Qupas Travel

Menanti Sunrise di Spot Riyadi Jogja, Keindahannya Bikin Lupa Rumah!

24 March 2020, at 05:00
Menanti Sunrise di Spot Riyadi Jogja, Keindahannya Bikin Lupa Rumah!

Jogja bukan hanya budayanya saja yang indah. Pemandangan alamnya pun sangat eye catching. Itulah kenapa Jogja selalu dirindukan oleh mereka yang sudah pernah berkunjung.

Spot Riyadi di kawasan Sleman adalah salah satu wisata Jogja yang bisa dibilang akan membuat traveler ingin kembali untuk berlibur ke Kota Budaya ini. Kenapa sih? Simak deh ulasan berikut biar nggak makin penasaran!

1. Wisata Jogja yang nggak sengaja ditemukan

Spot Riyadi (Foto: instagram.com/arkanantafau)
instagram.com/arkanantafau

Siapa sangka kalau ternyata tempat wisata di Sleman ini nggak sengaja ditemukan? Dulu, tepatnya sekitar tahun 2005, destinasi ini hanyalah pekarangan rumah warga bernama Bapak Riyadi yang memang memiliki pemandangan cantik.

Mengetahui antusias traveler, area yang memang berada persis di sisi tebing ini kemudian disulap menjadi pelataran untuk melihat pemandangan Jogja dari ketinggian. Bapak Riyadi dan keluarga pun mulai merapikan halaman rumahnya sekitar tahun 2015.

Pekarangan rumah mulai disemen. Warung-warung kecil untuk memanjakan perut pengunjung juga mulai tersedia. Tersedia pula beberapa tempat duduk sederhana dan spot foto di destinasi ini.

2. Melihat Candi Prambanan dari Spot Riyadi

Spot Riyadi Malam Hari (Foto: instagram.com/bookpacker)
instagram.com/bookpacker

Hamparan sawah dan rumah-rumah warga di bawah dapat kamu saksikan dari wisata Jogja ini. Bahkan lebih dari itu, panorama Candi Perambanan dari kejauhan juga siap memanjakan matamu, lho.

Jangankan saat pagi hari. Ketika malam menjelang, dimana panorama Candi Prambanan berpadu dengan lampu-lampu di sekitarnya pun tampak sangat memesona.

3. Pemandangan Merapi dari Spot Riyadi

Gunung Merapi dari Spot Riyadi (Foto: instagram.com/setiyawan218)
instagram.com/setiyawan218

Spot Riyadi Jogja memang istimewa. Karena saat berada di sini, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Jajaran pegunungan di sekitar Jogja dan Jawa Tengah seperti Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, hingga Gunung Sumbing pun akan terlihat dari kejauhan. Keren banget deh pokoknya!

Baca juga: Nggak Perlu Muncak, 5 Wisata Jogja dan Jateng Ini Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Merapi

4. Menyapa sunrise dari Spot Riyadi

Pemandangan Spot Riyadi (Foto: instagram.com/samdawus)
instagram.com/samdawus

Kalau Candi Borobudur punya Puntuk Setumbu. Candi Prambanan pun nggak kalah, karena wisata budaya di Jogja ini punya Spot Riyadi untuk melihat sunrise.

Berada di spot ini, kamu akan menyaksikan matahari terbit perlahan dari sebelah timur. Pemandangan Prambanan dari kejauhan pun makin mempermanis destinasi ini. Untuk menyambut datangnya mentari, kamu bisa datang sekitar pukul 05.00 pagi.

5. Lokasi dan tiket masuk Spot Riyadi

Candi Prambanan dari Spot Riyadi (Foto: instagram.com/fendysapto)
instagram.com/fendysapto

Spot Riyadi berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambisari, Prambanan. Letaknya cuma sekitar 3 kilometer sebelah selatan dari Candi Prambanan.

Dari pusat Kota Jogja, kamu perlu mengarahkan kendaraanmu ke Candi Prambanan. Setelah sampai di lampu merah, beloklah ke kanan dengan melewati pasar dan jembatan kereta. Sekitar 500 meter, kamu akan menemukan Restoran Abhyagiri. Dari sini, Spot Riyadi sudah dekat kok.

Spot Foto Spot Riyadi (Foto: instagram.com/den_mas_wee)
instagram.com/den_mas_wee

Nah, untuk bisa menikmati panorama cantik di Spot Riyadi, kamu nggak perlu bayar tiket masuk, lho. Hanya biaya parkir saja yang pantang kamu lewatkan.

Gimana, tertarik liburan ke Spot Riyadi? Kalau ke Candi Prambanan, jangan sampai melewatkan wisata gratis di Jogja ini deh biar nggak nyesel!