Mencicipi Mie Lendir di Kedai Kopi Harum Manis Nagoya, Kuliner Tanjungpinang Sejak Tahun 90-an

17 May 2019, at 12:00
0
0
Mencicipi Mie Lendir di Kedai Kopi Harum Manis Nagoya, Kuliner Tanjungpinang Sejak Tahun 90-an

Buat kamu yang nggak pernah menginjakkan kaki di Tanjungpinang, mungkin asing rasanya mendengar nama kuliner “Mie Lendir”. Sajian tersebut menjadi menu wajib yang harus dicicipi sesampainya di Batam.

Kuah kacang kental dengan warna cokelat pekat ditambah lagi dengan irisan cabai rawit semakin menambah cita rasa pedas, manis, dan gurih.

Biar nggak semakin penasaran, cus deh simak kelezatan seporsi mie lendir berikut ini.

1. Awalnya Dikenal dengan Mi Pak Sailun

mie lendir tanjungpinang
instagram.com/nungki.nung

Awalnya, menu masakan khas Tanjungpinang ini dikenal dengan nama Mi Pak Sailun. Itu karena yang pertama meracik mie berkuah lezat ini adalah Pak Sailun.

Beliau adalah pendatang asal Jawa yang tinggal di Tanjungpinang. Awalnya sajian mie kuning ini dijual dengan cara berkeliling pada tahun 1960-an yang lalu.

menikmati mie lendir
instagram.com/yanticong

Lalu menetap di sebuah kedai di Jalan Bintan dan kini Pak Sailun melebarkan sayap ke Nagoya. Kedai Kopi Harum Manis namanya. Tempat tersebut sudah ada sejak 30 tahun lalu dan masih eksis hingga hari ini.

Tempatnya yang klasik dengan papan tulisan yang bisa menyala, seakan mengajak pengunjung kembali ke zaman 90-an. Berseliweran juga para pengamen yang silih datang berganti untuk menghibur penikmat mie kuning ini.

2. Sajian Mie Kuning dengan Kuah Kacang yang Kental

sajian mie kuning dengan kuah kacang
instagram.com/batamliciouz

Mie lendir berisikan mie kuning dengan kuah kacang, taoge, telur rebus, irisan cabai, seledri, dan taburan bawang goreng yang renyah. Perpaduan pas yang akan menggoyang lidahmu.

Kuah kental yang berlendir itu terbuat dari campuran tepung kanji dan olahan bumbu kacang. Saat makan sesuapnya saja, lidah akan merasakan pedas, gurih yang bercampur dalam satu porsi.

Baca juga : 10 Kuliner Medan dengan Rasa Paling Nendang di Lidah dan Murah Meriah

kuliner tanjungpinang enak dan murah
instagram.com/batamliciouz

Selain mie lendir, kamu bisa mencicipi menu masakan lainnya seperti nasi kari, laksa, dan bihun goreng. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Untuk satu porsi mie lendirnya hanya Rp10.000,00 saja lho. Cocok banget nih untuk menu makan pagi hari yang mengeyangkan.

3. Lokasi Kedai Kopi Harum Manis

lokasi kedai kopi harum manis
instagram.com/likitiuw

Lokasi Kedai Kopi Harum Manis berada di Jalan Komp. Bumi Indah No.10, Lubuk Baja Kota. Buka dari 06:30-17:00 WIB.

Agar lebih lengkap dan nikmat, kamu bisa memesan teh tarik sebagai sajian minuman saat menyantap mie lendir ini.

minum teh tarik di batam
enjoybatam.com

Tentunya dengan harga makanan yang murah meriah dan sajian minuman yang menyegarkan, sangat pas dijadikan menu sarapan ataupun makan siang.

Gimana sobat Qupas ingin berburu kuliner khas Nusantara yang menyajikan mie kuning lezat ini? Langsung saja yuk mampir ke Batam atau Tanjungpinang!

0 Comment