Mencicipi Mie Tarempa, Kuliner di Tanjung Pinang yang Dibuat Secara Homemade dan Bikin Gagal Diet

27 October 2019, at 17:00
0
0
Mencicipi Mie Tarempa, Kuliner di Tanjung Pinang yang Dibuat Secara Homemade dan Bikin Gagal Diet

Kuliner mie sudah erat sekali dengan masakan Indonesia, terbukti dengan menyebarnya menu mengenyangkan ini di berbagai daerah.

Seperti di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ada satu kuliner khas berupa masakan mie telur pipih yang dibuat khusus. Mie Tarempa namanya. Seperti apa ya kelezatan dari semangkuk makanan khas Tanjung Pinang ini?

1. Jadi kuliner khas Tanjung Pinang yang diburu wisatawan

mie tarempa khas tanjung pinang
​​​​​​instagram.com/gndhmsyh

Ada yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Tanjung Pinang? Nah pas banget nih, Qupas punya review singkat seputar kuliner khas yang bikin ketagihan.

Langsung saja deh, meluncur ke pusat kota tepatnya di daerah Melaju Kota Piring, ada satu rumah makan yang memang menyajikan mie tarempa sebagai menu utama.

2. Faktanya mie Tarempa bukan asli dari Tanjung Pinang

fakta mie tarempa
instagram.com/eatwithkoko

Walau menjadi menu khas Tanjung Pinang, tapi mie tarempa sebenarnya bukan asli dari sana.

Menu masakan berbahan utama mie ini berasal dari Kepulauan Anambas yang jaraknya sekitar 20 jam dari kota Tanjung Pinang menggunakan kapal Pelni.

3. Mie kuning pipih yang diproduksi khusus

mie tarempa enak di tanjung pinang
instagram.com/makanbiarsenang

Mie tarempa memiliki ciri khas warna kuning mencolok dan bentuknya yang pipih. Untuk teksturnya sendiri seperti mie telur.

Eits, tapi mie tarempa nggak diproduksi secara masal, melainkan dibuat sendiri secara khusus. Jadi sudah pasti menu mie ini segat dan nggak mengandung bahan pengawet ya.

Baca juga: Mencicipi Mie Lendir di Kedai Kopi Harum Manis Nagoya, Kuliner Tanjungpinang Sejak Tahun 90-an

4. Tambahan ikan tongkol sebagai pelengkap

mie tarempa ikan tongkol
instagram.com/sikokodonat

Mie tarempa disajikan dengan kuah yang memiliki bumbu lezat dan juga segar. Aromanya pun nggak kalah menggoda dengan rasa pedas dan asam yang berpadu di lidah.

Ada tambahan ikan tongkol yang dimasak pedas sebagai toppingnya. Selain itu, ada gorengan bernama Luti Gendang, roti goreng dengan isian abon ikan yang mengenyangkan.

5. Lokasi Mie Tarempa

lokasi mie tarempa
instagram.com/sikokodonat

Lokasi Mie Tarempa berada di Jalan D.I Panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang. Buka dari jam 06:30 hingga 10:00 WIB.

Untuk harga per mangkuk mie tarempa ikan tongkol dibanderol cuma Rp20 ribu saja. Lalu untuk luti gendang hanya sekitar Rp3 ribu saja.

Itulah rekomendasi tempat makan khas Nusantara yang nggak boleh kamu lewatkan. Gimana, Sobat Qupas tertarik untuk mencobanya?

0 Comment