Qupas Travel

Menengok Keindahan Curug Sewu, Wisata di Kendal yang Penuh Misteri

14 March 2020, at 08:00
Menengok Keindahan Curug Sewu, Wisata di Kendal yang Penuh Misteri

Kendal bukan cuma punya Gunung Prau sebagai wisata populernya. Berada di kabupaten ini, kamu juga akan menemukan destinasi yang pesonanya nggak kalah memikat.

Curug Sewu adalah salah satunya. Berada di air terjun yang tingginya sekitar 80 meter ini, kamu akan menemukan berbagai keistimewaan. Coba deh intip ulasan Qupas berikut ini biar pengetahuanmu jadi nambah!

1. Air terjun bertingkat di Kendal

Air Terjun di Curugsewu (Foto: instagram.com/kisahkelana)
instagram.com/kisahkelana

Bisa dibilang kalau curug di Jawa Tengah ini unik dan beda dari air terjun pada umumnya, yang hanya memiliki satu aliran saja.

Sedangkan Curug Sewu justru memiliki aliran dari tiga tingkatan serta ketinggian berbeda. Yang pertama tingginya sekitar 40 meter. Sementara yang kedua dan ketiga masing-masing tingginya mencapai 20 meter dan 15 meter.

2. Melihat Curug Sewu dari ketinggian

Air Terjun Bertingkat di Kendal (Foto: instagram.com/elnatan_garage_semarang)
instagram.com/elnatan_garage_semarang

Begitu masuk ke area wisata Kendal ini, suasana asri akan kamu rasakan. Suara jatuhnya air dari ketinggian pun memanjakan pendengaranmu.

Sebelum turun ke bawah untuk lebih mendekat, coba dulu untuk mampir di gardu pandangnya. Dari sini, kamu bisa menyaksikan Curug Sewu dari kejauhan dan keindahan alam sekitarnya.

3. Mitos Curug Sewu

Curug Sewu (Foto: instagram.com/adierwnt)
instagram.com/adierwnt

Curug Sewu di Kendal juga sama dengan kebanyakan wisata di Indonesia lainnya yang masih kental akan cerita mitosnya. Salah satu kisah yang dipercaya oleh warga setempat adalah tentang Air Tuk Lanang.

Spot ini adalah Tuk mata air yang muncul di antara celah bebatuan dan dekat dari air terjun pertama. Konon, sumber ini dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Misteri tersembunyi lain dari air terjun yang terletak di Desa Curugsewu ini adalah tentang Gua Genthong, lorong bebatuan dekat Tuk Lanang. Katanya, tempat ini dulu digunakan sebagai tempat bertapa Prabu Baladewa.

Baca juga: Asyiknya Main di River Walk Boja, Wisata Kendal yang Ramah Anak

4. Wisata murah di Jawa Tengah

Curug Sewu Kendal (Foto: instagram.com/rio_widiarta)
instagram.com/rio_widiarta

Nggak perlu khawatir kantong menjerit saat liburan ke sini. Karena cukup bayar Rp5 ribu saja, kamu sudah bisa puas bermain di wisata murah Jawa Tengah ini. Tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi, lho.

Bahkan selain curug, kawasan ini juga menyediakan kolam renang dan kebun binatang mini. Cocok banget kan untuk jadi destinasi wisata keluarga?

5. Cara ke Curug Sewu

Air Terjun Curug Sewu (Foto: instagram.com/frenchfries_mr)
instagram.com/frenchfries_mr

Lokasi Curug Sewu ada di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean. Dari pusat Kabupaten Kendal jaraknya sekitar 40 kilometer.

Nggak sulit kok untuk menemukan tempat wisata satu ini. Terlebih lagi sudah ada papan petunjuk yang akan mengarahkanmu ke venue.

Gimana, tertarik liburan ke Curug Sewu? Mumpung debit airnya lagi deras-derasnya, yuk langsung berangkat ke wisata Kendal satu ini!