Mencicipi 5 Rekomendasi Camilan Halal di Pasar Semawis Semarang, Maknyus!

25 November 2019, at 19:00
0
0
Mencicipi 5 Rekomendasi Camilan Halal di Pasar Semawis Semarang, Maknyus!

Semarang memang surganya kuliner. Segala macam makanan enak, legendaris, hingga yang kekinian ada di Kota Lumpia ini. Salah satunya di Pasar Semawis, tempat untuk berburu kuliner dan kabarnya jadi sentra street food-nya Semarang.

Lahirnya pusat kuliner di Semarang ini digagas oleh perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata). Bisa dibilang juga, kalau Pasar Semawis merupakan bentuk revitalisasi untuk menghidupkan kembali Kota Tua.

Awalnya, tempat berburu kuliner Semarang ini mulai muncul ketika diadakan Pasar Imlek Semawis 2005. Lalu menyusul diresmikannya Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia.

pasar semawis
instagram.com/genugraha

Pusat kuliner yang cuma buka setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu pukul 18.00 sampai 22.00 WIB ini sendiri berada di sepanjang Gang Warung.

Tepatnya di depan gapura kawasan Pecinan Semarang. Sepanjang kurang lebih 300 meter, banyak tenda-tenda yang menjajakan beragam makanan maupun minuman enak.

Fyi, meski berada di kawasan Pecinan, di tempat ini masih banyak lho kuliner halal yang bisa kamu coba. Seperti beberapa rekomendasi kuliner Pasar Semawis Semarang berikut ini. Intip deh!

1. Flower Mango

flower mango
instagram.com/adhisty.nikita

Salah satu jajanan di Pasar Semawis yang pantang kamu lewatkan adalah flower mango, yaitu buah mangga potong dengan bentuk menyerupai bunga mekar yang rasanya menyegarkan.

Untuk bisa menikmati buah mangga yang sudah dibentuk ini, kamu cukup membayar Rp25 ribu saja. Cukup terjangkau kan?

Tapi kamu harus sabar saat membeli makanan menyegarkan ini. Karena penggemarnya banyak, kamu harus rela ngantre.

Lokasi : Mister Mango

2. Es Krim Batok Kelapa

es krim kelapa muda
instagram.com/duo_nyamnyam

Ngerasain kulinernya Thailand, nggak harus jauh-jauh sampai ke Negeri Gajah Putih kok. Cukup liburan ke Semarang, kamu sudah bisa menikmati salah satu menu street food seperti di Bangkok.

Es krim dalam batok kelapa contohnya. Isinya pun komplet banget, ada ketan, buah potong, kelapa muda, sampai es krim yang creamy.

Lokasi : Kedai di Pasar Malam Semawis

Baca juga: Eden Resto Semarang, Tempat Asyik untuk Nikmati Makanan dari Berbagai Negara di Atas Ketinggian

3. Corn Dog Breadcrumbs

corn dog breadcrumbs
instagram.com/kuliner.ria

Pasar Semawis Semarang juga menjual corn dog, lho. Hayo, siapa yang suka street food ala Korea ini?

Sekarang, nggak perlu jauh-jauh ke Negeri Ginseng untuk mencobanya. Cukup ke pasar kulinernya Semarang, kamu sudah bisa menikmati menu ala hot dog dengan mozarella yang lumer ini. Harganya sekitar Rp18 ribuan saja kok.

Lokasi : Kedai di Pasar Malam Semawis

4. Telur Puyuh Goreng

telur puyuh goreng
instagram.com/eatdeed

Buat pecinta telur puyuh, menu di pusat kulinernya Semarang ini recommended untuk kamu coba. Di setiap gigitannya, rasa gurih yang dominan akan kamu rasakan.

Selagi menunggu antrean dengan pembeli lain, kamu juga bisa melihat proses pembuatan telur puyuh goreng ini. Seru, kan?

Oh ya, untuk satu porsinya, kamu cukup bayar Rp15 ribu saja. Nanti kamu akan menerima telur puyuh goreng yang berada di dalam kemasan gelas plastik.

Lokasi : Kedai di Pasar Malam Semawis

5. Jamu Jun

jamu jun
instagram.com/laurancia.vina

Selain menu kekinian, di pasar ini kamu juga bisa mengeksplor kuliner tradisional seperti jamu jun. Minuman enak ini sebenarnya asli dari Demak dan menurut info sih, katanya sudah cukup langka.

Minuman tradisional Indonesia ini terbuat dari campuran rempah, tepung beras dan ketan, sehingga membuat kuahnya tampak kental. Nantinya, menu ini disajikan dengan santan dan bola-bola yang terbuat dari beras ketan, kelapa, jahe, dan bubuk beras kencur.

Cukup bayar Rp8 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati minuman yang rasanya enak dan bikin badan hangat ini. Cobain deh!

Lokasi : Kedai Jamu Jun Pasar Malam Semawis

Nah, itu dia camilan halal di Pasar Semawis yang pantang kamu lewatkan saat liburan ke Semarang. Gimana, sudah pernah coba salah satunya belum?

0 Comment