Qupas Family

Mengapa Aroma Bayi Sangat Khas dan Bikin Orang Ketagihan? Ini Lho Penjelasannya

30 January 2020, at 10:00
Mengapa Aroma Bayi Sangat Khas dan Bikin Orang Ketagihan? Ini Lho Penjelasannya

Bagi banyak orang, bau badan terkadang dianggap mengganggu dan menyebalkan. Maka dari itu, nggak sedikit orang yang ingin menghilangkannya. Akan tetapi, nggak demikian dengan bayi.

Semua orang pasti setuju bahwa bayi memiliki aroma yang khas dan menyenangkan. Hal ini membuat banyak orang suka mencium dan betah berlama-lama ada di dekatnya.

Lantas, apa sih yang membuat aroma bayi begitu harum dan menenangkan? Seorang ahli kimia analitik dari Monell Chemical Senses Center bernama George Preti, Ph.D., menyatakan bahwa aroma tersebut berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat bayi.

Aroma Bayi (Foto: thebump.com)
thebump.com

Dilansir dari Women’s Health Magazine, George juga mengatakan bahwa bahan kimia tersebut bisa bertahan sampai 6 minggu. Aroma khas bayi akan mulai berubah saat metabolisme tubuhnya mengalami perubahan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Parfum Bayi dengan Aroma Lembut dan Tahan Lama, Ada Favorit Bunda?

Selain itu, ada juga teori yang menyatakan bahwa bau khas bayi berasal dari vernix caseosa, yaitu zat tipis berwarna keputihan yang melapisi kulit bayi saat baru lahir.

Aroma Khas Bayi (Foto: healthline.com)
healthline.com

Meskipun aroma khas tersebut akan memudar, namun keringat yang dihasilkan oleh tubuh si kecil masih nggak berbau. Hal ini terjadi karena buah hati belum mengonsumsi makanan penyebab bau badan.

Nggak hanya itu, bayi juga belum aktif bergerak di alam bebas sehingga produksi keringat dan kotoran yang menempel di tubuhnya pun nggak banyak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology mengamati reaksi orang saat mencium aroma tubuh bayi. Hasilnya, bau bayi mampu mengaktifkan bagian tertentu pada otak dan meningkatkan ikatan antara si kecil dan ibunya.

Bau Bayi (Foto: today.com)
today.com

Selain itu, aroma wangi khas bayi dapat menimbulkan perasaan menyenangkan untuk semua orang. Mencium bayi merangsang otak memproduksi hormon dopamin yang dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Kondisi tersebut juga telah dibuktikan dengan hasil pencitraan MRI orang-orang yang terlibat dalam penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skali kebagiaan di otak.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas mengapa bayi memiliki aroma yang khas dan bisa membuatmu merasa senang dan ketagihan.