Mengalami Sakit Berlebihan Ketika Haid? Kamu Boleh Mengajukan Cuti Haid Lho!

06 June 2018, at 07:44
1
0
Mengalami Sakit Berlebihan Ketika Haid? Kamu Boleh Mengajukan Cuti Haid Lho!

Sebagian dari kalian para wanita pasti pernah merasakan sakit saat datang bulan bukan? Hal itu sangat wajar dirasakan oleh kaum wanita. Perbedaanya adalah ada sebagian wanita yang tidak merasakan nyeri haid, namun sebagian lainnya merasakan rasa sakit yang luar biasa hingga tidak dapat beraktifitas sama sekali.

 

Seperti yang dilansir dari Tirto.id, Pemerintah Indonesia menerapkan cuti haid sejak tahun 2003. Berdasarkan pasal 81 ayat (1) Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang kenegakerjaan yang berbunyi bahwa pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid. Dan pemerintah memberikan waktu 2 hari setiap bulannya untuk cuti haid.

 

Namun, masih ada beberapa perusahaan yang belum memberitahukan kebijakan ini kepada calon pegawai perusahaannya. Bahkan ada perusahaan yang tidak memberikan cuti haid pada pegawai perempuannya. Hal inilah yang menyebabkan banyak pegawai perempuan di perusahaan tetap memaksakan masuk kantor.

 

YouGov mengadakan survei kepada 1.000 perempuan yang menunjukan bahwa 52 persen perempuan menderita dismenore, rasa sakit di perut bagian bawah akibat kontraksi rahim, saat datang bulan. Tapi tidak semua wanita berani meminta izin libur kepada atasannya, hanya sekitar 27 persen yang berani meminta izin.

 

Bagi para wanita, meminta izin libur yang disebabkan oleh haid sering dianggap sebagai hal yang memalukan. Anggapan yang muncul adalah bahwa wanita yang meminta cuti haid dianggap lemah. Pemerintah menerapkan kebijakan cuti haid ini tidak semata-mata karena memandang bahwa wanita itu lemah, melainkan bentuk pengakuan atas kebutuhan biologis pekerja perempuan.

 

Source : tirto.id

 

 

0 Comment