Mengapa Kamu Harus Berani Mencoba Solo Traveling, Sedikitnya Sekali Seumur Hidupmu

21 July 2018, at 07:03
1
0
Mengapa Kamu Harus Berani Mencoba Solo Traveling, Sedikitnya Sekali Seumur Hidupmu

Meski banyak orang ragu dan kurang berani melakukan trip sendiri alias solo traveling, tetapi beberapa alasan berikut ini akan membuatmu berpikir kembali untuk menjadikan pengalaman baru yang nggak bisa terlupakan. Check it out!

 

unsplash.com

 

Bebas menentukan arah tujuan

 

Pergi sendirian artinya semua hal yang menyangkut perjalanan bisa kamu tentukan sendiri, baik arah maupun tujuannya. Mau ke gunung, ke pantai, menyusun itinerary dan lainnya bisa dengan bebas kamu lakukan sendiri tanpa perlu pertimbangan banyak orang.

 

Lebih mengenal diri sendiri

 

Solo traveling membuat kamu seakan-akan “dipaksa” untuk keluar dari zona nyaman dan menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama perjalanan seorang diri. Dengan itu kamu akan lebih paham karakter dan sifat asli yang ada di dalam diri serta bisa mengenal kekurangan dan kelebihan diri yang mungkin selama ini belum muncul.

 

Belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab

 

Saat melakukan trip sendirian, kamu akan menyadari bahwa nggak akan ada kesempatan untuk bermanja dan menggantungkan diri pada orang lain. Semua hal harus kamu putuskan dan lakukan sendiri, serta dituntut untuk lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri, seperti saat mengamankan barang bawaan, waspada di beberapa tempat baru, dan banyak hal lainnya.

 

Meningkatkan rasa percaya diri

 

Percaya diri adalah modal utama untuk melakukan solo traveling. Kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan orang sekitar, berani bertanya dan tidak memilih untuk diam saja saat menemui kesulitan selama perjalanan. Dengan solo traveling kamu akan lebih percaya diri untuk melakukan hal-hal baru yang mungkin belum kamu temui sebelumnya.

 

Lebih pintar membaca situasi

 

Solo traveller bisa menjadi lebih pintar dalam membaca situasi saat bertemu dengan orang baru atau berada di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Perjalanan ini akan membuatmu lebih peka dan tahu apa yang harus dilakukan saat melihat kondisi tertentu di sekelilingmu.

 

Melatih diri untuk berhemat

 

Pergi seorang diri bukan berarti bebas untuk berfoya-foya dan menghabiskan uang selama perjalanan, tetapi kamu dituntut untuk lebih bisa mengatur keuangan terutama saat berada di tempat yang jauh sehingga tidak akan kehabisan uang sewaktu-waktu dibutuhkan.

 

Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan kok, antara melakukan solo traveling dengan bepergian beramai-ramai dengan kelompok. Tetapi yang jelas jika kamu ingin punya pengalaman yang lebih menantang, cobalah untuk melakukannya sedikitnya sekali seumur hidup. Dijamin, seru!

0 Comment