Qupas Travel

Menanti Senja di Waduk Pacal Bojonegoro, Warisan Belanda yang Masih Eksis Hingga Kini

04 February 2020, at 05:00
Menanti Senja di Waduk Pacal Bojonegoro, Warisan Belanda yang Masih Eksis Hingga Kini

Bojonegoro mungkin bukan wilayah yang terkenal punya banyak tempat wisata. Tapi di kabupaten ini bukan berarti kamu nggak bakal menemukan destinasi menarik untuk dikunjungi.

Waduk Pacal adalah salah satu bukti bahwa Bojonegoro masih menyimpan 'warna' dalam hal pariwisata. Selain dimanjakan dengan pemandangan yang memukau, ada cerita menarik di balik terciptanya destinasi ini.

Nah, biar nggak makin penasaran, simak deh ulasan berikut ini!

1. Warisan Belanda di Bojonegoro

Waduk Pacal (Foto: instagram.com/tommyindaryanto)
instagram.com/tommyindaryanto

Wisata waduk di Bojonegoro seluas luas sekitar 3.878 kilometer persegi dan kedalaman 25 meter ini bukan destinasi baru. Bahkan keberadaannya sudah sejak puluhan tahun.

Tepatnya di tahun 1933, Waduk Pacal mulai di bangun. Tempat wisata di Bojonegoro ini pun bisa dibilang merupakan sarana pengairan peninggalan zaman Belanda yang multifungsi.

Meski sudah ada sejak puluhan tahun lalu, kemegahan dan kekokohan warisan Belanda ini masih tampak. Dipadukan dengan panorama hamparan air yang melimpah dan pemandangan hijau di sekitarnya, membuat Waduk Pacal kian memesona.

2. Tempat menyaksikan sunset di Bojonegoro

Waduk Pacal Bojonegoro (Foto: instagram.com/yukingtom)
instagram.com/yukingtom

Nggak harus di pantai untuk menyaksikan sunset yang dramatis. Saat berada di tempat wisata Bojonegoro ini pun kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam.

Semburat cahaya matahari yang berwarna oranye dan mulai menghilang di sisi barat tampak eksotis. Perpaduannya dengan genangan air di wisata danau ini pun pantang kamu lewatkan. Terutama bagi para pemburu foto.

3. Acara rutin di Waduk Pacal

Wisata Waduk Pacal (Foto: instagram.com/rheina_04)
instagram.com/rheina_04

Waduk Pacal bukan cuma menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Berada di wisata Bojonegoro ini, kamu juga bisa menyaksikan acara rutin di bulan Oktober.

Bersamaan dnegan hari jadi Kabupaten Bojonegoro, di bulan tersebut bakal digelar acara ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub.

Baca juga: Asyiknya Camping di Waduk Parang Gombong, Wisata Purwakarta Rasa New Zealand

4. Fasilitas wisata Waduk Pacal

Pacal Bojonegoro (Foto: instagram.com/isback_fhotoshot)
instagram.com/isback_fhotoshot

Waduk Pacal bisa dibilang merupakan salah satu wisata murah di Bojonegoro. Karena cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp5 ribu, kamu sudah bisa memasuki destinasi ini.

Berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat, hingga perahu untuk mengelilingi waduk juga tersedia. Dan mungkin ke depannya bakal banyak item yang ditambahkan di destinasi ini demi kenyamanan traveler.

5. Cara ke Waduk Pacal Bojonegoro

Sunset Waduk Pacal (Foto: instagram.com/masdaenk_ls)
instagram.com/masdaenk_ls

Lokasi Waduk Pacal sendiri berada di Kedungsumber, Temayang. Letaknya kurang lebih 35 kilometer dari arah selatan ibukota Kabupaten Bojonegoro.

Untuk bisa mencapai wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, yaitu colt maupun bus jurusan Bojonegoro-Nganjuk. Selanjutnya bisa turun di simpang tiga waduk dan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 2 kilometer.

Wah, Waduk Pacal ternyata punya banyak keistimewaan meski sudah dibangun sejak zaman Belanda. Jadi yakin nih, nggak pengen cepet-cepet merasakan sensasi liburan seru di tempat wisata warisan Belanda di Bojonegoro ini?