Menengok Keindahan Curug Sodong di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

30 November 2019, at 15:00
0
0
Menengok Keindahan Curug Sodong di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Tahu nggak sih, Sukabumi merupakan salah satu daerah di Indonesia yang punya potensi wisata alam luar biasa lho. Mulai dari yang sudah terkenal seperti Situ Gunung sampai Ciletuh Geopark.

Di kawasan Ciletuh Geopark sendiri terdapat sebuah air terjun bernama Curug Sodong yang eksotis dan penuh dengan misteri. Penasaran nggak sama objek wisata yang satu ini? Yuk simak ulasan Qupas yang satu ini.

1. Curug Sodong

curug sodong di ciletuh geopark
instagram.com/abie_bette

Masyarakat sekitar memberikan nama "Curug Sodong" karena air terjun ini memiliki cekungan yang menyerupai goa di baliknya. Dalam istilah sunda, cekungan seperti itu seringkali disebut sebagai "sodong".

Air terjun ini juga memiliki beberapa nama lain seperti Curug Kembar dan Curug Penganten. Keduanya merepresentasikan bentuk objek wisata Sukabumi tersebut yang memiliki dua aliran yang seolah sepasang.

2. Air Terjun Kembar yang Instagenik

curug sodong di sukabumi
instagram.com/ali_babah83

Curug Sodong nggak cuma menjadi air terjun kembar yang indah dipandang mata, namun juga cantik serta instagenik di jepretan lensa kamera.

Wah, cocok sekali nih buat kamu si pecinta fotografi atau yang suka eksis di media sosial. Meskipun demikian, tetap berhati-hati ya karena di musim hujan aliran airnya bisa sangat deras!

3. Nyaman dan Tentram

curug sodong
instagram.com/aqilavviv

Berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh membuat Curug Sodong memiliki kealamian dan keasrian yang cukup terjaga. Saat mengunjunginya, kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Perpaduan antara suara air terjun, pepohonan yang terhempas angin, dan lain sebagainya mampu memberikan kenyamanan serta ketenangan bagi wisatawan.

Baca Juga: Curug Cimarinjung, Wisata Sukabumi ala Jurassic Park di Kehidupan Nyata

4. Air Terjun yang Dipenuhi Cerita Mistis

mitos curug sodong
instagram.com/nugrahaindra21_

Nggak hanya menyuguhkan pemandangan cantik dan instagenik, destinasi menarik yang satu ini ternyata juga dipenuhi mitos serta cerita mistis lho. Menurut warga sekitar, Curug Sodong seringkali digunakan sebagai tempat untuk mengetes ilmu kanuragan.

Selain itu, sepasang kekasih yang datang ke objek wisata ini dilarang berenang pada kolam alami di sana. Apabila larangan tersebut dilanggar, mitosnya keduanya akan meninggal.

5. Cara ke Curug Sodong

lokasi curug sodong
instagram.com/la_violet_project

Lokasi Air Terjun Sodong secara administratif terletak di dalam kawasan Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Sebenarnya, objek wisata yang satu ini memiliki akses yang mudah. Akan tetapi, jarak tempuhnya memakan cukup banyak waktu.

Dari Kota Sukabumi saja, kamu membutuhkan waktu 3 jam perjalanan. Apabila berangkat dari Jakarta atau Bandung, kurang lebih kamu harus melakukan perjalanan selama 8 sampai 10 jam.

Wah, jadi gimana nih Sobat Qupas? Tertarik nggak untuk mengunjungi objek wisata di Sukabumi yang satu ini?

0 Comment