Meminjamkan Barang ini Bisa Membawa Dampak Buruk Bagi Kesehatanmu

17 December 2018, pada 03:30
2
0
Meminjamkan Barang ini Bisa Membawa Dampak Buruk Bagi Kesehatanmu

Berbagi atau menggunakan suatu barang pribadi bersama-sama dengan orang-orang dekat seperti sahabat mungkin merupakan hal yang wajar untuk dilakukan.

Namun kamu harus segera menghentikan kebisaan tersebut. Bertukar barang pribadi dengan orang lain berisiko menularkan berbagai penyakit, lho.

Menurut penelitian, ditemukan bakteri seperti E. coli, Staphylococcus dan Streptococcus pada tester riasan di toko-toko besar. Bakteri yang biasanya berpindah dari tangan orang yang tidak mencuci tangan setelah buang air ini dapat menyebabkan gangguan percernaan. Kamu sebaiknya jangan menggunakan sampel-sampel tersebut, ya.

Selain gangguan pencernaan, kamu juga bisa tertular penyakit lainnya. Untuk mencegah penularan bakteri, kamu sebaiknya jangan meminjamkan 8 barang berikut.

1. Pakaian

pakaian
pexels.com/@rawpixel

Pakaian merupakan barang yang melekat langsung pada tubuh. Tentu saja, keringat dan lain sebagainya juga akan menempel pada pakaian. Kuman pun dapat menyebar ke busana lain yang dicuci secara bersamaan.

Kamu lebih baik mengganti pakaianmu setiap hari untuk meminimalisir kuman. Sebaiknya jangan meminjamkan busana kepada orang lain, terutama pakaian dalam. Karena kamu juga bisa tertular penyakit orang tersebut, seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.

2. Alat Make Up

alat make up
sukhman.liwtt.com

Cewek-cewek pasti sering melakukan hal ini. Berbagi bedak, lipstik dan lain sebagainya bersama para sahabat. Hal ini memang menjadi salah satu kegiatan yang seru dan mengasyikkan untuk dilakukan. Tetapi kamu tidak boleh lagi melakukan itu.

Infeksi mata seperti konjungtivitis dan herpes labialis pada bibir sangat mudah ditularkan melalui alat make up. Jadi lebih baik kamu tidak berbagi alat make up. Bukan kerena pelit, tetapi semua demi kesehatanmu.

Akan tetapi jika sulit, kamu bisa membersihkan alat make up dengan alkohol. Atau kamu bisa membuang lapisan paling atas dari kosmetik yang telah digunakan orang lain.

3. Handuk

handuk
klikdokter.com

Handuk sama seperti pakaian, dapat menyebarkan berbagai bakteri yang berisiko penyakit padamu jika digunakan lebih dari satu orang.

Kamu sebaiknya membawa handuk sendiri dan tidak meminjamkanya kepada orang lain jika sedang bepergian atau berolahraga.

4. Sikat Gigi

sikat gigi
hellosehat.com

Sikat gigi yang dipakai secara bergantian akan meningkatkan risiko menyebarnya bakteri dan virus. Kamu bisa tertular berbagai penyakit apabila kamu berbagi sikat gigi dengan orang yang memiliki penyakit yang dapat ditularkan lewat darah.

Sikat gigi dapat terpapar darah yang terkontaminasi virus tertentu dan itu akan menginfeksimu juga. Jadi, jika kamu lupa membawa sikat gigi saat menginap atau bepergian, lebih baik beli yang baru daripada meminjam milik teman.

Baca Juga: Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?

5. Gunting Kuku

gunting kuku
satujam.com

Berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum dapat meningkat risiko terkena jamur kuku. Begitu pula jika kamu meminjamkan gunting kukumu kepada seseorang yang terinfeksi penyakit tersebut, kamu akan tertular juga.

Jamur yang hidup dan berkembang di tempat lembab ini jika sudah parah dapat menyebabkan rasa sait dan kerusakan kuku yang permanen.

6. Sisir

sisir
id.wikipedia.org

Siapa yang kemana-mana membawa sisir dan sering dipinjam oleh teman-temennya? Kamu tidak takut kalau ternyata salah satu diantara mereka memiliki kutu rambut? Hmm, kutu rambut bisa dengan mudah menyebar melalui penggunaan sisir yang bergantian, lho.

Selain itu, kamu juga bisa kurap pada kulit kepala. Selain sisir, masalah ini juga dapat menular apabila kamu berbagi helm dan topi.

7. Earphone

earphone
appuals.com

Kamu pasti sering meminjam earphone dari orang lain, begitu juga dengan meminjamkannya. Merupakan hal yang terlihat sepele memang, tapi hati-hati ya, kamu bisa tertular penyakit dari melakukan hal tersebut.

Earphone yang tidak bersih dan digunakan secara bergantian dapat menyebabkan infeksi telinga bagian luar. Infeksi ini jika tidak segera ditangani dengan tepat akan mengakibatkan sakit dan gangguan pada pendengaran.

8. Alat Cukur

alat cukur
orami.co.id

Barang yang terakhir ini sudah jelas dong kenapa tidak boleh digunakan secara bergantian? Alat cukur dapat membuat kulit terkelupas dan mengeluarkan darah ketika seseorang menggunakannya untuk mencukur rambut, bulu, atau jenggot.

Kamu bisa terkena penyakit tertentu yang dapat menular melalui darah apabila kamu berbagi alat yang satu ini.

Nah, itu dia 8 barang yang mulai saat ini sebaiknya kamu gunakan khusus untuk dirimu sendiri. Jangan membaginya dengan orang lain meskipun kamu mengenalnya dengan dekat.

Usahakan juga menghindari berbagi barang yang melibatkan kontak langsung dengan kulit dan mulut, seperti gelas dan lain sebagainya. Jika sudah terlanjur, kamu bisa mencucinya menggunakan air hangat dengan bersih.

0 Komentar