Menengok Manimbora, Pulau Spongebob-nya Indonesia di Kalimantan Timur yang Penuh Pesona

14 November 2019, at 15:00
0
0
Menengok Manimbora, Pulau Spongebob-nya Indonesia di Kalimantan Timur yang Penuh Pesona

Liburan ke Kalimantan Timur belum lengkap rasanya kalau nggak mampir ke Kepulauan Derawan. Destinasi wisata ini memang jadi lokasi favorit para pecinta pulau.

Padahal bukan cuma Pulau Derawan saja yang wajib jadi tempat liburanmu selama di Kaltim. Pulau Manimbora contohnya. Destinasi yang kadang dijuluki sebagai Pulau Spongebob maupun Bikini Bottom ini pun worth it buat kamu kunjungi. Ada apa saja sih di sana?

1. Pulau kecil di Kaltim yang menawan

pulau spongebob
instagram.com/azizc95

Ukurannya memang kecil. Tapi Pulau Manimbora punya pantai yang cukup luas.

Berada di pulau ini, kamu bisa berjalan santai di kawasan pesisirnya. Atau kalau bosan, kamu bisa mengitari Pulau Manimbora. Cuma butuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja kok dengan jalan kaki.

Selain jalan santai, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru di wisata dekat Derawan ini. Misalnya saja seperti berenang, main air, atau cuma foto-foto.

2. Pulau dambaan para pemuja ketenangan

manimbora beach
instagram.com/indonesiajuaratrip

Kamu termasuk pemuja ketenangan? Maka Pulau Manimbora bisa kamu masukkan ke dalam itinerary saat liburan ke Kaltim.

Ditemani deburan ombak yang tenang, kamu bisa menikmati pantai berpasir putih di sekitarnya. Kalau beruntung, kamu pun akan melihat kawanan bangau putih yang sering mampir di sekitar pulau.

Saat air laut sedang surut, kamu juga bisa melihat hamparan pasir putih memanjang ke tengah laut dengan laguna di tepinya. Nah, spot inilah yang biasanya jadi area hunting favorit para wisatawan.

3. Kenapa dijuluki Pulau Spongebob?

pulau manimbora
instagram.com/hvtrip

Pulau Manimbora juga dikenal dengan nama Pulau Spongebob atau kadang Bikini Bottom. Kira-kira kenapa dijuluki seperti itu ya?

Ternyata hal ini karena dari kejauhan,destinasi wisata di Kalimantan Timur ini bentuknya seperti pulau yang ada di bagian pembuka kartun Spongebob, Bikini Bottom.

Ditambah lagi dengan adanya sekumpulan pohon kelapa menjulang tinggi di sekitar pulau ini. Hmm, kalau menurutmu sendiri gimana,Sob?

Baca juga: Berenang Bareng Ubur-ubur di 5 Wisata Indonesia Ini, Dijamin Nggak Tersengat!

4. Sisi mistis Pulau Manimbora

manimbora island
instagram.com/hendisyahputra

Suka hal-hal mistis? Pulau Manimbora juga punya kisah misteri. Di pulau ini, ada tumpukan tulang belulang manusia entah milik siapa. Nggak jauh dari tumpukan tulang tersebut, terdapat pula papan seperti nisan yang terbuat dari kayu.

Sisi mistis Pulau Manimbora di Kalimantan Timur ini pun masih berlanjut. Tepatnya di sebelah barat, ada bangunan yang cukup menyita perhatian. Dimana tempat itu adalah sebuah pusara yang diberi kelambu kuning. Sementara di sekelilingnya diberi pagar kayu.

5. Cara ke Pulau Manimbora

pulau manimbora kalimantan timur
instagram.com/ignasiatuning

Nggak sabar merasakan sensasi liburan ke Pulau Manimbora? Jika perjalananmu dimulai dari Bandara Sultan Aji Muhammad, kamu bisa melanjutkannya ke Kabupaten Berau.

Selanjutnya kamu juga perlu menyewa speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu ke Pulau Derawan. Dari sini, kamu bisa menyewa kapal lagi agar sampai di Pulau Manimbora.

Well, itulah ulasan singkat tentang Pulau Manimbora, Bikini Bottom-nya Indonesia yang super cantik. Jangan lupa, selama ada di destinasi Kalimantan Timur tersebut, tetap jaga tata krama dan bawa sampahmu kembali ya!

0 Comment