Memplester Mulut Selama Tidur Seperti Andien Aisyah, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

09 July 2019, at 02:00
0
0
Memplester Mulut Selama Tidur Seperti Andien Aisyah, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Melalui instagram pribadinya, Andien Aisyah memang sering membagikan kehidupannya mulai dari kegiatan sehari-hari, liburan, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini, penyanyi jazz tersebut membagikan momen menjelang tidur ia dan keluarga kecilnya. Anehnya, Andien, suami, dan anaknya menggunakan plester di mulut mereka.

Pengguna media sosial lantas bertanya-tanya apa yang sebenarnya dilakukan oleh ibu satu anak tersebut.

Baca Juga: Meskipun Sepele, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Tanda Paru-Parumu Bermasalah

Ternyata, Andien dan keluarganya sedang berusaha meminimalisir pernapasan melalui mulut untuk mengoptimalkan pernapasan hidung saat tidur.

1. Pernapasan Hidung Vs Pernapasan Mulut

pernapasan hidung
healthypasty.com

Bernapas merupakan aktivitas penting yang dilakukan sehari-hari. Meskipun demikian, nggak banyak orang yang tahu bagaimana cara bernapas dengan benar dan maksimal.

Sebenarnya, hidung memang dirancang untuk bernapas. Akan tetapi, nggak sedikit juga orang yang memiliki kebiasaan melakukan hal tersebut melalui mulut. Lalu apakah ada bedanya?

pernapasan mulut
greatist.com

Hidung merupakan pertahanan utaman untuk melawan dan menyaring udara dari bakteri dan racun yang mungkin ikut terhirup oleh tubuh. Nggak hanya menyaring, organ tersebut juga bisa melembabkan udara yang kamu hirup lho.

Hal tersebut bertolak belakang apabila kamu melakukan pernapasan mulut. Organ tersebut nggak dirancang untuk menghirup udara, oleh sebab itu nggak ada yang bisa menyaring racun, kotoran, dan bakteri apabila kamu bernapas melalui mulut.

2. Memplester Mulut Saat Tidur

andien aisyah
instagram.com/andienaisyah

Menurut berbagai penelitian, setiap orang memiliki risiko untuk melakukan pernapasan mulut dan hal tersebut biasanya terjadi saat kamu sedang dalam keadaan nggak sadar seperti tidur.

Itulah mengapa beberapa orang, termasuk Andien dan keluarganya, menggunakan cara unik yaitu memplester mulut mereka sebelum tidur untuk mengurangi hal tersebut.

Pasalnya, bernapas melalui mulut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan seperti tenggorokan kering sampai masalah besar seperti sinusitis.

Baca Juga: Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Lakukan 7 Tips Ini

3. Manfaat Bernapas Melalui Hidung

bernapas
medicalnewstoday.com

Memplester mulut sebelum tidur dapat membuat pernapasan hidung menjadi maksimal. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lho.

Manfaat bernapas melalui hidung yang pertama adalah kualitas tidur yang membaik. Hal tersebut karena risiko sleep apnea menurun dan kamu nggak akan mendengkur lagi.

bahagia
yogajournal.com

Selain itu, memaksimalkan pernapasan hidung juga akan mengurangi risiko kesehatan gigi dan gusi. Air liur yang terkunci di dalam mulut akan melakukan tugasnya sebagai pembersih secara maksimal.

Kamu juga akan merasa lebih bahagia karena bernapas lebih dalam melalui hidung secara nggak langsung dapat mengurangi kecemasan dan mengendalikan stres.  

4. Mengatasi Mulut Terbuka Butuh Penyesuaian

mendengkur
freenet.de

Bagi beberapa orang yang sudah terbiasa bernapas melalui mulut, melakukan pernapasan hidung bukanlah hal yang mudah.

Akan tetapi, hal tersebut dapat dikurangi dengan melakukan latihan pola pernapasan secara teratur agar bisa konsisten untuk bisa bernapas lewat hidung termasuk ketika tidur.

Menutup mulut dengan plester seperti Andien merupakan salah satu cara mudah berlatih pernapasan hidung yang bisa kamu lakukan di rumah.

andien dan kawa
instagram.com/andienaisyah

Nah, ternyata secara nggak sadar kita sering bernapas melalui mulut yang seharusnya nggak dirancang untuk kegiatan tersebut lho Sobat Qupas.

Yuk mulai berlatih untuk mengoptimalkan pernapasan hidung. Akan tetapi, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila merasa memiliki masalah dengan pernapasan sebelumnya.

0 Comment