Qupas Travel

Menelusuri Kota Soe, 'The Freezing City' di Pulau Timor yang Memesona

06 January 2020, at 05:00
Menelusuri Kota Soe, 'The Freezing City' di Pulau Timor yang Memesona

Kota Soe atau sering dijuluki sebagai 'The Freezing City' merupakan ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 110 kilometer dari Kupang, daerah ini sangat menarik.

Selain karena cuacanya yang lebih dingin dari kota lain di Pulau Timor, Soe juga memiliki pemandangan alam yang menawan. Bahkan beberapa wisata diantaranya seolah membawamu ke luar negeri.

Nah, buat yang sudah penasaran seperti apa keistimewaan Kota Soe dan ada wisata apa saja, simak deh ulasan Qupas berikut ini!

Asal-usul nama Kota Soe

taman buat
instagram.com/suspanaraha

Beberapa kawasan wisata di Indonesia seperti pasti menyimpan kisah sejarah. Seperti Kota Soe yang namanya disebut-sebut berasal dari Bahasa Timor dengan arti 'menimba'.

Konon, nama tersebut diperoleh dari hasil pertemuan antara kolonial Belanda dan wanita setempat. Dulu, saat sang tentara menyisir kawasan ini, ia bertanya pada wanita yang sedang menimba air tentang nama tempat yang dikunjunginya itu.

fatumnasi
instagram.com/dhewycelineoematan

Wanita itu pun nggak mengerti bahasa dan maksud si tentara. Ia pun mengira sang kolonial menanyakan tentang aktivitas yang dilakukan. Menggunakan Bahasa Timor, wanita tersebut pun menjawab "au soe oe", dimana kalimat tersebut berarti "Saya sedang menimba air".

Sang tentara pun hanya mengingat nama Soe dalam ingatannya dan mengira kalau itulah nama tempat yang ia kunjungi. Kemudian, ia melapor ke komandannya tentang kata yang diucapkan sang wanita. Sejak saat itu, nama "Kota Soe" mulai dikenal sampai diresmikan pada tahun 1920.

Baca juga: Bukan Luar Negeri, 5 Wisata Terindah Ini Ada di Indonesia!

Wisata di Kota Soe

Berada di ketinggian sekitar 792 mdpl dengan tingkat 40 derajat, Kota Soe punya deretan bukit serta struktur tanah yang bergulung. Saking cantiknya, wilayah ini pun menjadi incaran banyak traveler. Seperti beberapa wisata di Kota Soe berikut ini!

1. Taman Rekreasi Bu'at

taman rekreasi buat
instagram.com/armayana93

Nggak jauh dari pusat Kota Soe, kamu bakal disuguhi pemandangan cantik di Taman Rekreasi Bu'at. Terletak di kawasan hutan lindung Bu'at, wisata Nusa Tenggara Timur yang dikelola langsung oleh Pemba Kabupaten Timor Tengah Selatan ini bisa dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Berada di sini, kamu bakal disuguhi dengan tiga jenis rumah tradisional Timor, seprti tipe perahu terbalik, tipe bulat atau bernama Ato Umeh Kebubuh, serta tipe menara. Selain sebagai rumah bagi beberapa satwa, destinasi ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti villa, permainan anak-anak, hingga kolam renang.

Saat musim kemarau, Taman Bu'at menyajikan pemandangan menakjubkan. Dimana beberapa pohon yang bakal menggugurkan daun-daunnya.

2. Desa Fatuulan

desa fatuulan
instagram.com/muriziki

Wisata di Soe ini bikin kamu serasa berada di atas awan. Pemandangan alam di sekitarnya pun sangat menawan.

Lanskap wisata di Nusa Tenggara Timur ini berupa perbukitan hijau. Kabut yang sering mengitari kawasan ini pun bikin suasananya makin dramatis.

Baca juga: Liburan Seru ala Titi Kamal dan Christian Sugiono di NTT, Tetap Romantis Meski Anak Sudah Dua!

3. Wisata Batu Marmer

wisata batu marmer
instagram.com/aptrymone

Dulu, di kawasan Soe ada bekas pertambangan marmer. Di wisata bekas tambang inilah kamu bisa berpose dengan latar hamparan batu yang dipadukan dengan pemandangan alam hijau.

Wisata Batu Marmer ini bisa kamu temukan di Fatukolo, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Lokasinya pun masih di sekitar Soe.

4. Bukit Fatukopa

fatukopa
instagram.com/dejan_nmz

Sekilas, mungkin saat melihat gunung batu di Desa Fatukopa ini kamu seperti melihat topi. Meski cuma 'secuil', tapi keindahannya mampu memikat traveler.

Di sini, kamu bisa mendirikan tenda, bersantai sambil menunggu senja, atau hanya sekadar menikmati kesejukan wilayah Soe. Seru deh!

Well, itu dia ulasan singkat tentang Kota Soe, si Freezing City dari Pulau Timor. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi di wilayah tersebut?