinggal cerita!

1. Laut Mati

laut mati
instagram.com/or.zano

Laut Mati merupakan salah satu destinasi wisata yang telah mendunia. Terbentuk sejak tiga juta tahun yang lalu, tempat ini sebenarnya merupakan sebuah danau.

Objek wisata yang membujur di sepanjang perbatasan Yordania, Israel, dan Palestina ini memiliki air dengan kandungan garam tertinggi di dunia, sehingga apapun akan mengapung di atasnya.

dead sea
instagram.com/franchi_andrea

Berbeda dari namanya yang cenderung menyeramkan, Laut Mati justru memiliki pemandangan yang sangat menawan. Objek wisata Timur Tengah yang kono merupakan tempat perawatan kulit kesukaan Kleopatra ini merupakan titik terendah bumi lho.

Akan tetapi, ilmuwan mengatakan bahwa garis pesisir Laut Mati berkurang sekitar 1 meter setiap tahunnya akibat banyaknya eksploitasi mineral dan garam sejak 4 dekade terakhir. Sehingga, diperkirakan destinasi penuh pesona ini akan lenyap dalam 50 tahun. Sayang sekali, kan?

2. Venesia

venesia
instagram.com/squalo60

Siapa sih yang nggak tahu Venesia? Objek wisata romantis di Itali ini memang terkenal dengan keunikan dan keindahannya.

Dibangun di atas laguna dengan banyak kanal yang menawan, kota ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan. Akan tetapi, pada tahun 2017 lalu UNESCO menyatakan bahwa Venesia telah terancam punah.

venice
instagram.com/sehalandthecity

Hal tersebut disebabkan oleh nggak seimbangnya kapasitas kota, jumlah penduduk, dan banyaknya wisatawan yang datang sehingga menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Akibat hal tersebut, Venesia mengalami peningkatan banjir dan dikhawatirkan akan tenggelam dalam jangka waktu yang relatif cepat.

3. Maladewa

maladewa
instagram.com/paradise.global

Maladewa atau Maldives merupakan salah satu surga dunia yang sudah nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Objek wisata tersebut tentu menjadi salah satu daftar yang wajib dikunjungi bagi para pecinta traveling.

Akan tetapi, negara yang terdiri dari 26 pulau tropis dan hanya berada di ketinggian 10 mdpl tersebut mengalami kenaikan permukaan air laut secara terus-menerus setiap tahunnya. Maka, bukan nggak mungkin kalau surga ini akan tenggelam suatu saat nanti.

Baca Juga: Pulo Cinta, Resort Mengapung di Gorontalo Maldivesnya Indonesia

4. Taj Mahal

taj mahal
instagram.com/dps_n_quotes_

Menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia membuat Taj Mahal banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai penjuru bumi.

Jumlah wisatawan yang terlampau banyak setiap harinya ternyata membuat objek wisata dengan arsitektur cantik ini terancam punah karena fondasinya sudah mulai tenggelam di sungai Yamuna.

Saat ini, pengelola sudah melakukan pembatasan jam kepada turis yang berkunjung. Beberapa rumor mengatakan, pihak Taj Mahal sedang mempertimbangkan larangan bagi wisatawan untuk masuk ke dalam.

5. Salar De Uyuni

salar de uyuni
instagram.com/nomadicfare

Salar De Uyuni merupakan daratan garam terbesar di dunia yang luasnya mencapai 10.582 meter. Saat mengunjunginya, kamu akan seolah-olah disugihi dengan cermin raksasa yang memantulkan segala keindahan di sekelilingnya.

Sayangnya, objek wisata yang menjadi surga bagi pecinta fotografi ini juga terancam punah lho. Pasalnya, kawasan yang menyimpan setengah dari kandungan lithium dunia ini kini dieksploitasi oleh pemerintah Bolivia sehingga merusak keseimbangan alamnya.

6. Pulau Komodo

pulau komodo
instagram.com/joe_hattab

Siapa sangka, salah satu objek wisata dunia yang terancam punah ternyata berasal dari Indonesia. Menjadi ikon wisata yang wajib dikunjungi, Pulau Komodo banyak memikat hati wisatawan dengan keindahannya.

Akan tetapi pemutihan dan pengasaman laut menjadikan objek wisata Indonesia ini terancam keberadaannya. Selain itu, kenaikan populasi penduduk dan jumlah wisatawan yang meningkat juga berkonstribusi dalam kerusakan alam yang terjadi.

7. Gunung Kilimanjoro

gunung kilimanjoro
instagram.com/kiboshotours

Puncak berselimut salju yang menawan di gunung tertinggi Afrika ini menjadi salah satu objek wisata dunia yang hampir punah karena dampak pemanasan global.

Para ilmuwan mengatakan bahwa 85 persen dari keseluruhan es yang menutupi Gunung Kilimanjoro mulai mencair dari tahun ke tahun. Beberapa ahli memprediksi bahwa gletser yang menjadi ikon legendaris tersebut akan punah dalam dua dekade mendatang.

Baca Juga: Bukan Luar Negeri, Dataran Tinggi di Indonesia ini Juga Sering Berselimut Salju Lho!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa objek wisata dunia yang hampir punah dan harus cepat kamu kunjungi sebelum terlambat.

Sayang sekali ya, padahal semuanya memiliki keindahan yang luar biasa. Oleh sebab itu, jadilah wisatawan yang bijaksana agar kondisi objek wisata tetap terjaga.

0 Comment