Mengandung Banyak Nutrisi, Apa Saja Sih Manfaat Alpukat untuk Kecantikan?

12 October 2019, at 18:00
0
0
Mengandung Banyak Nutrisi, Apa Saja Sih Manfaat Alpukat untuk Kecantikan?

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung lemak baik. Karena itu pula, buah ini banyak dijadikan pilihan para wanita yang sedang menjalankan misi diet.

Tapi selain manfaat alpukat untuk diet, ternyata nutrisi lain yang dikandungnya juga menyimpan segudang khasiat untuk kecantikan kulit hingga rambut lho.

Kamu penasaran? Untuk itu, coba intip yuk ragam manfaat alpukat untuk kecantikan berikit ini.

1. Mengatasi Kantung Mata

manfaat alpukat untuk kecantikan
cloudfront.net

Kalau diperhatikan, alpukat sering banget lho dipakai sebagai bahan meracik produk krim mata. Alasannya, buah ini mengandung hydrating fats, fatty acid, dan vitamin E yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Karena itulah kamu bisa menggunakan buah ini untuk menghilangkan kerutan yang membentuk kantung mata. Caranya, buatlah pasta dari daging buah alpukat.

Kemudian langsung aplikasikan pada area kantung mata selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi Wajah Kering dan Bersisik

manfaat alpukat untuk wajah
instagram.com/fourthraybeauty

Kandungan lemak baik, vitamin E dan minyak alami yang dimiliki alpukat mampu menjaga kelembaban kulit. Maka nggak heran kalau buah ini efektif untuk mengatasi wajah kering dan bersisik yang terlihat sangat kusam.

Sebagai perawatan wajah kering, kamu bisa membuat masker alami dari campuran alpukat dan madu. Setelah adonan menjadi pasta, langsung aplikasikan secara merata pada wajah.

Diamkan masker campuran alpukat dan madu ini selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Pengganti Makeup Remover

membersihkan wajah dengan makeup remover
instagram.com/molita_lin

Manfaat alpukat untuk kecantikan ini mungkin jarang kamu dengar. Siapa sangka, buah yang dagingnya berwarna kuning kehijauan itu bisa dipakai untuk menggantikan peran produk makeup remover.

Bahkan bila kamu amati, nggak sedikit lho produk makeup remover yang punya kandungan avocado oil. Sedangkan bila diracik sendiri di rumah, alpukat mampu membersihkan makeup mata yang waterproof seperti maskara dan eyeliner.

Baca juga: Nggak Disangka, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover

4. Memerahkan Bibir Hitam

memerahkan bibir hitam
instagram.com/mineralbotanica

Bukan cuma berguna untuk wajah, masker alpukat juga bisa mengatasi bibir hitam yang membandel. Termasuk akibat kebiasaan merokok.

Ini karena alpukat mempunyai antioksidan, vitamin, dan lebih dari 25 nutrisi yang baik untuk kulit. Cara menghilangkan bibir hitam dengan buah yang satu ini juga sangat mudah.

Tinggal haluskan dagingnya dan oleskan ke bibir selama 15 menit. Supaya lebih ampuh, kamu juga bisa menambahkan madu kalau mau.

5. Mengatasi Rambut Rusak

rambut rusak
instagram.com/luxcrime_id

Kalau rambutmu kering, kasar, bahkan rontok, coba manfaatkan alpukat yang ada di rumah untuk mengatasinya. Caranya pun mudah, haluskan dagingnya lalu campurkan dengan setengah cangkir susu dan satu sendok makan minyak almond.

Setelah itu, aplikasikan masker rambut alami ini hingga ke kulit kepala dan beri pijatan lembut. Diamkan sampai 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

6. Mengatasi Ketombe

menghilangkan ketombe
bustle.com

Ketombemu gatal dan susah hilang? Coba benahi pola makanmu. Karena salah satu penyebab ketombe yang jarang disadari adalah kurangnya lemak tak jenuh, zinc, vitamin B, protein, dan zat besi.

Kekurangan lemak tak jenuh akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan ketombe semakin parah.

Kabar baiknya, alpukat termasuk salah satu pemberi nutrisi yang bisa mengusir ketombe. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung ataupun dibuat jus.

Baca juga: Bukan Karena Malas Keramas, Ini Lho 5 Penyebab Ketombe Semakin Parah

Nah, itulah sederet manfaat alpukat untuk kecantikan wajah, bibir, hingga rambut. Hmm, semakin suka kan dengan buah ini?

0 Comment