Menelusuri Situs Warungboto, Dulu Terabaikan Kini Semakin Terkenal

16 July 2019, at 04:00
0
1
Menelusuri Situs Warungboto, Dulu Terabaikan Kini Semakin Terkenal

Berkunjung ke Jogja merupakan perjalanan yang spesial bagi sebagian besar orang. Pasalnya, kota istimewa tersebut memang selalu berhasil mencuri hati dan menyisakan kenangan manis.

Objek wisatanya yang nggak habis-habis juga membuat Jogja menjadi salah satu kota wisata yang paling digemari oleh wisatawan lokal maupun asing di Indonesia.

Salah satu objek wisata Jogja yang cukup baru dan perlu dikunjungi adalah Situs Warungboto. Mungkin belum terlalu familier bagi beberapa orang, akan tetapi tempat bersejarah ini sudah semakin terkenal lho.

Baca Juga: Menyaksikan Estetika Candi Ratu Boko, Wisata Jogja yang Punya Nilai Sejarah

1. Merupakan Situs Bersejarah

situs warungboto jogja
instagram.com/senoo_99

Menurut sejarahnya, situs Warungboto merupakan petilasan yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan diteruskan oleh pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Pengageng Keraton Yogyakarta KRT Jatiningrat mengungkapkan bahwa Situs Warungboto memiliki nama asli Pesanggrahan Rejawinangun. Bangunan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Karena dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk penghuninya, maka seperti pesanggrahan pada umumnya, Situs Warungboto dilengkapi dengan taman, segaran, kolam, dan kebun.

2. Sempat Terbengkalai

situs warungboto
instagram.com/pashatama

Sebelum dipugar dan diresmikan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya pada tanggal 23 Desember 2016, Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun hanyalah reruntuhan dan puing bangunan yang nggak terawat.

Diresmikannya Situs Warungboto menjadi pelengkap bagi wisata Cagar Budaya di Jogja yang berupa peninggalan bangunan pesanggrahan.

3. Megahnya Situs Warungboto

megahnya situs warungboto
instagram.com/stefanusgracious

Meskipun belum jadi seutuhnya, namun kini objek wisata bersejarah tersebut sudah semakin terkenal dan dipadati oleh wisatawan.

Arsitekturnya yang khas bangunan Kesultanan Yogyakarta membuat Situs Warungboto sekilas mirip dengan destinasi wisata yang sudah lama terkenal, yaitu Taman Sari.

keindahan situs warungboto
instagram.com/igworldclub_cats

Meskipun demikian, hal tersebut nggak mengurangi minat dan rasa penasaran wisatawan untuk mengunjungi dan menelusuri bangunan bersejarah tersebut.

Sebaliknya, Situs Warungboto justru menjadi alternatif bagi kamu yang sudah bosan berkali-kali mengunjungi Taman Sari.

Baca Juga: 8 Hal Menarik di Keraton Yogyakarta, Wajib Mampir Biar Nggak Nyesel

4. Cocok Jadi Tempat Prewedding

prewedding kahiyang ayu
instagram.com/ayanggkahiyang

Bangunan yang unik dan khas menjadikan Situs Warungboto sebagai salah satu tempat instagenik di Jogja. Nggak heran kalau banyak anak muda atau kaum milenial yang datang ke sana.

Megahnya bangunan Situs Warungboto membuat banyak orang juga menjadikannya sebagai tempat pembuatan foto prewedding dengan berbagai konsep.

Salah satu yang membuat situs ini semakin terkenal adalah foto prewedding putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan suaminya Bobby Nasution yang menikah pada akhir tahun 2017 lalu.

5. Cara ke Situs Warungboto

cara ke situs warungboto
instagram.com/ika_koentjoro

Lokasi Situs Warungboto sendiri ada di Jalan Veteran no. 77 Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, paling mudah adalah dari XT Square.

Dari sana, kamu bisa ke arah timur sedikit sampai ada perempatan. Lanjutkan dengan belok ke kiri (utara) sampai sekitar 500 meter. Setelah menemui pertigaan, kamu tinggal mengikuti jalan yang terdapat plakat Situs Warungboto saja.

6. Tiket Masuk Situs Warungboto

tiket masuk situs warungboto
instagram.com/windagustiin

Untuk menikmati keindahan arsitektur khas Kesultanan Yogyakarta tersebut, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Hal ini karena Situs Warungboto masih dalam proses renovasi.

Namun, kamu tetap perlu mengeluarkan uang sekatar Rp3.000,00 untuk biaya parkir sebelum masuk ke situs yang dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB ini.

Jadi gimana Sobat Qupas, sudah pernah ke Situs Warungboto belum? Lain kali, kamu bisa memasukkannya ke daftar objek wisata Jogja yang harus dikunjungi saat liburan ke Kota Gudeg tersebut.

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
16/07 - 04:16
Wihhh keren, patut dikunjungi waktu berlibur ke Jogja 😍