Menelusuri Air Terjun Sumampan, Wisata Baru di Gianyar yang Makin Digandrungi Anak Muda

28 September 2019, at 15:00
0
0
Menelusuri Air Terjun Sumampan, Wisata Baru di Gianyar yang Makin Digandrungi Anak Muda

Bali selalu punya kejutan, terutama untuk traveler yang haus akan destinasi menarik. Nah, beberapa bulan lalu, tepatnya di Gianyar, ada tempat wisata yang bisa dibilang masih fresh dan worth it buat dikunjungi.

Namanya Air Terjun Sumampan. Wisata di Bali ini baru dibuka oleh warga setempat sekitar September tahun 2018 lalu.

Bukan cuma aliran serta pemandangan sekitar, ternyata ada sejumlah fakta menarik yang bakal kamu temukan di wisata air terjun ini. Apa saja sih?

1. Aliran airnya dari 'pembuangan'

air terjun sumampan gianyar
instagram.com/adimahawiradipta

Fakta pertama yaitu tentang aliran air terjun yang ternyata berasal dari 'pembuangan'. Bukan dari tempat yang kotor kok. Pembuangan yang dimaksud ini berasal dari terowongan irigasi subak.

Tepatnya di sebelah timur Tukad Petanu, destinasi ini berada. Air terjun di Bali setinggi 15 meter ini pun mengalir di antara tebing yang di sekitarnya tumbuh berbagai macam tanaman hijau.

2. Air terjun buatan di Gianyar

sumampan waterfall
instagram.com/mustafa_magdy

Siapa sangka kalau ternyata air terjun cantik di Gianyar ini bukan terbentuk secara alami? Menurut info, beberapa tahun lalu warga setempat melakukan pengerukan batu padas, tepat di depan pembuangan saluran irigasi tersebut.

Pengerukan di bagiantimur tebing Tukad Petanu ini kedalamannya mencapai belasan meter dari posisi awal. Sampai akhirnya kini terbentuk seperti tebing.

Pada akhirnya, proses pengerukan pun dihentikan pemerintah. Pasca pengerukan, ternyata terbentuklah tebing. Aliran air dari terowongan irigasi yang awalnya selebar 2 meter dan tinggi 2,5 meter pun jatuh membentuk air terjun.

3. Ada topeng di sekitar air terjun

topeng air terjun sumampan
instagram.com/azcn2503

Daya tarik Air Terjun Sumampan bukan cuma terletak pada alirannya. Sejumlah bebatuan yang sudah diukir dan membentuk topeng juga menjadi sorotan traveler.

Ada pula topeng yang didesain khusus dengan aliran air. Jadi tampak seperti pancuran kecil yang keluar dari mulut topeng.

Dilansir dari Balipost, topeng-topeng tersebut dibuat oleh Nyoman Retana sejak September 2018 lalu. Rencananya, ia bakal membuat ukiran topeng dengan media lebih besar dari air terjun tersebut. Tujuannya sih supaya jadi spot foto buat para pengunjung.

Baca juga: Uniknya Serayu Pot and Terracota, Toko Suvenir yang Sajikan Spot Instagenik di Bali

4. Wisata murah di Bali

air terjun sumampan bali
instagram.com/dewa_wirayudha

Tahu nggak sih, Air Terjun Sumampan ini bisa dikategorikan sebagai wisata murah di Bali. Tiket masuknya pun nggak ditentukan alias kamu cuma perlu membayar dengan dana seikhlasnya.

Meski termasuk murah, bukan berarti kamu nggak menjaga lingkungan sekitar ya. Tetap buang sampah pada tempatnya supaya wisata buatan di Bali ini tetap terjaga kelestariannya.

5. Destinasi yang lokasinya strategis

trekking air terjun sumampan
instagram.com/dhandi_prayoga

Lokasi Air Terjun Sumampan yang berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati membuat destinasi ini mudah ditemui. Akses jalannya pun cukup bagus dan kendaraan roda dua bisa lewat.

Melalui tanah milik Wayan Cepeg, sang pengelola, kamu bisa sampai di air terjun. Bahkan nggak perlu jalan terlalu jauh untuk bisa sampai di titik lokasi.

air terjun sumampan
instagram.com/dedik_armawann

Well, Air Terjun Sumampan ini memang termasuk baru di Bali. Meski begitu, pesonanya nggak kalah dari destinasi lainnya.

Fyi, karena air terjun tersebut mengandalkan kelebihan aliran air dari terowongan irigasi subak, sewaktu-waktu bisa diputus lewat DAM Bedulu. Jadi, usahakan selalu update info kalau mau ke wisata air terjun ini ya!

0 Comment