Menelusuri Misteri Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya di Kaltim Sekaligus Kandidat Ibu Kota Negara

09 May 2019, at 05:00
0
0
Menelusuri Misteri Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya di Kaltim Sekaligus Kandidat Ibu Kota Negara

Wacana pemindahan ibu kota negara masih jadi perbincangan hangat. Kali ini giliran Kalimantan Timur, tepatnya Bukit Soeharto yang ditinjau oleh Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi.

Selain punya infrastruktur yang mendukung pemindahan ibu kota Indonesia, kawasan Bukit Seoharto di Kecamatan Samboja ternyata punya fakta-fakta menarik. Bahkan juga tersimpan misteri yang bikin merinding.

Mau tahu fakta-fakta dari sang kandidat ibu kota Tanah Air kita? Cus, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Indahnya Wisata Alam di Mamuju, Kandidat Ibu Kota Indonesia Versi Wapres JK

1. Statusnya sebagai Taman Hutan Raya

bukit soeharto
wikipedia.org

Kawasan yang populer dengan nama Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kalimantan Timur ini luasnya 61.850 hektar. Lokasinya terletak di 2 kabupaten, yakni Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Dilansir dari Kompas, wilayah Bukit Soeharto terdiri dari kawasan hutan lindung dan safari seluas 19.865 hektar, taman wisata 4.400 hektar, hutan pendidikan 1.500 hektar, Hutan Penelitian Pusat Rehabilitasi Hutan Tropis Unmul 22.183 hektar, Wanariset Samboja 3.504 hektar, dan area perkemahan Pramuka seluas 2.700 hektar.

2. Sempat jadi Kawasan Konservasi

tahura bukit soeharto kaltim
instagram.com/sam_elpakpahan

Kandidat ibu kota Indonesia ini dulu ditetapkan menjadi wilayah konservasi. Tepatnya pada tahun 1991, saat rezim Soeharto masih berkuasa.

Lalu pada tahun 2004 terjadi pembaruan peraturan, sehingga sekarang dikenal sebagai Taman Hutan Raya atau tahura seperti yang kita kenal saat ini.

bukit batu dinding bukit soeharto
instagram.com/ardiardiyannc

Dulu Presiden ke-2 Tanah Air itu menjadikan kawasan ini sebagai contoh pengelolaan hutan di Indonesia. Bahkan pengelolaannya yang nggak main-main sempat membuat Bukit Soeharto dikagumi oleh Ratu Beatrix dari Belanda.

Ketika terjadi kebakaran hebat di tahun 80-an, berita tentang wilayah ini pun sampai tersebar ke berbagai negara di dunia.

3. Hutan yang Terbengkalai

kawasan bukit soeharto
instagram.com/yayandejavu_996

Nggak seperti dulu, Bukit Soeharto kian mengenaskan. Terlebih saat pemerintahan Soeharto telah berakhir di tahun 1998, kawasan hutan ini mulai terbengkalai.

Mirisnya lagi, beberapa bagian hutan nyaris digunakan sebagai area pertambangan batu bara oleh Pemkab Kutai Kertanegara. Beruntungnya, LSM Lingkungan Hidup Kalimantan Timur menolaknya.

Selain itu, di sekitar jalan kawasan ini juga banyak didirikan bangunan semi permanen yang melanggar peraturan Taman Hutan Raya.

Baca juga: Bukti Keindahan Taman Nasional Baluran, Cantiknya Maksimal!

4. Kental Akan Cerita Mistis

bukit soeharto kalimantan timur
instagram.com/adiejm

Konon Bukit Seoharto akan sangat mencekam menjelang senja. Menurut penduduk setempat, mereka pun memilih untuk tetap ada di dalam rumah daripada keluar karena akan berbahaya.

Katanya dulu kawasan ini digunakan sebagai tempat pembunuhan di zaman Jepang menguasai Indonesia. Diceritakan pula kalau para romusha yang dipekerjakan di area ini dibantai dan dibuang begitu saja di dalam hutan tanpa dikubur.

Bukan cuma itu. Warga sekitar juga percaya kalau Taman Hutan Raya Bukit Soeharto juga digunakan sebagai tempat pembuangan mayat dari penembakan misterius atau petrus di masa pemerintahan Soeharto.

5. Dari Pembangunan Jalan Sampai Tumbal

bukit soeharto kaltim
infeed.satu.news

Dulu saat ratusan pekerja membangun jalan lintas yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda, kawasan hutan di Indonesia ini konon sering mendatangkan kejadian sial. Katanya banyak dari mereka sakit malaria sampai terjangkit penyakit kuning. Bahkan ada pula yang meninggal akibat kecelakaan nggak wajar.

Konon juga terdengar suara aneh yang mengerikan. Bahkan beberapa orang yang keluar sore sering hilang sampai akhirnya jadi gila. Selain itu, banyak juga kecelakaan sampai korbannya hilang dan sulit ditemukan.

Baca juga: Hutan di Indonesia Ini Instagramable Abis!

tahura bukit soeharto
instagram.com/instabpn

Nah, itulah fakta terkait Bukit Soeharto yang ternyata juga menyimpan banyak misteri. Entah nantinya tempat ini resmi jadi ibu kota Indonesia atau sebaliknya, lebih baik perencanaan pembangunan dilakukan secara matang.

Kalaupun Bukit Soeharto akan jadi ibu kota negara, semoga saja kawasan hutan di Kalimantan ini kembali terjaga keasriannya ya!

0 Comment