Menengok Eksotisme Pulau Batu Berlayar, Dijamin Nggak Bakal Nyesel

20 July 2019, at 15:00
0
0
Menengok Eksotisme Pulau Batu Berlayar, Dijamin Nggak Bakal Nyesel

Saat membicarakan keindahan alam Indonesia, tentu saja Bangka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang patut untuk dipertimbangkan.

Pasalnya, kondisi alam Bangka Belitung memang nggak perlu diragukan lagi keindahannya, seperti Pulau Batu Berlayar yang sangat cantik dan eksotis.

Banyak menarik perhatian, berikut ini beberapa hal tentang pulau kecil tersebut yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Pantai Nyanyi Tabanan, Wisata Tersembunyi di Bali yang Suguhkan Pemandangan Romantis

1. Asal Usul Nama

asal usul nama pantai batu berlayar
instagram.com/sanasiniyo

Menurut berbagai sumber, pulau kecil ini dimakanan Batu Berlayar karena adanya dua batu granit setinggi 10 meter yang berdiri vertikal ditengahnya.

Batu tersebut menyerupai layar kapal yang dipadukan dengan pulau pasir putih sebagai kapalnya. Itulah mengapa warga setempat menyebutnya sebagai Pulau Batu Berlayar.

Selain menjadi asal usul nama, batu-batu granit dengan tata letak alami yang indah tersebut jugalah yang menjadi daya tarik dari objek wisata Bangka Belitung ini.

2. Eksotisme Pulau Batu Berlayar

eksotisme pantai batu layar
instagram.com/ariemohr

Keindahan yang terbentuk secara alami tersebut seolah-olah memanggil siapapun untuk mengunjunginya. Nggak heran, banyak sekali wisatawan yang datang setiap harinya.

Pemandangan batuan granit berukuran besar yang menjulang ke atas tersebut dirasa unik dan menjadi alasan utama beberapa orang menjadikan Pulau Batu Berlayar sebagai destinasi wisata pilihannya.

Selain itu, birunya air laut yang tenang disekililing pulau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di tempat tersebut, kamu bisa merasakan ketenangan dan kedamaian.

3. Keindahan Biota Laut

biota laut
instagram.com/wander_jul

Di Pulau Batu Berlayar yang mini ini, kamu bisa menemukan berbagai biota laut cantik di dalam air yang super jernih sehingga mampu memanjakan mata.

Beberapa jenis ikan yang melaju pesat, bintang laut yang menarik, bahkan ubur-ubur transparan bisa kamu temukan di pulau ini, lho!

Baca Juga: 5 Wisata di Nusa Lembongan yang bikin Hati Adem

4. Pulau-Pulau di Sekitarnya

pulau disekitarnya
instagram.com/karhaddad

Keindahan Pulau Batu Berlayar ternyata juga didukung oleh keberadaan pulau-pulau di sekitarnya. Ialah Tanjung Kelayang yang memiliki pantai menawan dan banyak kapal pesiar dan Pulau Lengkuas yang hanya berjarak sekitar 4 km saja.

Selain itu, masih banyak lagi pulau yang keindahannya nggak kalah dari Pulau Batu Berlayar di sekitar sana. Jaraknya yang nggak jauh membuatmu harus mampir kesana!

5. Hanya Dapat Dikunjungi Saat Air Laut Surut

waktu terbaik
instagram.com/hussein_iqro

Lokasi Pulau Batu Berlayar yang nggak jauh dari beberapa objek wisata terkenal di Bangka Belitung membuatnya mudah dijangkau. Dari Pulau Pasir misalnya, hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Uniknya lagi, Pulau Batu Berlayar hanya dapat dikunjungi saat air laut sedang surut karena akan tenggelam saat pasang. Oleh sebab itu, waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah menjelang sore hari.

Meskipun hanya berupa batuan granit di atas pulau pasir putih yang sempit, nyatanya Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu yang eksotisme alaminya tak terbantahkan ya Sobat Qupas. Kapan kamu berkunjung ke objek wisata keren ini?

0 Comment