Qupas Travel

Menerawang Tanjung Papuma Jember dari Siti Hinggil, Serasa menembus Cakrawala!

11 January 2020, at 04:00
Menerawang Tanjung Papuma Jember dari Siti Hinggil, Serasa menembus Cakrawala!

Siapa nggak kenal Tanjung Papuma? Wisata kebanggaan Jember ini bahkan sudah dikenal traveler luar daerah.

Sekarang, kamu bukan cuma bisa main pasir atau nyebur di pantai saat di Papuma. Melihat panorama dari ketinggian pun bisa dilakukan.

Tepatnya di Siti Hinggil, kamu bisa menerawang Pantai Tanjung Papuma dari atas ketinggian. Selama perjalanan menuju puncaknya, banyak 'bonus' juga yang bakal kamu dapat. Penasaran? Scroll down, ya!

1. Spot terbaik melihat Pantai Papuma dari ketinggian

siti hinggil papuma
instagram.com/dilla_abdilla

Berada di Siti Hinggil Papuma, pemandangan terbuka ke segala arah siap memanjakan matamu. Terutama panorama pantai pasir putih yang menjadi kebanggaan warga Jember ini.

Di spot ini, bakal terlihat Tanjung Papuma yang terdiri dari pantai berpasir putih. Satu menghadap ke timur, sementara yang lainnya ke arah barat.

Berada di ujung barat daya, kamu bakal melihat Pulau Nusa Barong. Pulau kosong yang merupakan salah satu pantai tersembunyi di Jember dan cagar alam tersebut bakal terlihat jelas. Padahal jaraknya sekitar 15 kilometer, lho.

2. Area instagenik di Tanjung Papuma

siti hinggil jember
instagram.com/alvinsusastra

Bukan sekadar bukit biasa. Berada di Siti Hinggil, kamu juga bakal dimanjakan dengan berbagai spot yang super instagenik.

Salah satunya adalah gardu pandang yang belakangan ini lagi hype. Selain itu, tangga warna-warni menuju ke arah puncaknya juga nggak kalah epik. Kamu bisa hunting foto sepuasnya di sini.

3. Kenapa dinamakan 'Siti Hinggil'?

siti hinggil tanjung papuma
instagram.com/dewi.sri9

Siti Hinggil dalam Bahasa Jawa memiliki arti tersendiri. Dimana 'Siti' berarti tanah, sedangkan 'Hinggil' artinya tinggi. Saat dipadukan, keduanya memiliki makna tanah tinggi.

Mendengar kata 'Siti Hinggil', mungkin kamu bakal menyangka kawasan ini bakal sama seperti di kawasan keraton Jogja. Bedanya kalau di keraton, siti hinggil memiliki makna filosofis, yaitu sebagai tempat duduk resmi sultan. Sedangkan di Jember, sepertinya lebih mengarah pada daratan yang lebih tinggi atau bukit.

Baca juga: 7 Wisata Jember Favoritnya Para Pecinta Ketinggian, Yuk Liburan!

4. Lokasi dan tiket masuk Siti Hinggil

siti hinggil pantai papuma
instagram.com/diahkarang

Lokasi Siti Hinggil berada di Kawasan Pantai Papuma, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Tepatnya di ujung semenanjung pasir berpasir putih favoritnya Jember.

Tiket masuk wisata Jember yang dikelola Perhutani dan masyarakat setempat ini cukup murah, yaitu sekitar Rp10 ribu. Tapi sebelum menuju Siti Hinggil, kamu juga perlu menyediakan budget untuk memasuki kawasan Papuma dengan tiket kurang lebih Rp7 ribu sampai Rp15 ribu.

5. Tips liburan ke Siti Hinggil Papuma

siti hinggil
instagram.com/meettika89

Menikmati keindahan pantai di selatan Jember ini dari Siti Hinggil lebih baik saat pagi maupun sore hari, karena terik matahari lebih minim. Persiapan fisik juga perlu kamu lakukan, mengingat untuk menuju puncaknya kamu perlu menaiki tangga.

Selain itu, kamu juga perlu waspada dengan angin kencang. Biasanya, selama musim hujan seperti Bulan Februari, angin dari arah barat akan lebih kencang. Mungkin kamu bisa persiapkan baju hangat biar nggak masuk angin.

Siti Hinggil Tanjung Papuma bisa dibilang masih baru. Meski begitu, wisata di Jember Selatan ini worth it buat kamu kunjungi. Tapi ingat, selama di sana, tetap jaga kebersihan dan jangan melakukan vandalisme ya!