Menderita Hipersomnia, Wanita ini Pecahkan Rekor Tidur Terlama Sampai 3 Hari

10 September 2018, at 09:20
0
0
Menderita Hipersomnia, Wanita ini Pecahkan Rekor Tidur Terlama Sampai 3 Hari

Tidur merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan oleh setiap orang. Sebab, dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka tubuh akan tetap sehat dan bugar. Sebab, dengan tidur, tubuh dapat mengistirahatkan seluruh organ serta mengeluarkan racun secara alami.

Lebih dari itu, tidur pun cukup memberikan efek baik bagi otak. Pasalnya, salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan otak adalah dengan tidur. Oleh karenanya, setiap orang dianjurkan untuk tidur setidaknya delapan jam perhari. Bahkan kalau bisa, tidur siang juga baik dilakukan, walau hanya setengah jam saja.

hipersomnia
spine-health.com

Delapan jam adalah waktu yang normal untuk tidur. Kalau sampai kurang atau lebih, tentu saja bukan takaran yang tepat. Seperti yang baru-baru saja terjadi, seorang wanita asal Wales, Inggris cukup menghebohkan warganet karena penyakit yang sedang dideritanya, yaitu idiopathic hipersomnia.

Tahukah kamu apa itu idiopathic hipersomnia?

Dikutip dari laman MedlinePlus, hipersomnia adalah sebuah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya menjadi betah tidur berlama-lama. Bahkan, seorang wanita asal Wales yang bernama Lucy itu bisa tidur hingga 3 hari! Tercatat pada hari Jumat sampai Minggu.

hipersomnia
bbc.com

Ya, wanita berumur 42 tahun ini menuturkan bahwa dia memerlukan jam weker, obat, dan orang lain agar bisa bangun dari tidurnya. Tanpa itu semua, dia merasa tidak akan bisa bangun dari tempat tidur. Selain itu, Lucy merasa dalam setiap kali tidur, dia tidak mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak.

Bahkan, setiap jam weker sudah bunyi berkali-kali, Lucy merasa bahwa tidurnya sangat kurang dan butuh waktu lebih lama lagi. Tubuhnya menjadi sangat lemas seharian. Yang menghebohkan lagi, dia bisa bertahan tidak makan dalam beberapa hari hanya untuk tidur. Benar-benar aneh, bukan?

hipersomnia
pexels.com

Oleh karenanya, kelainan yang satu ini disebut sebagai idiopathic hipersomnia, sebuah kelainan tidur yang tidak jelas dan tidak tentu penyebabnya. Ketika seseorang sudah mengalami gangguan ini, maka tubuhnya akan sangat lemas tidak bertenaga sehingga membuatnya ingin tidur sepanjang hari.

Namun jangan salah, idiopathic hipersomnia bukanlah sebuah rasa malas. Banyak yang mengartikannya sama, padahal berbeda. Kalau malas adalah kebiasaan, sedangkan idiopathic hipersomnia adalah sebuah gangguan kesehatan, baik fisik dan mental.

0 Comment