Menelusuri Jejak Sejarah di Pulau Kelor, Saksi Bisu Kejayaan Belanda di Ibu Kota

24 July 2019, at 12:00
0
0
Menelusuri Jejak Sejarah di Pulau Kelor, Saksi Bisu Kejayaan Belanda di Ibu Kota

Dikenal sebagai kota metropolitan dengan gedung-gedung tinggi yang menjulang, ternyata Jakarta masih memiliki kawasan yang asri dan minim polusi yaitu Kepulauan Seribu.

Secara administratrif, objek wisata yang terdiri dari beberapa pulau ini berada di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta, destinasi tersebut sangat cocok menjadi pilihan saat ingin menenangkan pikiran namun nggak mau melakukan perjalanan panjang atau nggak punya banyak waktu luang.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Kota Metropolitan, Ternyata Jakarta Punya 8 Wisata Alam Ini

Pada gugusan Kepulauan Seribu, terdapat Pulau Kelor yang menyimpan keindahan dan jejak kejayaan Belanda di masa penjajahan yang perlu kamu kunjungi.

1. “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”

pulau kelor
instagram.com/aurasyari

Siapa sih yang nggak tahu peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”? Ungkapan yang memiliki arti bahwa dunia ini besar sehingga seseorang nggak boleh mudah putus asa karena masih ada kesempatan lain setelah mengalami kegegalan ini memang familier di telinga orang Indonesia.

Lalu bagaimana dengan Pulau Kelor? Salah satu pulau cantik di Kepulauan Seribu yang dulunya bernama Pulau Kerkhof ini disebut demikian karena ukurannya yang sangat kecil, seperti daun kelor. Kamu bahkan bisa mengelilinginya dalam satu hari saja.

2. Alamnya yang Indah

keindahan pulau kelor
instagram.com/ervinerwin

Meskipun ukurannya relatif kecil, namun Pulau Kelor memiliki udara yang masih sejuk, pasir putih yang menawan, serta air laut yang jernih.

Berjalan kaki mengitari garis pantai sambil bertelanjang kaki akan memberikan sensasi menenangkan dan membantu menghilangkan stres akibat rutinitas sehari-hari.

pulau kelor jakarta
instagram.com/billsatya

Untuk kamu yang suka bermain air, objek wisata Jakarta ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan tersebut. Kamu bahkan bisa memancing di sana lho!

Selain itu, kamu juga bisa menginap dengan mendirikan tenda dan menikmati gemerlap pemandangan kota Jakarta di malam hari yang nampak seperti bintang dan kunang-kunang.

3. Saksi Bisu Kejayaan Belanda

benteng matello
instagram.com/merisachandra

Nggak hanya udara yang sejuk dan pemandangan indah, Pulau Kelor juga menyuguhkan hal menarik lainnya yaitu sebuah bengunan bernilai sejarah peninggalan Belanda yang menjadi saksi bisu masa penjajahan Indonesia.

Bangunan dengan arsitektur unik berbentuk lingkaran tersebut bernama Benteng Martello. Dibangun pada abad XVII oleh Belanda, benteng tersebut bertujuan untuk menghalau bangsa Portugis yang saat itu juga ingin menjajah Indonesia.

keindahan benteng matello
instagram.com/morgan_nou

Benteng Martello yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Kelor. Pesonanya bahkan membuat beberapa orang menjadikan tempat terebut sebagai lokasi prewedding mereka.

Namun dibalik keindahan tersebut, terdapat cerita kelam yang menghiasi Benteng Martello. Pasalnya, bangunan bersejarah tersebut nggak hanya digunakan sebagai benteng saja. Namun juga tempat penahanan dan penyiksaan pejuang Indonesia yang melawan penjajah Belanda.

Baca Juga: Ingin Menginap di Pulau Kelor? Berikut Ini Hal-hal yang Harus Dipersiapkan!

4. Pulau-Pulau di Sekitarnya

kepulauan seribu
instagram.com/astrid_ebbecke

Peribahasa “sekali dayung, dua pulau terlampaui” nampaknya terbukti secara harfiah apabila kamu berkunjung ke Kepulauan Seribu. Dalam sekali perjalanan menuju Pulau Kelor, kamu bisa saja menelusuri dua pulau, bahkan tiga!

Saat berkunjung ke Pulau Kelor, sebaiknya sempatkan diri untuk menelusuri pulau-pulau disekitarnya seperti Pulau Onrust dan Pulau Cipir yang jaraknya nggak terlalu jauh dan nggak kalah indah.

5. Cara ke Pualu Kelor

pulau kelor kepulauan seribu
instagram.com/arta_fazar

Untuk ke Pulau Kelor, kamu bisa memulai perjalanan dari Dermaga Muara Kamal untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Selain itu, kamu juga bisa menuju ke Pulau Kelor dari Dermaga Marina Ancol dan menyeberang dengan menyewa speedboat yang bisa menampung beberapa orang sesuai kapasitas.

Jadi gimana Sobat Qupas, tertarik nggak untuk mengunjungi Pulau Kelor akhir pekan ini, baik sendiri maupun bersama tambatan hati?

0 Comment